Cara Membuat Modul Pembelajaran Dengan Tepat

by Shara Nurrahmi
0 comment 88 views
Cara Membuat Modul Pembelajaran Dengan Tepat

Sebagai seorang pengajar, tentunya Anda harus mengetahui cara membuat modul pembelajaran dengan tepat, baik, dan benar sesuai kaidah penulisan. Sebab, modul pembelajaran menjadi aspek penting dalam proses belajar mengajar. Penggunaan modul pembelajaran akan memudahkan proses belajar mengajar. Misalnya untuk pembelajaran kontekstual.

Selain itu, keberadaan modul pembelajaran juga dapat menunjang keberhasilan dalam komunikasi, sehingga apa yang disampaikan akan lebih jelas ditangkap oleh yang menerima. Modul ini juga menjadi sarana untuk digunakan sebagai acuan yang tepat, sehingga memberikan arah belajar yang sama.

Menyamakan pikiran dalam pembelajaran akan memudahkan dalam tahap selanjutnya. Maka dari itu, penggunaan modul pembelajaran dinilai efektif dalam proses belajar mengajar. Pentingnya keberadaan modul pembelajaran ini tentu membuat tenaga pendidik harus mengetahui bagaimana cara menyusun atau membuat modul pembelajaran dengan tepat agar tidak salah dalam pembuatan.

Sebab, kesalahan dapat berakibat fatal karena menentukan bagaimana belajar mengajar yang benar. Oleh karena itu, artikel ini membahas mengenai cara membuat modul pembelajaran yang tepat. Berikut penjelasannya:

Bagaimana Cara Membuat Modul Pembelajaran yang Tepat?

Bukanlah hal yang rumit untuk memahami bagaimana cara membuat modul pembelajaran yang tepat, karena memang tidak memusingkan, tetapi juga bukan hal yang dapat digampangkan. Artinya, memerlukan keseriusan dalam menyelesaikan pengerjaan modul hingga akhir, agar hasilnya maksimal. Adapun cara penyusunannya dengan tepat, yaitu:

Baca :   Mengenal Pangkat dan Jabatan Guru PNS

1. Menentukan Tujuan yang Akan Dicapai

Sebelum menyusun modul lebih jauh, yang harus dilakukan adalah tujuan yang harus dicapai. Dengan tujuan yang jelas, maka proses pembelajaran pun akan terarah secara sistematis.

2. Memberikan Petunjuk

Agar tidak bingung dalam menggunakan, maka harus dibuat pula petunjuk yang tepat. Terlebih, petunjuk pendidik dalam pembelajaran harus dituangkan pula di dalam modul tersebut sehingga pengguna akan paham maksud dan tujuan dari pembelajaran.

3. Buat Kegiatan yang Harus Dilakukan Siswa

Dengan kegiatan yang terstruktur, maka akan lebih terarah dengan jelas, sehingga siswa tidak bingung apa yang harus dilakukan berupa tugas atau pekerjaan rumah yang berisi soal-soal yang harus dikerjakan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak malas dan mengasah pengetahuan, menambah wawasan, mempertajam pikiran.

4. Membuat Materi Sesuai Kompetensi yang Harus Dicapai

Di dalam modul pembelajaran, materi harus disajikan dengan lengkap dan ringkas. Materi tidak perlu bertele-tele, tetapi harus singkat, lengkap, dan padat sehingga siswa dapat memahaminya dengan mudah.

5. Jangan Lupa Buat Lembar Evaluasi

Lembar evaluasi harus ada, sebagai penilaian baik buruk dan seberapa kualitas pembelajar yang telah dilewati siswa Anda. Evaluasi juga dapat digunakan untuk menilai apa yang harus ditingkatkan, sehingga semakin baik kedepannya.

6. Buat Juga Kunci Jawaban

Kunci jawaban digunakan untuk menyelesaian dari soal-soal yang diberikan kepada siswa dalam modul yang Anda buat, sehingga dapat dikoreksi benar salahnya. Akan tetapi, perlu ditegaskan bahwa kunci jawaban ini harus dibawa oleh guru atau pengajar dan tidak boleh diberikan kepada siswa. Sebab, jika diberikan kepada siswa maka mereka akan menjadi malas mengerjakan.

Baca :   Inflasi: Pengertian, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasi

Apa Manfaat Dari Cara Pembuatan Modul yang Tepat?

Pembuatan modul yang tepat sesuai dengan langkah-langkah yang baik dan benar maka akan memudahkan Anda dalam menyusun modul pembelajaran, sehingga Anda tidak akan kebingungan mengenai langkah mana yang harus dimulai di awal, apa saja yang harus dikerjakan, dan tidak bingung pula mengenai isi dari modul.

Semua sudah dijelaskan dalam cara pembuatan modul yang tepat. Dengan demikian, modul Anda akan terstruktur dan tujuan akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Selain itu, dengan penyusunan modul yang benar, maka modul yang Anda hasilkan akan maksimal. Hasilnya tidak akan membuat Anda kecewa. Dengan hasil yang maksimal, modul yang Anda buat pun akan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena tidak dikerjakan dengan asal-asalan.

Kesalahan dalam isi dari modul pembelajaran akan menyesatkan pengguna, yang tidak lain adalah siswa. Modul yang seharusnya dapat memudahkan malah justru dapat membingungkan bahwa menyesatkan. Oleh karena itu, cara membuat modul pembelajaran yang tepat harus Anda kuasai sebelum membuat modul sendiri.

Modul pembelajaran yang dibuat dengan tepat tentu dapat memudahkan siswa dalam belajar. Siswa menjadi tahu kompetensi semacam apa yang akan dicapai. Materi pun menjadi mudah dibaca. Juga diberikan soal-soal latihan yang semakin memudahkan belajar. Maka, dengan kehadiran modul dapat membuat siswa belajar mandiri dan bisa memperdalam materi sendiri. Pun juga dapat membuat siswa mengurangi rasa malas dengan mengerjakan berbagai soal yang telah diberikan.

Baca :   Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif NHT dan Jigsaw

Dampak Cara Membuat Modul Pembelajaran Kurang Tepat

Cara membuat modul pembelajaran yang tepat ketika tidak diterapkan maka akan membawa penyusun ke dalam langkah-langkah yang salah, sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Hasil yang tidak maksimal atau bahkan salah akan membuat pengguna yang tidak lain adalah siswa juga mengalami kesalahpahaman. Kesalahpahaman akan menciptakan pola pikir yang salah, sehingga bahaya apabila tidak diluruskan. Dampaknya, kelanjutannya pun akan selalu salah jika di awal sudah salah.

Selain itu, dengan langkah-langkah penyusunan yang tidak tepat maka modul pembelajaran yang dihasilkan tidak terstruktur dengan benar. Isinya pun tidak sistematis. Materi tidak tersampaikan dengan jelas, sehingga menjadi kurang efektif.

Capaian kompetensi yang harus diraih pun kurang jika tidak disusun dengan baik dan benar. Dampak yang akan muncul karena tidak benar dalam penyusunan modul pembelajaran akan sangat merugikan dan percuma saja modul dibuat.

You may also like

Leave a Comment