Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online

by Shara Nurrahmi
0 comment 100 views
Cara Cek Keaslian Ijazah

Nama PT ijazah ada di setiap ijazah yang diterbitkan, sebagai identitas almamater. Namun, sungguh ironis ketika nama PT ijazah tersebut justru digunakan untuk menerbitkan ijazah palsu yang tidak kredibel secara hukum. Pergerakan ijazah palsu sulit sekali untuk ditekan lantaran tidak sedikit pula yang berminat terhadapnya, termasuk di Indonesia.

Maraknya Nama PT Ijazah Palsu

Dewasa ini, ijazah palsu kembali merebak di masyarakat. Sindikat penerbit ijazah palsu pun tidak dapat dihindarkan. Hal ini dipicu dengan tingginya peminat terhadap ijazah palsu tersebut, sehingga nama PT ijazah tidak asli terus melanggengkan usahanya. Penyebab tingginya minat terhadap ijazah tidak otentik ini adalah karena kualifikasi dari berbagai pekerjaan yang sering ditemui harus minimal strata S1, atau minimal SMA. Karena mereka ingin agar diterima, maka memanfaatkan keberadaan nama PT ijazah palsu.

Padahal, kondisi seperti yang digambarkan tersebut sama halnya dengan penipuan. Akibatnya, para pemberi kerja akan merasa kecewa, karena jasa yang diberikan tenaga kerja tidak maksimal sesuai yang diharapkan. Dalam nama PT ijazah sebagaimana yang telah disebutkan, PT merupakan Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah.

Anda tentu tidak ingin orang yang memanfaatkan ijazah tidak asli dari nama PT ijazah yang tidak valid, bekerja dengan Anda. Maka dari itu, Anda harus melakukan pemeriksaan dengan teliti terkait keaslian ijazah. Kini, telah ada cara mengecek keaslian ijazah secara online. Boleh dikatakan lebih mudah, praktis, dan efektif. Namun, apabila tidak mengerti bagaimana tahapannya, kemungkinan Anda akan kesusahan. Maka dari itu, pada bagian selanjutnya akan diuraikan dengan jelas mengenai tahapan mengecek keaslian ijazah secara online.

Baca :   Pengertian UKK dan Contoh Soal Kelas 4 Tema 7 Beserta Jawaban

Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online

Sebagai dokumen penting dan resmi sebagai bukti lulusnya seseorang setelah menempuh pendidikan pada jenjang tertentu, tentunya harus bisa dibuktikan keasliannya. Untuk melakukan pengecekan terkait keotentikan suatu ijazah, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) telah merilis Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik atau biasa disebut sebagai SIVIL.

Keberadaan SIVIL mempermudah pengecekan keaslian sebuah ijazah. Pasalnya, ijazah yang memang benar-benar asli dikeluarkan oleh nama PT ijazah secara resmi serta legal, maka tercatat dalam PD Dikti. Begitupun sebaliknya. Tidak tercatatnya ijazah berarti ijazah tersebut palsu. Adapun cara menggunakan SIVIL untuk memeriksa keaslian ijazah, yaitu sebagai berikut:

Siapkan Nomor Ijazah

Nomor ijazah tertera secara jelas di dalam ijazah. Akan tetapi, sering kali banyak yang belum mengerti seperti apa rangkaian nomor ijazah. Juga terkait dimana letaknya pada ijazah. Karenanya, tidak jarang banyak yang salah menginputkan nomor ijazah lantaran keliru malah menggunakan Nomor Induk Registrasi Lulusan (NIRL).

Pada umumnya, nomor ijazah ada di bagian sebelah kanan sisi ijazah. Namun, terkadang terdapat pula beberapa instansi perguruan tinggi yang meletakkan nomor ijazah pada bagian tengah lembar dokumen penting ini. Format penulisan nomor ijazah, yakni: No/Nomor/Nomor Ijazah/Nomor Seri Ijazah.

Penulisannya dimulai dengan menggunakan kode huruf dari instansi pendidikan yang bersangkutan. Lalu, kode berikutnya merupakan angka pendaftaran. Tidak jarang pula terkadang ada sebuah simbol pemisah berupa strip (-) atau garis miring (/) di antara kedua kode tersebut.

Baca :   Mengenal Apa Itu Bilangan Rasional dan Irasional

Tahapan Pengecekan Ijazah Perguruan Tinggi

Cara Cek Keaslian Ijazah

Setelah mengetahui nomor dari ijazah, Anda bisa langsung mengikuti setiap tahap di bawah ini:

  • Buka laman web resmi dari Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL) di bawah naungan PD Dikti melalui https://ijazah.ristekdikti.go.id/.
  • Setelah itu, Anda akan menemui beberapa kolom instruksi yang harus diisi. Data yang diminta berupa, nama Perguruan Tinggi, program studi yang telah dipilih, serta nomor seri dari ijazah yang akan dicek keasliannya.
  • Yang terakhir, Anda hanya perlu menginputkan angka verifikasi yang muncul. Pastikan kombinasi yang Anda masukkan benar.
  • Hasil pencarian akan muncul dalam layar Anda.

Apabila Anda menemui pernyataan bahwa ternyata nomor ijazah tidak ditemukan dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, ada dua kemungkinan yang melatarbelakangi. Pertama, boleh jadi Anda salah menginputkan kombinasi nomor ijazah dalam SIVIL. Yang kedua, jika Anda sudah memastikan bahwa nomor ijazah memang benar, barangkali pihak kampus sebagai instansi pendidikan yang menerbitkan ijazah belum melaporkan data dari ijazah ke dinas Pendidikan Tinggi.

Solusi terhadap masalah tidak munculnya ijazah dalam PD Dikti adalah dengan memastikan tahun berapa yang bersangkutan memulai kuliah, berapa jumlah SKS yang diambil di setiap semesternya, serta seperti apa status mahasiswa, apakah sudah wisuda atau justru masih aktif. Yang paling akurat, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap status dari pihak yang bersangkutan.

Baca :   Estimasi Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia 2020

Langkah-Langkah Mengetahui Status Mahasiswa

Mengetahui Status Mahasiswa

Berikut akan diuraikan tahapan untuk melakukan pengecekan terhadap status mahasiswa:

  • Buka situs resmi Pendidikan Tinggi melalui https://forlap.dikti.go.id/mahasiswa.
  • Lalu, isikan semua data dengan benar sesuai yang diminta dalam formulir yang tersedia. Data yang dibutuhkan, yaitu nama Perguruan Tinggi serta program studi yang diambil.
  • Setelah itu, masukkan keyword. Ada dua opsi yang bisa digunakan, yakni mencari melalui nama mahasiswa maupun Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
  • Tuliskan jawaban dari pertanyaan yang muncul.
  • Selanjutnya, ketuk kolom yang bertuliskan ‘Cari Mahasiswa’. Tanpa menunggu lama, hasil pencarian akan muncul.

Ancaman Pidana Pengguna Ijazah Palsu

Dalam pasal 69 ayat (1) UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, telah diatur dengan jelas bahwa siapapun yang memakai ijazah palsu yang terbukti akan dipidana dengan penjara paling lama lima tahu dan/atau pidana denda paling banyak sebesar Rp500 juta.

Dibandingkan dengan harus berhadapan pada tindak pidana, maka sebaiknya para pekerja atau guru yang ingin menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi bisa mengambil kuliah di Universitas Terbuka. Atau kini beragam universitas terbaik pun banyak yang membuka kelas karyawan dengan ijazah asli.

You may also like

Leave a Comment