Cara Membuka Protect Excel Sheet / Unprotect Sheet Excel Tanpa Password

by Shara Nurrahmi
0 comment 117 views
Cara Membuka Protect Excel

Cara membuka protect excel dimaksudkan untuk memudahkan Anda ketika ingin mengedit suatu sheet yang dilindungi oleh protect sheet. Seperti diketahui, protect sheet merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam excel untuk mengamankan data di dalam lembaran maupun cell, yang berisi rumus tertentu, agar tidak berubah karena pengaruh pengeditan manual pihak lain.

Sebelum membahas mengenai cara membuka protect excel, akan lebih baik ketika mengetahui metode mengaktifkannya terlebih dahulu untuk melindungi data. Dengan demikian, Anda dapat memproteksi data yang telah dibuat, sehingga tidak bisa diubah oleh orang yang tidak mengetahui kata sandinya.

Langkah-Langkah Menggunakan Protect Sheet

Agar dapat memanfaatkan fitur protect sheet, Anda harus mengetahui tahapan untuk menerapkannya. Seperti apa langka-langkah yang digunakan? Berikut akan diuraikan secara rinci dan jelas. Baca dengan teliti ya. Jangan sampai terlewat satu step pun, karena dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya hasil.

Langkah 1

Yang harus dilakukan pertama kali yakni membuka file excel yang akan dilindungi, seperti yang dicontohkan pada gambar di bawah ini.

Setelah dokumen berhasil terbuka, blok semua data yang terdapat dalam active cell yang dituju, ingin diproteksi dengan protect sheet. Semacam ini:

Lalu, beralihlah menuju keyboard dengan menekan Ctrl+1 secara bersamaan, yang akan memunculkan tampilan seperti berikut.

Langkah 2

Setelah Anda menekan Ctrl+1, maka akan ada format cells dengan dilengkapi beberapa menu seperti contoh di atas. Kemudian, pilihlah menu Protection di paling ujung.

Pilihlah kolom Locked dengan memberi centang di sampingnya. Setelah itu, kemudian klik ‘OK’. Locked untuk menyimpan, sedangkan Hidden untuk menyembunyikan.

Langkah selanjutnya, pilih menu bar ‘Review’, lalu tekan ‘Protect Sheet’.

Kemudian, Anda akan dihadapkan dengan bermacam-macam pilihan yang terdapat dalam protect sheet. Nah, tidak perlu bingung, yang harus dilakukan adalah memilih ‘select locked cells’ dan ‘select unlocked cells’.

Lalu, masukkan password yang Anda inginkan dengan mengetikkannya pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya, akan ada perintah untuk menulis ulang. Tulis kembali kata sandi yang tadi untuk memverifikasi.

Setelah semua tahapan selesai, maka fitur protect sheet berhasil diterapkan. Karena itu, untuk mengedit dokumen, maka harus memasukkan password yang telah berfungsi sebagai proteksi. Tanpa memasukkan kata sandi, beberapa menu yang ada di bar tidak aktif, sehingga tidak bisa digunakan. Berikut gambarannya:

Mudah bukan untuk mengaktifkan layanan protect sheet? Asalkan semua step dilakukan dengan benar, fitur ini dapat digunakan dengan baik, sesuai tujuannya.

Setelah active cell terlindungi, maka muncul permasalahan berikutnya, yaitu mengenai bagaimana cara membuka protect excel yang telah berlaku. Pemahaman tentang hal ini sangat tepat untuk digunakan ketika Anda memerlukan template dari suatu lembar excel, tetapi justru terproteksi.

Misal, dalam sheet yang berisi jurnal keuangan. Agar data bisa diubah, Anda harus mengganti data yang tertulis di dalamnya dengan data milik sendiri sebab ditujukan sebagai jurnal keuangan pribadi. Karenanya, angka dan rumus yang ada harus diganti. Akan tetapi, karena file tersebut menggunakan perlindungan protect sheet, membuat Anda tidak bisa mengedit lembar tersebut. Jadi, untuk menyelesaikan permasalahan itu Anda harus paham tentang cara membuka protect excel.

Dalam pembahasan selanjutnya, akan dijelaskan tahap-tahap yang harus dilakukan sebagai cara membuka protect excel.

