Cara Cek Data Peserta Ujian Nasional / UN (SD,MI/SMP,MTS/SMA,SMK) secara Online

by Shara Nurrahmi
0 comment 87 views
cara mencari nomor peserta ujian nasional SD/MI

Perkembangan teknologi saat ini membuat pelajar berusaha mendapatkan informasi mengenai cara mencari nomor peserta ujian nasional SD/MI. Dimana Ujian Nasional (UN) ini menjadi penentu kelulusan agar bisa naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Adanya teknologi memang menjadi pendukung utama bagi perkembangan pendidikan. Mulai dari mempermudah proses belajar mengajar, mengefektifkan sebagian besar aktivitas, dan masih banyak lagi. Bahkan, bukan hal yang sulit untuk mengkolaborasikan kecanggihan teknologi dengan fasilitas pendidikan.

Sekolah yang Tepat Bagi Anak Hingga Lulus Dengan Membanggakan

Sebagai sebuah tempat yang digunakan untuk anak berproses dalam menuntut ilmu pasti tidak sembarangan. Semua orang tua pasti ingin anaknya bisa menempuh pendidikan di tempat yang tepat hingga lulus dengan hasil UN membanggakan. Meskipun UN belum bisa dijadikan penentu kelulusan yang paten bagi seorang pelajar. Oleh karena itu, keputusan terbaru kelulusan pelajar tergantung pihak sekolah yang sudah lebih tahu bagaimana pemahaman setiap anak dalam menjalankan proses belajar.

Tapi, bukan berarti anda menganggap bahwa UN bukanlah suatu hal yang penting. Tetap saja sebagai pelajar harus optimal dalam mengerjakan ujian soal demi soal dan belajar dengan giat sebagai bentuk persiapan.

Baca :   Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah

Sebelum menjalankan Ujian Nasional (UN), pastikan anda sudah mengetahui bagaimana cara mencari nomor peserta ujian nasional SD/MI. Yuk simak ulasan singkat berikut hingga selesai.

Pastikan Bahwa Sebagai Pelajar Sudah Terdaftar Pada Aplikasi Dapodik Sekolah

Sebelum membuka situs resmi dari Kemendikbud dan mencari tahu  cara mencari nomor peserta ujian nasional SD/MI, ada satu hal yang harus dilakukan. anda harus memastikan terlebih dahulu apakah dirinya sudah terdaftar pada aplikasi Dapodik sekolah atau belum.

Tujuan utama terdaftar di dapodik adalah agar setiap pelajar bisa melakukan verifikasi dan validasi atas kebenaran datanya. Dimana nanti akan dijadikan dasar dalam pengeluaran ijazah setiap peserta didik.

Adanya aplikasi dapodik ini dapat mempermudah para pihak sekolah dalam melakukan koreksi atas data setiap pelajar. Karena, tidak menutup kemungkinan masih terjadi kesalahan dalam penginputan data. Apabila sampai ditemui data yang masih belum terisi atau terdapat kegandaan data maka harus segera diperbaiki. Dimana akan muncul peringatan pada aplikasi dapodik untuk mengoreksi dan memperbaiki.

Cara Mencari Nomor Peserta Ujian Nasional SD/MI Dengan Mudah

Sebelum kamu mengikuti Ujian Nasional untuk mencapai kelulusan, pasti anda harus mengetahui  cara mencari nomor peserta ujian nasional SD/MI. Inilah langkah demi langkah yang harus dilakukan oleh para pelajar khususnya untuk tingkatan SD/MI.

  1. Kunjungi link situs resmi dari Kemendikbud, yaitu sso.data.kemdikbud.go.id
  2. Jika link sudah menampilkan halamannya secara utuh, selanjutnya anda bisa login. Caranya dengan memasukkan email dan password yang sudah digunakan pada aplikasi dapodik. Apabila sudah muncul haaman utamanya, maka nanti akan diminta memasukkan nomor registrasi dapodik.
  3. Klik “Login” dan dilanjutkan dengan klik “Calon Peserta UN” agar bisa mendapatkan nomor peserta Ujian Nasional (UN).
  4. Pada halaman selanjutnya, anda bisa melihat daftar dari nama-nama peserta yang juga mengikuti UN di tingkat SD/MI. Namun, sayangnya setiap pelajar tidak akan bisa mengakses daftar nama tersebut jika belum mengatur nomor kursi diri.
  5. Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan nomor kursi? Caranya mudah, yaitu dengan klik tulisan “Pengaturan Nomor Kursi” yang terdapat pada menu halaman utama. Jika sudah diklik maka tinggal mengikuti bagaimana instruksi selanjutnya.
  6. Di halaman selanjutnya, anda akan melihat sebuah kolom sebagai tempat memasukkan “Nama Urut Rombel”. Pada kolom tersebut, terdapat pilihan 01,02,03, dan seterusnya yang harus dipilih sesuai dengan rombel pada tampilan halaman.
  7. Jika semua kolom sudah terisi, maka klik opsi “simpan” agar semua data dapat diterima oleh sistem. Tapi pastikan semuanya sudah terisi dengan benar agar tidak sampai gagal dan segera mendapatkan nomor ujian.
  8. Terakhir, hanya perlu mengunduh daftar dari nama-nama peserta yang mengikuti Ujian Nasional (UN). Cukup dengan klik “Unduh CPUN Ke Excel” secara otomatis file akan langsung berproses dan tinggal memindahkan ke folder yang sudah ditentukan.
Baca :   4 Alternatif Pengganti UKK yang Ditiadakan di Tahun 2021

Cukup mudah bukan? Dengan begitu, sudah dapat dipastikan bahwa semua pelajar siap mengikuti Ujian Nasional (UN) untuk mencapai kelulusan setelah enam tahun mengikuti proses belajar mengajar.

Cara Mencari Nomor Peserta Ujian Nasional SD/MI Dengan Cek Mengenai Data yang Sudah Tertera

Apabila anda sudah melakukan semua tips di atas, maka akan lebih baik jika cek kembali data pribadi. Tujuannya untuk menghindari kesalahan hingga ijazah keluar. Karena, dokumen penting tersebut akan sangat dibutuhkan hingga masa kerja.

Beberapa data yang harus dikoreksi dan dipastikan bahwa tidak ada kesalahan adalah :

  • Nama lengkap pelajar
  • Tempat, tanggal lahir
  • Jenis kelamin pelajar
  • Nama ibu
  • NISN yang didapatkan sejak masuk sekolah
  • NIS
  • Nomor peserta Ujian Nasional pada jenjang sekolah sebelumnya, yang sebaiknya sama dengan data di rapor (Kecuali SD/MI)

Semua data penting tersebut biasanya rawan terjadi kesalahan. Oleh karena itu, ketika Anda mengikuti semua cara mencari nomor peserta ujian nasional SD/MI harus hati-hati dalam setiap mengisi data. Karena, nantinya data tidak hanya diterima oleh pihak sekolah saja. Melainkan kota/kabupaten, provinsi kemudian diteruskan ke pusat. Jika sampai ada sedikit saja kesalahan dalam menginput data maka akibatnya adalah pelajar yang akan dirugikan.

Bagaimana tidak? Semua data nanti akan dicek kembali kebenarannya ketika di pusat. Apabila terjadi kesalahan tidak menutup kemungkinan proses ujian pelajar tersebut akan terkendala. Bahkan, dampaknya pada dunia kerja kurang baik dan mempersulit.

Baca :   Download Aplikasi PKG Guru

You may also like

Leave a Comment