Penilaian / Aplikasi Raport K13 SMP Revisi 2018 Tahun Ajaran 2020

by Shara Nurrahmi
6 comments 279 views
Aplikasi raport K13 SMP

Aplikasi raport K13 SMP hadir untuk memudahkan para pendidik menyelesaikan pengisian hasil belajar siswa dalam bentuk digital. Tujuannya adalah agar perekamannya mudah. Di dalam kurikulum 2013 revisi 2018 yang saat ini diterapkan, terdapat empat kompetensi inti yang harus dikuasai oleh setiap siswa terdidik di semua jenjang sekolah. Berikut uraian lengkapnya:

Kompetensi Inti Aspek Uraian
KI-1 Spiritual Siswa dituntun untuk taqwa pada ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Sosial Siswa diajarkan agar bisa mengamalkan berbagai perilaku yang baik di lingkungan sosial.
KI-3 Pengetahuan Siswa diberikan pemahaman mengenai pengetahuan tentang IPTEK dan seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Keterampilan Siswa dibimbing untuk mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari.

Melalui kegiatan belajar mengajar dalam satu semester, siswa diharapkan mampu menguasai seluruh kompetensi inti tersebut dengan baik.

Nilai yang Digunakan

Dalam kurikulum terbaru, capaian hasil belajar siswa tidak hanya berupa satu nilai angka bertitel pengetahuan dalam data excel, tetapi ada tiga nilai yang harus dipenuhi. Nilai tersebut terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Jadi, setiap mata pelajaran yang telah diselesaikan oleh siswa dalam satu semester, hasilnya berupa ketiga nilai tersebut.

Baca :   Pengertian Kinerja Guru & Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pendidikan

Dalam aplikasi raport K13 SMP, nilai pengetahuan merupakan ukuran tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh gurunya. Bobotnya dipengaruhi oleh hasil dari tugas, nilai yang didapatkan ketika ulangan, nilai ujian tengah semester, dan hasil ujian akhir yang diperoleh. Semua komponen tersebut diakumulasikan dengan proporsi tertentu yang akhirnya muncul sebagai nilai raport. Nilai yang ada di raport berupa angka, huruf, dan deskripsi.

Selanjutnya, untuk nilai keterampilan memiliki konsep yang sama dengan nilai pengetahuan. Hasil akhirnya pun disajikan ke dalam bentuk angka, huruf, dan deskripsi. Yang menjadi pembeda disini adalah cara memperoleh nilainya. Nilai keterampilan didapat dari kegiatan praktek dari materi pelajaran. Misal, pelajaran IPA bab getaran dan gelombang. Nilai pengetahuan diambil dari hasil ulangan, sedangkan nilai keterampilan dari praktek, proyek, atau portofolio yang terdapat pada bab tersebut.

Interval, predikat, dan keterangan dari nilai pengetahuan dan keterampilan dalam aplikasi raport K13 SMP disesuaikan dengan KKM sekolah. Berikut akan ditampilkan dalam bentuk tabel:

KKM = 75 Aplikasi Raport K13 SMP

Interval Predikat Keterangan
93-100 A Sangat Baik
84-92 B Baik
75-83 C Cukup
<75 D Kurang

KKM = 64 Aplikasi Raport K13 SMP

Interval Predikat Keterangan
89-100 A Sangat Baik
77-88 B Baik
64-76 C Cukup
<64 D Kurang

Yang terakhir, nilai sikap. Nilai ini berupa deskripsi sikap (baik/kurang) serta deskripsi motivasi singkat berdasarkan apa yang telah dicapai siswa. Uraiannya berisi dengan indikator materi yang ada pada masing-masing mata pelajaran, sesuai dengan pedoman yang telah dirilis oleh Kemendikbud.

Baca :   Gaya Belajar Siswa / Anak (Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi)

Aplikasi Raport K13 SMP

Dewasa ini, pemerintah meluncurkan program aplikasi e-raport yang diterapkan secara bertahap. Melalui aplikasi tersebut, hasil belajar peserta didik dapat dicetak dalam jaringan (online), sehingga tidak memerlukan buku raport secara fisik.

Bagi daerah yang telah berkembang pesat, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, dan Bekasi mungkin bisa menerapkan program e-raport dengan baik. Akan tetapi, pada wilayah-wilayah desa tertentu, terkadang masih ada kendala untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kendala yang muncul, di antaranya sulitnya akses internet, terbatasnya media elektronik, kurangnya pemahaman terhadap penggunaan teknologi, dan kurangnya sosialisasi.

Pada hakikatnya, e-raport bisa berjalan efektif apabila guru dan siswa telah mengerti cara penggunaanya. Apabila ada satu pihak yang belum mampu mengakses raport elektronik ini, maka sulit untuk digunakan. Maka dari itu, diperlukan sosialisasi intensif agar semua pihak mengerti bagaimana tahapan pemakaiannya.

Oleh karena itu, format aplikasi raport K13 SMP berbentuk excel hadir untuk memudahkan sekolah yang belum bisa menerapkan raport berbasis online. File tersebut dapat digunakan sebagai template pengisian nilai raport SMP kurikulum 2013 revisi 2018.

Di dalamnya, berisi sampul, biodata siswa terdidik, nilai mata pelajaran, nilai ekstrakurikuler, data ketidakhadiran, rekap semua kompetensi inti (KI-1, KI-2, KI-3, KI-4).

Download Aplikasi Raport K13 SMP Revisi 2018 Tahun Ajaran 2020

SourceNama FileFormat
DownloadAPLIKASI_PENILAIAN_RAPOR_K13_VERSI_2018_2019-20200826T025506Z-001.zip.xlsx
Baca :   Silabus Matematika Kurikulum 2013 Untuk SMP Kelas 7,8,9

You may also like

6 comments

Andik Luk M December 10, 2020 - 1:16 pm

Assalamualaikum Wr Wb. Yang terhormat ibu Shara Nurrahmi terkait dengan kebutuhan Raport K-13 SMP revisi 2018 bolehkan kami dikasih akses untuk download aplikasi tersebut. Atas perhatian dan kerjasama
nya di ucapkan terimakasih.

Reply
Juliana Lestari December 18, 2020 - 11:09 am

Walaikum salam Wr Wb.
Silahkan pak 😀

Reply
Yohanes Nono Kurniatno March 22, 2021 - 9:41 am

mohon akses bu ke [email protected]
terimakasih atas kebaikannya..

Reply
Juliana Lestari March 22, 2021 - 11:14 am

Mohon maaf sebelumnya file terhapus. File downloadnya sudah saya diperbarui pak. Silahkan bapak coba download ulang.

Reply
wahyu edy cahyono April 18, 2021 - 2:59 pm

ADA PASWORDNYA KAH BU ? KALAU ADA MINTA PASWORDNYA BU

Reply
Juliana Lestari April 19, 2021 - 9:34 am

Gak ada password pak. silahkan di download.

Reply

Leave a Comment