Cara Cek Data Guru Atau SKTP Di Laman Info GTK Kemendikbud

by Shara Nurrahmi
0 comment 97 views

Bagaimana cara cek info SKTP sendiri? Seperti yang diketahui para guru, Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi atau disingkat SKTP adalah suatu hal yang dinanti-nantikan bagi tenaga didik berprofesi. Karena pentingnya hal tersebut maka sangat penting bagi Anda yang merupakan tenaga pendidik harus rajin melakukan cek info SKTP berkala. Hal tersebut guna untuk melihat apakah SKTP sudah diterbitkan atau belum oleh Dirjen GTK.

Tunjangan Profesi ini disalurkan kepada Guru dengan tujuan untuk meningkatkan profesi, memberikan penghargaan, meningkatkan mutu pembelajaran, dan memajukan profesi khususnya guru, yang memiliki banyak SOP seperti menyusun RKS, RPP, silabus dan sebagainya.

Selain itu tunjangan ini diberikan juga untuk membiayai pelaksanaan kegiatan guna pengembangan profesi yang berkelanjutan. Nantinya diharapkan akan terbentuk suatu wadah yang melaksanakan tugas sebagai Guru Profesional. Pada artikel ini akan memberikan cara mengecek SKTP melalui laman info GTK Kemendikbud.

Cara Cek Info SKTP Di Laman Info GTK Kemendikbud

Laman pengecekan SKTP di GTK Kemendikbud saat ini tentu telah diketahui oleh para tenaga pendidik di Indonesia. Pemerintah telah melakukan sosialisasi baik secara online maupun workshop mengenai cara pengecekan SKTP tersebut. Bagi yang sudah berpengalaman tentu tidak asing lagi dengan alamat web http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ untuk melakukan pengecekan SKTP. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan tersebut.

  1. Siapkan akun PTK yang terdata di aplikasi dapodik Anda berupa user id berupa email PTK dan password. Jika belum mengerti langkah mendapatkan user id dan password sebaiknya berkoordinasi dengan operator sekolah. Nantinya operator sekolah yang akan membantu mendapatkan user id dan password sebagai kunci untuk login di laman info GTK Kemendikbud.
  2. Kemudian kunjungi laman info http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ yang berisi informasi akses masuk untuk mengecek SKTP. Anda juga dapat menggunakan laman info alternatif http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2020_s1/ apabila mengalami masalah.Cara Cek Info SKTP Di Laman Info GTK Kemendikbud
  3. Langkah ketiga adalah masuk ke halaman pengecekan dengan cara memasukan akun PTK dan password serta menulis captcha yang tertera di halaman tersebut. Selanjutnya Anda bisa login dengan akun tersebut.
  4. Kemudian Anda dapat mengisi identitas Anda pada kolom Provinsi, Kabupaten atau Kota, Jenjang Pendidikan.
  5. Langkah kelima setelah mengisi identitas diri Anda yaitu klik “Tampilan Data Guru”.
  6. Apabila telah sukses mendapatkan infonya, maka akan muncul Data Guru pada Kabupaten atau Kota yang telah Anda pilih. Pada data tersebut juga akan menampilkan data guru yang belum terbit SKTP-nya.
  7. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengakses informasi, ada baiknya Anda menulis nama tanpa gelar pada kolom yang kosong. Nantinya secara otomatis maka sistem akan mencari nama Anda sendiri. Sehingga Anda dapat mengakses informasi pengecekan terkait SKTP Anda sudah terbit atau belum.
Baca :   Silabus Matematika Kurikulum 2013 Untuk SMP Kelas 7,8,9

Info GTK tersebut merupakan suatu singkatan dari Informasi Guru dan Tenaga Kependidikan. Sedangkan pengecekan berkala pada info GTK memiliki tujuan membantu guru melakukan pengecekan hasil verifikasi data. Verifikasi data tersebut sebelumnya telah dikirim melalui aplikasi Dapodik.

Cara Cek Info SKTP Melalui Dapodikdasmen

Cara Cek Info SKTP Melalui Dapodikdasmen

Selain menggunakan password dan akun yang sama pada akun PTK, Anda juga dapat menggunakan Dapodikdasmen. Langkahnya sebagai berikut :

  1. Login menggunakan akun PTK masing-masing yang tertera di dapodik.
  2. Kemudian isi kolom menggunakan akun PTK dengan memasukan username menggunakan email dan password yang telah dibuat di dapodik.
  3. Selanjutnya masukan kode verifikasi biasanya berupa nomor yang ada pada gambar.
  4. Tekan login untuk mendapatkan akses informasi dan tunggu hingga proses selesai.

Perlu diketahui bahwa SKTP tahun pelajaran 2018/2019 sebagai dasar untuk pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) setiap triwulan 1 dan 2 tahun 2019. Pengecekan secara berkala data SKTP wajib dilakukan oleh Guru untuk mengetahui apakah sudah valid atau belum. Apabila Anda mengalami kesulitan atau tidak valid, maka nantinya pencairan dana sertifikasi juga mengalami permasalahan.

Jika pada data SKTP 2019 masih tertera tanda merah maka hal tersebut dapat diatasi dan dibetulkan melalui aplikasi Dapodik. Anda dapat meminta bantuan tersebut pada operator sekolah untuk mengatasinya. Jika di aplikasi Dapodik sudah dinyatakan benar, maka jika pada data yang ditampilkan di atas layar salah, sebaiknya diabaikan saja. Hal tersebut dapat dimungkinkan adanya kesalahan atau kekeliruan dalam pembacaan data.

Baca :   Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Tantangan Operator Sekolah Terkait Cek Info SKTP

Bagi operator sekolah mungkin tahun 2019 merupakan tahun yang memiliki banyak tantangan untuk mengatasi pengecekan SKTP. Pasalnya di tahun tersebut pengecekan SKTP mengalami perubahan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Sehingga bagi operator sekolah harus cukup sabar ketika menemui masalah terkait pengecekan SKTP tersebut.

Sedangkan pada tahun 2020 ini untuk mengecek terkait info GTK pada Semester 2 dilakukan dengan membuka website GTK v.2020.1.0.

Demikian informasi mengenai cara cek info SKTP melalui laman info GTK Kemendikbud lengkap dengan cara login ke alamat web tersebut. Semoga informasi ini dapat dijadikan wawasan dan langkah untuk melakukan pengecekan SKTP. Karena mengingat pentingnya melakukan cek SKTP agar dapat cair tunjangan profesi Anda. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

You may also like

Leave a Comment