Daftar 15 Penemuan Hebat yang Telah Mengubah Dunia

by Shara Nurrahmi
0 comment 28 views
15 Penemuan Hebat yang Telah Mengubah Dunia

Hadirnya 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia berikut mampu menjadikan dunia semakin berwarna, bahkan pendidikan semakin maju. Senada dengan julukannya yang mampu mengubah dunia, eksistensi berbagai penemuan tersebut mampu memudahkan umat manusia. Apa saja penemuan-penemuan yang dimaksudkan? Jawaban atas pertanyaan tersebut ada dalam uraian dibawah ini. Jadi, yuk simak sampai akhir, jangan sampai terlewat ya.

1. Internet

15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia yang pertama adalah internet. Tidak bisa dibayangkan bagaimana kehidupan manusia saat ini jika internet tidak ada. Pasalnya, seluruh lini kehidupan kini seolah tidak bisa terlepas dari keberadaan internet. Termasuk juga untuk menjalankan berbagai aktivitas krusial. Misalnya, transaksi ekonomi, proses pembelajaran, hiburan, media sosial, dn masih banyak pula lainnya.

Boleh dikatakan, internet termasuk dalam jajaran penemuan terbaik yang mampu mempercepat transfer informasi. Melalui internet, seluruh informasi penting dari berbagai belahan dunia menjadi dapat diakses secara cepat. Tergambar jelas betapa pentingnya peran penemuan satu ini terhadap kehidupan manusia.

Penemuan internet itu sendiri terjadi mulai pada tahun 1960. Mulanya, ARPA atau Advance Research Project Agency dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyusun ARPANET. Yakni, sebuah jaringan yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer di seluruh jaringan.

Kemudian, pada tahun 1980, ditemukan situs web atau world wide web sebagai cikal bakal penemuan internet. Hingga akhirnya, suatu web browser awal dirilis tahun 1992 dan bisa digunakan oleh publik. Berangkat dari kondisi tersebut, sampai saat ini internet telah mengalami perkembangan yang pesat.

2. GPS

15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia selanjutnya, yaitu GPS. Siapa yang tidak mengenal GPS. Ya, Anda menjadi bisa mengetahui lokasi tertentu di berbagai belahan bumi melalui peta digital dengan GPS. Yang mana GPS akan menyelaraskan lokasi di permukaan bumi dengan sinyal satelit. Jika GPS ini tidak ada, maka maps yang saat ini banyak digunakan oleh umat manusia tidak bisa beroperasi. Sama halnya dengan internet, penemuan satu ini pun mempunyai peran yang signifikan dalam kehidupan manusia.

Kini, jika Anda ingin bertemu dengan orang tertentu di lokasi X misalnya, hanya perlu share location, maka pertemuan bisa berlangsung. Praktis sekali, bukan? Bayangkan, jika GPS tidak ditemukan, kemungkinan besar manusia akan kesulitan dalam menemukan lokasi tempat-tempat tertentu.

Satelit GPS ini dirilis pada tahun 1978. Mulanya, hanya dikhususkan untuk keperluan militer oleh militer Amerika Serikat. Akan tetapi, seiring perkembangan waktu, ternyata eksistensi dari penemuan satu ini banyak digunakan oleh umat manusia di dunia.

Baca :   5 Hal yang Akan Terjadi di Era Revolusi Industri 4.0

3. Layar Sentuh

15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia berikutnya, yakni layar sentuh. Sebagian besar ponsel pintar sekarang ini menggunakan layar sentuh untuk bagian layarnya. Penggunaan touchscreen sedemikian rupa dinilai lebih praktis untuk memudahkan manusia. Smartphone menjadi tidak perlu lagi dibekali dengan keyboard tambahan untuk bisa digunakan. Cukup dengan keyboard pada layar sentuh, pengetikan bisa dijalankan.

Penemu layar sentuh ini adalah insinyur dari Inggris, EA Johnson, tepatnya tahun 1965. Mulanya, yang dilakukan adalah penyederhanaan input ke komputer. Sampai akhirnya muncul teknologi touchscreen. Dalam prosesnya, memerlukan waktu yang lama hingga mampu menghadirkan layar sentuh yang berukuran lebih kecil serta mampu diaplikasikan dalam smartphone.

