Cara Cek Data Dapodik Kemendikbud 2020

by Shara Nurrahmi
0 comment 35 views
Membuka Website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

Kini, data dalam Dapodik dapat Anda cek melalui situs resmi dapo.dikdas.kemdikbud.go.id mulai dari profil sekolah hingga semua info lain. Ya, keberadaan Dapodik atau Data Pokok Pendidikan berperan sebagai pusat data di bidang pendidikan. Maka dari itu, sebagai elemen dalam pendidikan, pengecekan untuk memastikan kebenaran data merupakan hal yang wajib untuk Anda lakukan.

Apa Itu dapo.dikdas.kemdikbud.go.id?

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, dapo.dikdas.kemdikbud.go.id merupakan laman web resmi Data Pokok Pendidikan sebagai aplikasi online yang bermanfaat dalam pengolahan data sekaligus entri data untuk pendidik, peserta didik, sampai pada profil sekolah yang bisa diakses melalui website resmi tersebut.

Eksistensi dari dapo.dikdas.kemdikbud.go.id sangat krusial khususnya dalam membantu admin sekolah untuk melakukan perekaman data, sekaligus penyatuan seluruh data terkait instansi sekolah yang bersangkutan. Selain itu, juga berfungsi sebagai wadah dalam verifikasi data guru, yang penting sekali terkait tunjangan serta program beasiswa. Seperti judul dalam artikel, pada bagian selanjutnya akan diulas mengenai cara cek data Dapodik Kemendikbud melalui dapo.dikdas.kemdikbud.go.id secara lengkap.

Cara Cek Data Dapodik Kemendikbud Melalui dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan guna melaksanakan pengecekan data terhadap data yang telah diinput atau dimasukkan oleh pihak admin sekolah. Yang mana pengecekan ini bertujuan untuk melakukan validasi apakah data yang telah terdapat dalam Dapodik sudah sesuai dengan kondisi Anda sebetulnya. Sekaligus juga supaya Anda bisa memastikan bahwa data yang telah dikirim tersebut sukses diterima oleh server pusat dari Dapodik.

Baca :   20 Universitas Terbaik di Indonesia

Menggunakan aplikasi yang telah dirilis oleh Pendataan Dikdas Kemendikbud, data pendidikan bisa diinput serta kemudian dicek kebenarannya. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis dengan berbasis online. Maka dari itu, proses entri data juga dilakukan secara online melalui aplikasi tersebut.

Di bawah ini akan diuraikan mengenai cara cek data Dapodik Kemendikbud melalui Info Pendataan Dikdas. Yuk, simak selengkapnya untuk memperoleh penjelasannya secara lengkap.

Menggunakan Info Pendataan Dikdas

Langkah-langkah untuk melakukan pengecekan Dapodik melalui Pendataan Dikdas, sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi Dapodik Kemendikbus melalui http://dikdas.kemdikbud.go.id/. Berikutnya, pilih “Data Pokok”, kemudian klik kolom “Pencarian”.
Membuka Website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

Membuka Website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

  • Setelah itu, isikan NPSN sekolah. Kemudian, klik “Tampilkan”.
Memasukkan NPSN Sekolah

Memasukkan NPSN Sekolah

  • Kemudian, akan muncul tabel informasi hasil pencarian berdasarkan NPSN yang telah Anda input.
Informasi Sekolah Sesuai NPSN

Informasi Sekolah Sesuai NPSN

  • Anda tinggal mengeklik nama sekolah yang muncul, yakni:
Mengklik Nama Sekolah yang Muncul

Mengklik Nama Sekolah yang Muncul

  • Lalu, akan muncul mengenai data lengkap dari instansi sekolah yang ingin Anda cari. Contohnya sebagai berikut:
data lengkap dari instansi sekolah

Data Lengkap dari Instansi Sekolah

  • Anda pun dapat mengunduh profil sekolah yang bersangkutan melalui ikon yang terletak di bagian sebelah kiri. Adapun contoh gambarnya, sebagai berikut:
Mengunduh Profil Sekolah di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

Mengunduh Profil Sekolah

  • Selain mengunduh profil sekolah, Anda pun bisa melihat data lain terkait instansi yang bersangkutan dengan mengeklik kolom “Data Sekolah Kita”. Sebagai contoh:
Data Sekolah Kita di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

Data Sekolah Kita

Manfaat Dapodik untuk Peserta Didik

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan mengenai cara mengecek data Dapodik melalui dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Yang mana keberadaan Dapodik ini sangat bermanfaat bagi peserta didik. Manfaat seperti apa yang dimaksud?

