Download Contoh Soal USBN / UN SMA Jurusan IPA / IPS dan Kunci Jawaban

by Storie Navy
0 comment 101 views

Terdapat dua jenis ujian akhir untuk siswa tingkat SMP dan SMA/K yaitu USBN dan juga UN/UNBK. Dan untuk siswa yang menempuh pendidikan SD ada ujian akhir yang disebut dengan USBN dan US. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan USBN dan apa tujuannya? Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian USBN

USBN sendiri merupakan singkatan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang bisa dibilang “penjelmaan” dari US (Ujian Sekolah). Yang membedakan keduanya adalah US berstandar sekolah atau satuan pendidikan, sedangkan USBN berstandar nasional. Pembuatan soal US disiapkan langsung oleh pihak sekolah. Dan untuk mata pelajaran USBN tingkat SMP, SMA/K sederajat untuk semua mata pelajaran (termasuk pada program paket B dan C).

Sedangkan untuk prosedurnya pembuatan soalnya sendiri disiapkan oleh pusat sekitar 20-25%, disiapkan oleh guru sekitar 75-80% dan dikonsolidasikan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Komposisi soal pada USBN untuk pilihan ganda 90% dan esai 10%. Tentunya berbeda dengan jaman dulu yang semuanya pilihan ganda.

Apa Tujuan Dari USBN?

Tujuan USBN untuk guru yaitu untuk meningkatkan kompetensi para guru pada saat melakukan penilaian. Sedangkan tujuan USBN untuk siswa adalah agar dapat mengukur pencapaian kompetensi mereka setelah menyelesaikan program pendidikan pada suatu jenjang tertentu.

Bahkan kampir semua pertanyaan yang ada di USBN bisa dengan mudah murid temukan jawabannya pada buku LKS atau buku paket yang dimiliki. Pertanyaannya pun lebih menggunakan kata kerja opsional misalnya tuliskanlah, bedakanlah, sebutkan dan jelaskan. Dalam penyusunan soal, tentunya para guru tidak boleh asal dalam menggunakan kata perintah seperti “jelaskan” atau “sebutkan”. Dan soal USBN harus mampu mencakup 3 level kognitif yang ada pada murid, seperti:

  1. Dapat memahami dan menguasai konsep.
  2. Mengaplikasikan konsep.
  3. Menalar konsep.
Baca :   Pengertian dan Contoh Program Sekolah

Contoh Soal USBN 2018 SMA

Ada beberapa contoh soal pelajaran untuk USBN 2018 tingkat SMA, seperti:

SEJARAH INDONESIA

1. Peristiwa sejarah adalah peristiwa yang …

A. abadi, unik, penting

B. dahsyat, mantap, tidak terlupakan

C. seru, menggairahkan, tegang

D. disukai oleh para penguasa

E. disetujui oleh para pemuka adat dan agama

2. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menganalisis suatu peristiwa sejarah.

(2) Menghimpun jejak-jejak sejarah.

(3) Mengumpulkan dokumen-dokumen.

(4) Tujuannya mengetahui kejadian bersejarah masa lampau.

(5) Mencari informasi sejarah.

Tahap heuristik dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor …

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)

FISIKA

1. Suatu benda beratnya saat di bumi 100 N, jika benda tersebut dibawa ke suatu planet yang massa planetnya 4  kali dari massa bumi dan jari-jari planet tersebut 2 kali jari-jari bumi, maka berat benda tersebut di planet adalah…..
A. 25N

B. 50N

C. 100N

D. 150N

E. 200N

2. Aliran Udara horizontal melalui pesawat terbang, sehingga kecepatan udara di bagian bawah sayap pesawat adalah 30 m/s dan atas sayap pesawat 40 m/s . massa pesawat dan luas nya berturut-turut sebesar 300 kg dan 60 m2. Massa jenis udara 1,3 kg/s3 dan g = 10 m.s-2 , maka resultan gaya yang dialami pesawat karena gaya angkat keatas dan berat pesawat adalah…

Baca :   Macam-macam Kalimat Asking for Permission

A. 3.000 N

B. 3.600N

C. 24.300 N

D. 27.300 N

E. 30.300 N

BAHASA INDONESIA

1. Bacalah kutipan pantun ini dengan seksama.

“Bapak ibu pergi ke Bali, pulangnya membawa batu. Anak itu harus mandiri, tanda diri orang mampu”

Maksud dari isi pantun tersebut adalah?

A. Kalau pergi ke Bali jangan lupa beli patung dari batu.

B. Anak yang ditinggal oleh bapak dan ibunya ke Bali.

C. Bapak dan ibu yang berlibur ke Bali.

D. Orang yang mandiri merupakan ciri orang yang mampu.

E. Orang harus mandiri supaya dikatakan sebagai orang yang mampu.

2. Bacalah kalimat berikut ini!

“Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami”

Kata yang membuat kalimat diatas menjadi tidak efektif adalah…

A. Adanya kata sangat dan sekali pada kalimat tersebut.

B. Adanya kata bu dan Ina dalam satu kalimat.

C. Karena menggunakan kata asing yang susah dimengerti.

D. Adanya kata hangat dalam kalimat tersebut.

E. Adanya imbuhan an dalam kata menyeduhkan.

Download Contoh Soal USBN SMA Program IPA / IPS dan Pembahasan

Untuk media belajar & latihan menghadapi USBN, Kamu bisa mendownload file dibawah ini.

Link DownloadFile Contoh Soal USBN SMA IPA-IPS dan PembahasanFormat
DownloadContoh Soal Latihan UN dan UNBK Bahasa Indonesia SMK Paket BDocx
DownloadContoh Soal Latihan UN dan UNBK Bahasa iNGGRIS SMK paket ADocx
DownloadContoh Soal PG TIK Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal UASBN Prakarya Kelas 12 SMA MA Semester GenapDocx
DownloadContoh Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal UN Fisika Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal UNBK Geografi Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal USBN Biologi Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal USBN PAI Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal USBN Penjaskes Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal USBN PKN Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaaDocx
DownloadContoh Soal USBN Seni Budaya Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal USBN Sosiologi Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaDocx
DownloadContoh Soal USBN Z Kimia Kelas 12 SMA MA dan Kunci JawabnyaPDF
DownloadSoal dan Pembahasan Lengkap USBN Matematika SMAZIP
Baca :   Contoh Soal USBN IPS Tingkat SD dan Jawaban

You may also like

Leave a Comment