4. Televisi

Televisi termasuk dalam 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Bagaimana tidak, kehadirannya sampai saat ini menghiasi kehidupan umat manusia. Menjadikan manusia tidak lagi harus memerangi kebosanan yang datang. Sebab, telah hadir hiburan melalui televisi. Yang mana kini sudah ada pula televisi berlangganan untuk dapat menjumpai berbagai channel yang lebih beragam.

Cukup dengan menyambungkan televisi dengan listrik, maka acara sudah bisa disaksikan. Ketika sedang suntuk, manusia bisa menyalakan televisi untuk kembali ceria. Ukurannya pun beragam, seiring dengan perkembangannya. Jika menginginkan yang praktis, maka bisa memilih televisi mini yang simple, tanpa menghilangkan unsur hiburan di dalamnya. Lalu, siapa sebetulnya penemu dari teknologi satu ini?

Televisi dikembangkan oleh banyak ahli. Hingga akhirnya mampu mewujudkan satu bentuk televisi penuh yang sempurna. Eksistensinya mulai populer pada abad ke-21. Selain hiburan, televisi pun dijadikan sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi dan iklan.

5. Pesawat

Kemudian, ada pesawat yang juga termasuk dalam 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Dewasa ini, orang banyak memanfaatkan pesawat untuk memangkas waktu perjalanan. Dalam artian, yang semula jaraknya jauh dan memerlukan waktu yang lama untuk sampai, menjadi bisa lebih cepat ditempuh. Manusia menjadi tidak lagi bosan dalam perjalanan jauh yang memakan waktu lama.

Jarak antar pulau pun menjadi bisa ditempuh secara lebih cepat dibandingkan saat menggunakan kapal sebagai moda transportasi. Perjalanan antar negara juga menjadi tidak terkendala. Ketika pesawat belum ada, untuk menempuh perjalanan laut, manusia hanya dapat menggunakan kapal. Bisa dibayangkan, akan sangat lama saat Anda ingin pergi dari Indonesia ke negara di lain benua, misalnya.

Pesawat ini ditemukan oleh Wright Brothers, yakni Orville Wright dan Wilber Wright. Mulanya, keduanya merupakan pengusaha sepeda. Sampai akhirnya mampu mengembangkan sebuah Wright Flayer sebagai pesawat yang diterbangkan pertama kali, tahun 1903. Selaras dengan perkembangn teknologi, penemuan satu ini pun terus mengalami perkembangan.

Baca :   Mengupas Konsep Ekonomi Kebutuhan dan Kelangkaan

6. Telepon

Telepon, media komunikasi yang sering digunakan manusia dewasa ini. Penemuan ini termasuk dalam 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Bagaimana tidak, yang semula jaraknya jauh, menjadi bisa saling berkomunikasi dengan kehadiran penemuan ini. Bahkan, telepon pun telah mengalami perkembangan yang signifikan sampai mampu meluncurkan berbagai terobosan smartphone modern dengan berbagai fitur.

Fungsi dari telepon juga semakin kompleks. Jika pada mulanya hanya untuk berkomunikasi, sekarang bisa pula menjadi media untuk menghibur pemiliknya. Pasalnya, fiturnya semakin banyak. Tidak terkecuali dengan adanya media sosial yang dapat diakses melalui telepon. Siapa penemu alat komunikasi satu ini? Benar, Alexander Graham Bell.

7. Plastik

Bagaimana bisa plastik yang ditemukan oleh Alexander Parkes tahun 1862 ini masuk dalam 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia? Sebab, plastik menjadi komponen yang banyak digunakan oleh manusia. Bahkan, mendominasi kehidupan manusia kini. Untuk kebutuhan konsumsi, kebersihan, dan lainnya, seolah tidak bisa terlepas dari plastik. Semakin banyak pula yang menggunakan plastik lantaran dinilai plastik. Rata-rata kemasan makanan pun memakainya.

Akan tetapi, selain kepraktisannya, plastik juga bisa menimbulkan dampak kurang baik untuk lingkungan. Yang mana karena tidak ramah lingkungan, menjadi sulit terurai. Dalam artian, terlepas dari jenis plastik yang ramah lingkungan. Semakin banyak sampah plastik yang dihasilkan, membuat kelestarian lingkungan hidup semakin terancam. Apalagi dengan masih tingginya kecenderungan pembuangan sampah plastik di sembarang tempat membuat permasalahan lingkungan semakin serius. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menggunakan plastik secara bijak untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Jangan lupa pula untuk membuang sampah plastik hanya pada tempatnya.

