20 Universitas Terbaik di Dunia

by Shara Nurrahmi
0 comment 99 views
Universitas Terbaik di Dunia

Universitas terbaik di dunia terdiri dari beragam universitas dari banyak negara dan benua, mulai Asia hingga Amerika dan Eropa.Suatu universitas  disebut terbaik karena mempunyai tata kelola dan kualitas yang unggul. Setiap orang berhak merasakan pendidikan tinggi dari universitas terbaik di dunia tanpa memandang ras, suku, warna kulit dan agama. Semua sama rata dalam hal pendidikan. Lalu apa saja 20 universitas terbaik di dunia? Berikut daftarnya.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Nama universitas yang satu ini mungkin tidak sepopuler Oxford atau Standford. Namun universitas ini selalu berada di urutan pertama dalam peringkat universitas terbaik di dunia selama beberapa tahun. Kampus MIT berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. MIT ini termasuk kampus riset swasta dan universitas yang mempunyai 5 sekolah dari satu kolase. Cakupannya sebanyak 32 departemen khusus pada sains dan penelitian teknologi.

Kampus ini merupakan kampus bergengsi yang tergabung dalam Asosiasi Universitas Amerika sejak tahun 1934. MIT mempunyai peran sebagai universitas riset yang kabarnya tingkat aktivitas penelitian di kampus ini menjadi yang tertinggi dunia. Kualitas yang unggul dari kampus ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang direkrut oleh pemerintah federal. Pihak pemerintah yang rajin merekrut mahasiswa MIT antara lain NASA, Departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia, Departemen Pertahanan, Departemen Energi dan National Science Fundation.

Standford University

Stanford University merupakan universitas terbaik di dunia yang terletak sekitar 60 km di bagian tenggara San Fransisco di California, Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1855. Berada para urutan kedua, kampus ini adalah universitas riset terbaik di dunia. Hal ini membuat kampus ini unggul dalam pencapaian akademik yang luar biasa.

Stanford University memiliki banyak program yang terdiri dari sekolah teknik, kedokteran, pendidikan, hukum, ilmu bumi, bisnis, sains hingga humaniora. Universitas besar ini juga mempunyai rumah sakit pendidikan. Kualitas pendidikan dan penelitian dari kampus ini diakui seluruh negara sehingga menjadi salah satu kampus impian semua mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

Harvard University Universitas Terbaik di Dunia dan Amerika

Berdasarkan sejarahnya, Harvard University adalah universitas tertua di Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun 1636. Reputasi akademik kampus ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena dunia sudah mengetahui bagaimana kualitas pendidikan kampus ini. Bahkan kampus ini menjadi salah satu anggota Ivy League sehingga tak heran jika Harvard termasuk dalam universitas terbaik di dunia.

Harvard menjadi kampus bergengsi dengan luas wilayah kampus sekitar 2.000 hektar. Kampus ini mempunyai banyak fakultas seperti Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Publich Health hingga Kennedy School of Government.

University of Oxford Universitas Terbaik di Dunia yang Tertua

University of Oxford merupakan universitas terbaik di dunia yang terletak di kota Oxford, Inggris yang berdiri sejak akhir abad ke-11 sekitar tahun 1096. Itu berarti Oxford adalah universitas tertua yang berasal dari dunia barat. Sejarah ini sangat terkenal sehingga membuat banyak orang kagum pada desain bangunannya.

Baca :   Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Australia

Oxford termasuk salah satu universitas yang memiliki pengaruh besar pada dunia. Kampus ini mempunyai beragam institusi yang juga termasuk 38 kolese konstituen dari berbagai departemen akademik. Beberapa jurusan yang ada di kampus ini diantaranya arsitektur, bangunan dan perencanaan, bisnis dan manajemen, hukum, humaniora, ilmu komputer dan sebagainya.