Cara Membuka Protect Excel

Tampilan serupa di atas akan ditemui ketika Anda berniat untuk mengedit sebuah lembar excel yang telah dilindungi dengan kata sandi. Agar bisa membuka kunci tersebut, maka harus mengetahui password yang digunakan.

Akan tetapi, Anda akan kesulitan bercampur bingung saat tidak mengerti apa kode di dalamnya. Untuk memecahkan kata sandi tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilalui, sebut saja sebagai cara membuka protect excel tanpa password.

Setelah mengetahui caranya, maka Anda dapat mengedit cell dalam Microsoft excel yang terproteksi. Dengan kata lain, walaupun tidak mengetahui passwordnya, tetapi tetap bisa melakukan perubahan data. Selain itu, keadaan terburuk yang bisa saja terjadi, misalnya Anda lupa mengenai kata sandi apa yang telah dibuat, sehingga kesusahan untuk mengubah dokumen. Melalui cara ini, Anda tidak perlu pusing lagi menghadapi hal semacam itu.

Penjelasannya secara lengkap akan diuraikan berikut ini.

Kondisi 1 – Cara Membuka Protect Excel Ketika Mengetahui Password

Ketika Anda mengerti kode yang digunakan dalam sheet yang dituju, maka cara membuka protect sheet dapat dilakukan dengan mudah, yaitu melalui fitur Unprotect Sheet yang ada pada menu bar ‘Review’ dalam excel, seperti ini:

Yang harus dilakukan adalah memilih ribbon Unprotect Sheet, sehingga muncul perintah untuk memasukkan sandi. Bentuknya semacam ini:

Cara Membuka Protect Excel

Lalu, masukkan password dengan benar. Setelah itu, sheet akan terbuka dan bisa diedit secara bebas.

Kondisi 2 – Cara Membuka Protect Excel Tidak Mengetahui Password

Situasi ini dapat terjadi karena lupa sandi ataupun karena memang tidak mengerti. Tenang, tidak perlu bingung menyelesaikan persoalan lembar excel yang terlindungi dengan protect sheet. Sebab, ada cara membuka protect excel tertentu yang bisa dilakukan untuk membuka suatu proteksi tersebut tanpa memasukkan password yang mengikatnya.

Cara membuka protect excel tersebut akan dijelaskan dalam beberapa langkah berikut.

Pertama, buka file dengan format excel yang akan diedit, tetapi tidak bisa diubah karena terkendala karena adanya proteksi di dalamnya. Contohnya yaitu file ini:

Cara Membuka Protect Excel

Kemudian, fokus pada keyboard untuk menekan tombol Alt+F11 secara bersamaan. Setelah itu, akan muncul tampilan:

Cara Membuka Protect Excel

Syarat agar bisa mendapatkan tampilan seperti yang dicontohkan di atas yakni adanya aplikasi Microsoft Visual Basic.

Lalu, Anda harus mengklik Insert dan pilihlah module:

Cara Membuka Protect Excel

Masukkan bahasa pemrograman seperti berikut:

Cara Membuka Protect Excel

Lalu, pilih sheet yang akan dibuka protectnya, disertai dengan judul file yang dilindungi password tersebut, misalnya:

Cara Membuka Protect Excel

Pilih save untuk menyimpan:

Cara Membuka Protect Excel

Selanjutnya, kembali ke excel awal. Klik macro, lalu show macro.

Cara Membuka Protect Excel

Kemudian internal password, dan terakhir pilih run.

Cara Membuka Protect Excel

Sabar untuk menunggu beberapa saat sampai cell tidak tertutup lagi, sehingga bisa diubah.

Setelah berhasil, maka sheet yang diproteksi akan terbuka dan Anda bisa mengeditnya dengan bebas tanpa terhalang password.

Tidak sulit kan untuk menembus sandi yang melekat pada cell yang terikat dengan protect sheet? Yang menjadi syarat utama agar dapat melakukan kegiatan ini yaitu Anda harus menginstall aplikasi Microsoft Visual Basic pada perangkat yang dipakai, baik windows maupun yang lain. Ketika sudah terpasang, maka aktivitas tersebut dapat dijalankan dengan lancar.

Dalam pembahasan di atas telah dipaparkan cara membuka protect excel. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui cara mengedit protect sheet secara bebas pada excel tanpa memasukkan password. Dengan catatan, tidak boleh menyalahgunakan cara di atas.

Leave a Comment