8. Mesin Uap

Siapa yang tidak tahu mesin uap, sebuah mesin yang pertama kali ditemukan sebagai tonggak terjadinya revolusi industri. Hal tersebut pula yang menjadikannya masuk dalam 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Penemuan yang ditemukan oleh James Watt ini berperan besar dalam dunia mesin. Tidak terkecuali terhadap perkembangan mesin dalam industri pula. Saat ini, industri menjadi bisa memproduksi secara massal dengan hadirnya berbagai mesin yang relevan terhadap kegiatan usaha yang bersangkutan.

9. Teleskop

Lalu, ada pula teleskop. Alat optik untuk mengamati benda-benda yang letaknya jauh, khususnya benda langit ini tergolong 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Yang mana kehadiran dari penemuan yang ditemukan oleh Galileo Galilei ini mampu menjadikan manusia melihat indahnya galaksi, serta berbagai benda langit lainnya yang menghiasi langit. Ketika momen-momen tertentu misalnya, adanya planet-planet yang nampak, menjadi bisa terlihat lebih jelas dari bumi melalui teleskop.

Baca :   Kelebihan dan Kekurangan Profesi PNS Beserta Daftar Gaji PNS Tahun 2020

10. Mesin Cetak

15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia yang juga menarik, yakni mesin cetak yang ditemukan oleh Johannes Gutenberg. Percetakan secara massal dalam waktu singkat menjadi bisa dilakukan menggunakan mesin ini. Karya yang dibuat melalui perangkat elektronik pun menjadi dapat divisualisasikan menggunakan mesin cetak. Segala bentuk file yang di dalamnya berisi informasi penting pun menjadi dapat dicetak secara mudah.

11. Lampu Pijar

Selanjutnya, terdapat lampu pijar dalam 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Tanpa adanya lampu pijar, penerangan mungkin masih susah. Sebab, lampu ini mampu menjadikan gelapnya malam menjadi terang. Penemunya adalah Thomas Alva Edison.

Saat ini, di berbagai gedung, jalan, rumah, dan lokasi lainnya tidak dapat terlepas dari penggunaan lampu pijar. Selain manfaatnya untuk penerangan, penggunaannya pun boleh dikatakan praktis dan aman.

12. Alat Pacu Jantung

Alat pacu jantung termasuk dalam 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Anda pasti sudah tidak asing dengan eksistensinya. Alat ini ditemukan oleh John Hopps. Mulanya, ia melakukan penelitian mengenai hipotermia serta mencoba memakai pemanas frekuensi radio guna mengembalikan suhu tubuh. Selama percobaan itu, ia menyadari manakala jantung berhenti akibat pendinginan, maka bisa dibantu untuk ‘diaktifkan’ kembali melalui sebuah stimulasi buatan. Yang mana hal ini yang mendasari munculnya alat pacu jantung.

13. Microwave

Lalu, ada pula microwave. Anda pasti sangat familiar dengan keberadaan alat ini. Ditemukan oleh Percy Spencer, manusia menjadi tidak perlu bingung lagi untuk memanaskan makanan. Sebab, telah hadir microwave yang mudah dioperasikan untuk memanaskan makanan.

14. Sinar-X

Berikutnya adalah sinar-x. Sinar-x ditemukan oleh Wilhelm Roentgen. Melalui sinar-x ini, tenaga medis bisa melakukan analisis terhadap penyakit yang diderita manusia. Tidak terkecuali untuk mengetahui apakah ada fraktura dalam tulang, sehingga bisa diberikan penanganan yang tepat.

15. Komputer

Yang terakhir, yakni komputer. Sebuah alat yang banyak digunakan dewasa ini. Keberadaannya pun telah mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga saat ini. Eksistensinya mampu membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Itulah daftar 15 penemuan hebat yang telah mengubah dunia. Pastinya Anda sudah familiar dengan seluruh penemuan yang telah disebutkan, bukan? Ya, penemuan-penemuan tersebut telah berhasil membuat kehidupan umat manusia menjadi semakin mudah.

Akan tetapi, jangan sampai justru berbagai penemuan tersebut mengatur kehidupan manusia. Dalam artian, manusia harus bisa memimpin diri sendiri agar tidak kalah dengan teknologi yang ada. Kita harus belajar dengan menggunakan teknologi seperti teknologi informasi dan komunikasi untuk memaksimalkan akses pada pengetahuan.

You may also like

Leave a Comment