California Institute of Technology (Caltech) Universitas Terbaik di Dunia Bidang Teknologi

Universitas yang terkenal dengan sebutan Caltech ini merupakan universitas terbaik di dunia yang terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Kampus ini berdiri sejak tahun 1891 dan sangat terkenal akan perkembangan risetnya. Aktivitas riset teknologi dalam kampus ini tergolong tinggi sehingga dunia menaruh perhatian besar pada universitas ini.

Kampus ini mempunyai pusat penelitian dan pengembangan yang diberi nama Jet Propulsion Laboratory (JPL). Pusat penelitian ini sangat terkenal bekerjasama dengan NASA. Hal ini membuktikan bahwa Caltech mempunyai penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik yang luar biasa.

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang terletak di negara Swiss. Universitas ini berdiri sejak tahun 1855 dengan misi mencetak insinyur dan ilmuwan. Selain itu, ETH Zurich juga berkomitmen untuk menjadi pusat keunggulan nasional dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebenarnya ETH Zurich adalah universitas gabungan antara dua lembaga pendidikan tinggi yang berada di Zurich dan Laussane. Gabungan ini menghasilkan kombinasi yang luar biasa dalam fokus khususnya pada bidang sains, teknologi, teknik dan matematika. Alumni kampus ini terkenal banyak mendapat penghargaan, salah satunya adalah Albert Einstein.

University of Cambridge

Universitas terkenal sebagai universitas terbaik di dunia yang paling elit di Inggris selain Oxford. Bahkan kampus ini juga dikenal memiliki sejarah kompetisi dengan Oxford. Berdiri sejak tahun 1209, kampus ini terletak di Cambridge, Inggris.

Persyaratan masuk ke kampus ini terkenal paling ketat di negara Inggris. Kampus ini menjadi anggota jaringan besar universitas yang berorientasi pada riset yang disebut dengan Russel Group. Selain itu, Cambridge juga menjadi anggota dari Grup Coimbra dan Liga Universitas Riset Eriopa. Alumni kampus ini begitu populer di dunia seperti Charles Darwin dan Stephen Hawking.

UCL – University College London

University College London atau lebih dikenal dengan nama UCL merupakan universitas  terbaik di dunia yang berdiri sejak tahun 1826. UCL menjadi kampus riset publik yang terletak di jantung kota London, Inggris. Kampus ini menjadi kampus bergengsi yang dikelilingi oleh perpustakaan, badan profesional Eropa dan museum.

Reputasi UCL tidak pernah diragukan oleh dunia. Kualitas pendidikan di seluruh spektrum akademiknya termasuk dalam golongan kelas tinggi. Banyak alumni dari kampus ini yang memiliki peran penting di dunia, seperti Mahatma Gandhi dan Alexander Graham Bell.

Imperial College London

Imperial College of Science, Technology and Medicine (Imperial College) merupakan universitas terbaik di dunia yang termasuk dalam jajaran universitas riset publik bergengsi di London, Inggris. Berdiri sejak tahun 1907, kampus ini berfokus pada bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis. Jenis pembelajarannya pun sangat kompleks dan sesuai kebutuhan setiap bidang studi.

Kampus ini menjadi pusat utama penelitian biomedis dengan melakukan penelitian mengenai kesehatan biologis yang terus dikembangkan hingga kini. Imperial College juga termasuk dalam anggota pendiri Francis Crick Institute dan Imperial College Healthcare. Ini berarti kualitas dari kampus ini patut dibanggakan oleh dunia.

Baca :   Silabus Bahasa Inggris SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Untuk Kelas 7,8,9

University of Chicago

University of Chicago merupakan universitas swasta yang terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Berdiri sejak tahun 1980, universitas ini didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller. Kampus ini selalu menempati peringkat atas dalam daftar universitas terbaik di dunia.

Universitas Chicago menjadi sebuah kampus swasta yang berfokus pada penelitian coeducational. Kualitas kampus ini tidak diragukan lagi dalam mencetak lulusan yang luar biasa. Alumni kampus ini termasuk 13 miliarder dan 51 ilmuwan Rhodes yang sangat terkenal.

