Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Australia

by Trianilus
0 comment 98 views
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Australia

Anda ingin mendapatkan beasiswa kuliah di Australia? Yuk, cari tahu informasinya di sini.

Kuliah di luar negeri merupakan suatu kebanggaan bagi sebagian orang. Kebanggaan itu bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk orang-orang terdekat seperti keluarga dan kerabat.

Salah satu negara yang paling diincar oleh para pemuda Indonesia untuk melanjutkan studi S1, S2 maupun S3 adalah Australia. Ya, negara yang dijuluki Negeri Kanguru ini menawarkan banyak universitas kelas dunia, seperti Australian National University yang bertengger di peringkat ke-29 dunia, University of Melbourne yang bertengger di peringkat ke-38 dunia dan University of Sydney yang bertengger di peringkat ke-42 dunia (versi 02 QS University Rangkings 2020).

Namun, perlu kamu ketahui, biaya kuliah di Australia tidaklah seperti di dalam negeri. Sudah menjadi hal yang wajar jika kuliah di negara maju lebih mahal dibandingkan dengan di dalam negeri.

Adapun perkiraan biaya kuliah di Australia ialah program diploma sekitar Rp 138 juta – 211 juta per tahun, sarjana (S1) sekitar Rp 160 juta – 353 juta per tahun, dan pasca sarjana (S2 dan S3) sekitar Rp 149 juta -395 juta per tahun.

Selain biaya kuliah, kamu juga harus mengeluarkan biaya hidup yang tak kalah mahal dengan biaya kuliah di Australia. Perkiraan biaya hidup di sana ialah Rp 13 juta – 20 juta per bulan. Tentunya, biaya hidup ini berbeda-beda tergantung kami bertempat tinggal di mana dan seperti apa gaya hidup sehari-hari kamu.

Baca :   Hal Penting yang Wajib Diketahui Jika Ingin Kuliah di Australia

Namun, kamu jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan pengeluaran selama menjalani studi di Australia. Salah satunya adalah melalui jalur beasiswa. Dengan beasiswa, kamu bahkan dapat kuliah gratis dan biaya hidup hingga lulus.

Berikut cara mendapatkan beasiswa kuliah di Australia.

Beasiswa Kuliah di Australia

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Pemerintah Indonesia menyediakan Beasisa Pendidikan Indonesia (BPI) untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, termasuk Australia. Beasiswa ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

BPI tersedia untuk jenjang sarjana maupun pasca sarjana dengan beberapa jenis beasiswa, yakni Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted Group dan Beasiswa Umum. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, kamu dapat memilih lebih dari 300 universitas di dalam maupun luar negeri. Adapun di Australia, kamu dapat memilih 15 universitas unggulan di sana, seperti Australia National University, Universitas of Melbourne, University of Sydney, University of Quessland dan lainnya.

Tidak hanya dana kuliah, BPI juga memberikan para penerimanya dana untuk menunjang studi mereka, seperti dana transportasi, kebutuhan sehari-hari dan bahkan tunjangan keluarga.

Baca :   Daftar / List Website Resmi Kemendikbud

2. Monash International Merit Scholarships

Monash International Merit Scholarships adalah beasiswa yang disediakan oleh Monash University. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi program sarjana dan pasca sarjana di universitas tersebut.

Universitas yang bertengger di peringkat ke-58 dunia versi versi 02 QS University Rangkings 2020 itu akan memberikan beasiswa setiap setahun sekali dengan total 10.000 AUD atau setara Rp 107 juta. Jika studi yang harus ditempuh selama lima tahun, maka total beasiswa yang didapatkan senilai 50.000 AUD atau setara Rp 535 juta.

3. Australia Award

Australia Award merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia untuk mahasiswa internasional. Pemerintah Australia hanya memberikan beasiswa ini kepada mahasiswa yang negara dan pemerintahannya menjadi partner perjanjian regional dan bilateral, yang mana Indonesia termasuk di dalamnya.

Australia Award termasuk jenis beasiswa annual scholarships yang berarti beasiswa ini diberikan setiap tahun. Ada 6 program yang ditawarkan Australia Award, dua di antaranya adalah Australia Award Scholarships dan John Dillon Fellowships.

4. Melbourne International Research

Melbourne International Research adalah beasiswa yang disediakan oleh University of Melbourne. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi pasca sarjana (S2) di universitas tersebut.

Melbourne International Research juga termasuk annual scholarships yang mana beasiswa ini dibuka setiap tahunnya. Biasanya pengumpulan berkas dilakukan pada bulan Oktober dan Mei.

Baca :   20 Universitas Terbaik di Indonesia

Tidak hanya biaya kuliah, beasiswa yang diberikan oleh Universitas of Melbourne ini juga termasuk biaya hidup, asuransi kesehatan dan tunjangan lainnya yang mencapai 110.000 AUD atau setara dengan Rp 1,1 miliar lebih. Biasanya, beasiswa ini diberikan kepada 600 mahasiswa setiap tahunnya.

5. The Indonesia Global Leaders Scholarship at University of Quessland

Sesuai dengan namanya, The Indonesia Global Leaders Scholarship at University of Quessland adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi kamu yang ingin menlanjutkan studi di University of Quessland. Adapun syarat yang harus kamu penuhi adalah kamu harus warga negara Indonesia asli dan memiliki prestasi akademik yang bagus.

Perlu Anda ketahui, beasiswa ini hanya untuk program sarjana dan pasca sarjana dalam bidang bisnis, ekonomi dan hukum. Adapun dana beasiswa yang disiapkan oleh universitas yang bertengger di peringkat ke-47 dunia versi QS University Rangkins 2020 ini mencapai 10.000 AUD atau setara Rp 107 juta untuk masa studi 1 semester.

Setelah lulus dari studi di universitas bergengsi di Australia ini, kamu akan menjadi bagian dari jaringan Global Leaders Scholarship Alumni.

Itulah lima beasiswa kuliah di Australia yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu. Bagaimana, semakin tertarik untuk kuliah di Negeri Kangguru? Ingat, jangan lagi khawatir dengan biaya kuliah dan hidup di sana karena ada berbagai beasiswa yang dapat meringankan pengeluaran kamu. Selamat mencoba.

You may also like

Leave a Comment