Baca :   Mengenal Macam-Macam Majas, Pengertian, & Contoh

Melalui keseluruhan data peserta didik yang telah masuk dalam server pusat Dapodik, maka bisa menjadi rujukan dalam berbagai hal krusial, yang berkaitan dengan keberlangsungan studi peserta didik yang bersangkutan. Data tersebut pun nantinya akan berperan penting dalam proses persiapan mengikuti Ujian Nasional.

Dari data-data siswa dalam Dapodik, pemerintah bisa mendapatkan gambaran mengenai profil masing-masing siswa, sehingga bisa digunakan sebagai sumber referensi untuk meluncurkan kebijakan yang sesuai. Program yang dirilis menjadi bisa disesuaikan seperti kebutuhan peserta didik. Selain itu, nantinya para siswa pun berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kurang mampu melalui data dalam Dapodik. Sebagai instrumen yang penting sedemikian rupa, Dapodik menjadi dasar dalam berbagai aspek, khususnya pada pendidikan nasional.

Kemudian, keberadaan Dapodik juga berkaitan dengan tunjangan profesi guru, pemberian bantuan sekolah, program beasiswa, dan penetapan kurikulum baru. Program-program strategis tersebut menjadi bisa selaras seperti keadaan pendidikan di Indonesia melalui data yang valid dalam Dapodik. Sebab, dalam Dapodik, terdapat keseluruhan data sekolah. Antara lain, data terkait sarana prasarana, data peserta didik, sekaligus juga data dari pendidik untuk setiap instansi.

Sistem Pengelolaan Dalam Dapodik

Dapodik diluncurkan oleh Kemendikbud sebagai pusat data terkait bidang pendidikan nasional. Maka dari itu, keseluruhan pengelolaannya menjadi tanggung jawab dari pemerintah. Dalam implementasinya, Kemendikbud bekerja sama dengan Direktorat Jenderal guna melakukan pengelolaan terhadap Dapodik secara khusus, serta menjalankan fungsi Mendikbud pada umumnya.

Direktorat Jenderal yang dimaksud, seperti Ditjen PAUDNI, Ditjen GTK, serta Ditjen Guru dan Tenaga Pendidik. Pada ranah instansi sekolah, pengelolaan Dapodik diserahkan kepada operator atau admin sekolah yang menaungi bidang IT. Sebab, tugas para admin sekolah umumnya berkaitan dengan perkembangan sekaligus juga kemajuan dalam teknologi informasi. Tidak terkecuali dalam pengembangan Dapodik.

Baca :   Gaya Belajar Siswa / Anak (Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi)

Karena itu, penginputan data sekolah secara komprehensif dalam Dapodik pun dilakukan oleh admin sekolah yang bersangkutan. Untuk mengecek dan memastikan kebenaran data, bisa melalui dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, dengan tutorial sebagaimana yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Kewajiban Guru Terhadap Dapodik

Pada dasarnya, kewajiban entri data dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) tidak bersifat absolut hanya menjadi tanggung jawab operator sekolah. Melainkan, guru juga sebaiknya berperan aktif dalam hal melaksanakan proses verifikasi terkait data-data yang telah terinput dalam server Dapodik.

Setiap guru memiliki peran penting mengenai penyampaian data secara lengkap sekaligus mendetail kepada operator sekolah guna mendukung kelancaran proses pengisian data dalam Dapodik. Setelah itu, guru harus melakukan pengecekan guna memastikan apabila data yang telah terentri tersebut valid. Manakala dijumpai data yang mungkin belum valid, menjadi bisa diubah menjadi benar melalui pengecekan ini.

Itulah penjelasan mengenai cara cek data Dapodik Kemendikbud, lengkap dengan tutorial cara mengeceknya. Jadi, dapat disimpulkan jika pengisian data sekolah secara lengkap bukan merupakan tanggung jawab mutlak dari pihak admin sekolah. Melainkan, guru pun harus berkontribusi untuk mendukung lancarnya pengisian data.

Yang mana eksistensi dari Dapodik ini akan memberikan manfaat untuk banyak pihak. Sebab, melalui data yang valid dan terbukti kebenarannya, dapat diambil kebijakan yang tepat sasaran oleh pemerintah sebagai pihak yang berwenang. Nantinya, kebijakan yang tepat juga akan berimplikasi pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

You may also like

Leave a Comment