University of California, Berkeley, United States

University of California, Berkeley terkenal dengan sebutan Cal, UC Berkeley, atau Berkeley. Salah satu universitas terbaik di dunia ini berdiri sejak tahun 1868 yang terletak di timur Teluk San Fransisco. Kualitas Berkeley sudah diakui oleh seluruh negara, bahkan kampus ini menjadi pemimpin universitas riset. Tak heran bila kampus ini juga disebut sebagai alah satu kampus elit di dunia.

Kampus Berkeley mempunyai luas wilayah hingga 2.703 hektar. Menjadi salah satu kampus bergengsi di dunia, Berkeley telah mencetak prestasi akademik yang luar biasa. Alumni dari kampus ini pun mempunyai andil besar dalam masyarakat. Sebut saja Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs yang juga merupakan alumni dari Berkeley yang terkenal.

National University of Singapore (NUS) Universitas Terbaik di Dunia dan ASEAN

National University of Singapore atau NUS merupakan universitas terbaik di dunia yang berasal dari Asia Tenggara. Letaknya yang dekat dari Indonesia membuat kampus ini banyak diincar oleh para pelajar dari Indonesia. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1905 dan terus berkembang hingga saat ini.

NUS menjadi kampus tertua dan paling bergengsi di Asia Tenggara yang mempunyai luas wilayah hingga 1,5 km². Kampus ini menjadi universitas terbesar di yang memiliki jurusan kedokteran pertama di Singapura. Kualitas kampus ini dalam mencetak lulusan dengan prestasi yang luar biasa.

Universitas Teknologi Nanyang, Singapura

Universitas Teknologi Nanyang terletak di Jurong, bagian barat daya Singapura yang termasuk dalam salah satu universitas terbaik di dunia yang berasal dari Singapura selain NUS. Universitas seluas 2 km² ini mempunyai letak strategis karena berada hanya sekitar 25 km dari pusat kota. Kampus ini mengembangkan teknologi dengan sangat baik.

Fasilitas modern untuk pengajaran dan riset dari kampus ini sangat menarik perhatian dunia. Sebut saja jaringan internet tanpa kabel yang mampu menyalurkan data 54 Mbps membuat peralatan gerak di kampus ini sangat lancar digunakan. Kampus ini menjadi incaran warga Asia yang ingin mempelajari teknologi terbaru lebih mendalam.

Princeton University, United States

Princeton University menjadi salah satu universitas terbaik di dunia yang terletak di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1746 sehingga menjadi salah satu kampus tertua di Amerika Serikat. Ada banyak program studi yang ada di kampus ini seperti arsitektur, teknik, urusan internasional dan publik dan masih banyak lagi.

Universitas ini mempunyai kualitas yang tidak diragukan dalam pendidikannya. Riset teknologi selalu dilakukan di kampus ini. Pada awalnya, kampus ini diberi nama College of New Jersey dan diganti menjadi Princeton University pada tahun 1896. Kampus ini mempunyai kualitas terbaik dan tergabung Ivy League.

Cornell University, United States

Cornell University menjadi salah satu universitas terbaik di dunia yang unggul dengan risetnya. Didirikan pada tahun 1865, kampus ini terletak di New York City dan di Education City, Doha, Qatar. Kampus ini menjadi anggota Ivy League yang paling muda dengan visinya membuka pintu pendidikan bagi siapa saja tanpa memandang agama dan bangsanya.

Baca :   Inflasi: Pengertian, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi

Ada banyak program yang ditawarkan oleh kampus ini. Tujuh fakultas sarjana dan enam fakultas pascasarjana yang meliputi ilmu pertanian, ilmu hayati, arsitektur, seni dan ilmu pengetahuan, teknik atau teknologi ekologi manusia, administrasi perhotelan, serta sekolah industri dan hubungan pekerja. Kampus ini sudah terbukti mempunyai kualitas yang terbaik dalam pengajarannya.

Yale University, United States

Yale University adalah universitas yang terletak di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat. Kampus ini didirikan sejak tahun 1701 sehingga menjadi salah satu universitas tertua di Amerika Serikat. Reputasi kampus ini diakui oleh dunia, bahkan menerima penghargaan nobel dari Presiden Amerika Serikat.

Prestasi akademik kampus tidak diragukan dan mendapat pengakuan yang luar biasa. Alumni dari universitas ini banyak yang berhasil mengembangkan apa yang dipelajarinya selama di kampus. Pengembangan teknologi kampus menjadi sesuatu yang luar biasa.

Columbia University, United States

Columbia University menjadi salah satu universitas yang berdiri sejak tahun 1754 dan terletak di New York City, Amerika Serikat. Hal ini membuat kampus ini menjadi salah satu kampus yang tertua di Amerika. Pada awalnya kampus ini dikenal dengan nama King’s College.

Menjadi salah satu anggota Ivy League, kampus ini termasuk dalam kampus paling bergengsi di dunia. Prestasi kampus ini terlihat dalam kemampuannya di bidang ilmiah, humanitas, hukum, pendidikan, bisnis, kedokteran hingga teknik sipil. Kampus ini layak disebut sebagai universitas terbaik karena prestasinya.

Tsinghua University, China, Beijing Universitas Terbaik di Dunia dan Asia

Tsinghua University menjadi salah satu universitas terbaik di dunia yang berasal dari Asia. Kampus ini terletak di Beijing, Tiongkok yang berdiri sejak tahun 1911. Kampus ini menjadi salah satu dari sembilan anggota dalam Liga C9 universitas yang terkenal. Kampus ini berkomitmen dengan motonya Disiplin Diri dan Komitmen Sosial.

Kampus ini mendedikasikan dirinya untuk kesuksesan akademik, kesejahteraan masyarakat Tiongkok dan pembangunan global. Universitas Tsinghua selalu mengembangkan risetnya demi mencapai pengetahuan yang diinginkan. Sehingga tidak heran jika kampus ini menjadi kampus terbaik yang diakui dunia.

Universitas Edinburgh, Universitas Terbaik di Dunia dan Eropa

Universitas Edinburgh merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Universitas ini berdiri pada tahun 1583 dengan jumlah pendaftar hingga puluhan ribu tiap tahunnya. Kampus ini menjadi kampus yang sangat populer di Inggris dengan seleksi yang sangat ketat.

Kampus ini mempunyai kualitas terbaik yang diakui dunia. Bahkan kampus ini disebut-sebut menjadi kampus paling prestisius di dunia. Universitas Edinburgh mempunyai peran yang sangat penting untuk Edinburgh. Kampus ini berhasil menjadi salah satu pusat intelektual selama Abad Pencerahan. Hal ini membuatnya sebagai Athena di utara. Universitas ini terkenal sebagai kampus yang mengedepankan prestasi akademiknya.

University of Pennsylvania, United States

University of Pennsylvania terletak di Philadelpia, Pennsylvania, Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun tahun 1740. Termasuk dalam kampus tertua, University of Pennsylvania menjadi salah satu anggota Ivy League. Kampus ini mempunyai banyak prestasi dalam berbagai bidang yang diakui oleh dunia internasional.

Universitas ini mempunyai banyak departemen seperti sekolah kedokteran, keperawatan, bisnis, hukum, desain, ilmu sosial hingga humaniora. Kampus ini sangat aktif dalam kegiatan pengembangan riset dan penelitian. Riset kampus ini terbagi ke dalam beberapa bidang seperti penelitian komputer elektronik, vaksin hepatitis B, rubella, terapi kognitif dan masih banyak lagi.

Selain daftar tersebut, masih ada banyak universitas terbaik di dunia yang kualitasnya juga diakui oleh dunia internasional. Semua daftar universitas tersebut menjadi kampus terbaik diantara yang terbaik dari seluruh universitas yang ada di dunia.

You may also like

Leave a Comment