Daftar Jurusan Kuliah di Australia yang Paling Diminati

by Trianilus
0 comment 94 views
Daftar Jurusan Kuliah di Australia yang Paling Diminati

Kamu ingin kuliah di Australia? Sudah tahu belum jurusan kuliah di Australia yang paling diminati mahasiswa Indonesia?

Ya, Australia merupakan salah satu negara yang paling diincar sebagai tujuan kuliah para calon mahasiswa di Indonesia. Negara yang dijuluki negeri Kanguru ini memiliki universitas-universitas kelas wahid, seperti Australian National University, University of Melbourne dan University of Sydney.

Untuk kamu yang ingin kuliah di Australia, tidak ada salahnya terlebih dahulu mencari informasi tentang jurusan yang paling diminati di sana. Terlebih, kamu saat ini masih bingung jurusan apa yang bakal kamu geluti selama studi di Australia.

Ada banyak jurusan kuliah yang disediakan oleh universitas-universitas di Australia. Namun, ada 9 jurusan yang menjadi favorit tidak hanya mahasiswa Australia, melainkan juga mahasiswa internasional, termasuk yang berasal dari Indonesia. Apa saja 9 jurusan tersebut?

Berikut 9 jurusan kuliah yang paling diminati di Australia. Selain itu, kami sajikan pula 3 universitas unggulan di Australia.

Daftar Jurusan Kuliah di Australia yang Paling Diminati

1. Manajemen bisnis

Jurusan manajemen bisnis atau business management masih menjadi primadona bagi mahasiswa dari Australia maupun mahasiwa asing. Lulusan jurusan ini diharapkan menjadi pimpinan atau tim manajerial perusahaan-perusahaan ternama. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mendirikan perusahaan atau bisnis sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Adapun universitas yang menawarkan jurusan manajemen bisnis, di antaranya Monash University, Victoria University dan University of Sout Australia.

2. Ilmu kedokteran

Ilmu kedokteran atau medicine menjadi jurusan kedua yang paling diminati di Australia. Salah satu alasan ilmu kedokteran menjadi jurusan paling diminati adalah sistem pembelajarannya yang mengandalkan metode self-directed learning. Metode ini mengharuskan mahasiswa lebih banyak belajar di laboratorium dan praktikum.

Baca :   Silabus Bahasa Inggris SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Untuk Kelas 7,8,9

Ya, belajar ilmu kedokteran memang membutuhkan banyak praktikum agar lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Pada umumnya, mahasiswa ilmu kedokteran menyelesaikan studinya selama 5-6 tahun. Adapun universitas di Australia yang terkenal dengan jurusan ilmu kodekteran, di antaranya University of New South Wales dan Charles Sturt University.

3. Kedokteran gigi

Kedokteran gigi atau dentistry menjadi jurusan kuliah ketiga yang paling diminati di Australia. Mahasiswa harus menjalani studi 5 tahun untuk lulus dari jurusan ini.

Kodekteran gigi digandrungi karena dilengkapi oleh inovasi dan teknologi pendukung yang terus mengalami perkembangan. Selain itu, mahasiwa kedokteran gigi dapat mengambil jurusan spesialis seperti orthodontics atau periodontics.

Adapun universitas dengan jurusan kedokteran gigi yang paling direkomendasikan adalah Charles Sturt University dan CQ University.

4. Pendidikan

Tidak sedikit mahasiswa internasional di Austalia yang memilih jurusan pendidikan (education). Ya, universitas-universitas di Australia memang terkenal mencetak lulusan yang terampil dan profesional baik berupa guru maupun dosen.

Mahasiswa pendidikan di sana tidak hanya diajari teori mendidik, melainkan juga didorong untuk memiliki keterampilan (skill) dan inovasi yang berbasis teknologi, kreatif dan out of the box.

Universitas yang paling terkenal dengan jurusan pendidikan di Australia adalah University of South Australia dan Mazquarie University.

5. Akuntansi

Universitas-universitas di Australia telah banyak menelurkan lulusan akuntansi (accounting) yang berperan besar di perusahaan-perusahaan elit dunia. Jika kamu memiliki minat di dunia pengelolaan uang dan angka, jurusan ini sangat cocok untukmu.

Baca :   20 Universitas Terbaik di Dunia

Kamu dapat berkuliah di University of Technology atau Macquarie University untuk mengambil jurusan akuntansi. Sebab, dua universitas ini dari dulu hingga sekarang selalu menjadi primadona bagi calon mahasiswa yang berminat mengambil jurusan akuntansi.

6. Teknik

Jurusan teknik di Australia telah diakui dunia. Bahkan, jurusan ini memiliki akreditasi dan predikat yang setara dengan universitas-universitas di Amerika Serikat, Jepang hingga UK. Tidak heran bila dari waktu ke waktu, pemerintah Australia terus-menerus dan berkelanjutan mendukung fasilitas pembelajaran bagi jurusan teknik.

Adapun rekomendasi universitas unggulan yang menyediakan jurusan teknik di antaranya University of Melbourne dan University of Southern Quessland.

7. Hukum

Kualitas jurusan hukum (law) di Australia sudah terkenal dan diakui dunia. Tiga hal utama yang akan kamu pelajari jika memilih jurusan hukum di Negeri Kanguru ini, yakni: berpikir logis, creative problem solving dan komunikasi efektif.

Ada tiga universitas di sana yang terkenal dengan jurusan hukum, yakni Victoria University, Bond University dan University of Wllingong.

8. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi atau Information Technology (IT) juga menjadi jurusan favorit di Australia. Jurusan ini terus mengalami kemajuan seiring dengan pesatnya pertumbuhan perusahaan teknologi.

Dua universitas unggulan di Australia yang memiliki jurusan teknologi informasi adalah Sturt University dan University of New South Wales.

9. Creative Art and Design

Satu lagi jurusan yang paling digandrungi oleh mahasiswa internasional di Australia adalah yang berkaitan dengan creative arts and design. Dari tahun ke tahun, jurusan-jurusan yang berhubungan dengan seni dan desain seperti visual art, performing art, craft, visual komunikasi hingga desain grafis ini terus mengalami peningkatan.

Adapun universitas yang paling diincar oleh calon mahasiswa penyuka seni dan desain ini adalah University of Wollongong.

Baca :   Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa

Mengenal 3 Universitas Unggulan di Australia

Setelah mengetahui 9 jurusan kuliah yang paling diminati di Australia, ada baiknya kamu juga mengetahui 3 universitas unggulan di negara tersebut. Apa saja?

Pertama, Australian National University. Universitas yang berlokasi di Canbera ini merupakan universitas terbaik peringkat pertama di Australia. Sementara untuk peringkat dunia, universitas ini bertengger di peringkat ke-29 versi QS University Rangkings 2020.

Australian National University telah menghasilkan lulusan 49 sarjana Rhodes (beasiswa master di Oxford), dua perdana menteri Australia, 30 duta besar Asutralia dan lebih dari sepuluh kepala departemen pemerintahan di Australia.

Kedua, University of Melbourne. Universitas yang terletak di Melbourne ini selalu menjadi favorit mahasiswa Indonesia dan mahasiswa-mahasiswa dari negara lain di dunia. Ya, sebanyak 40 persen ‘penghuni’ University of Melbourne adalah mahasiswa internasional.

Universitas of Melbourne sejak dulu hingga sekaang terkenal dengan riset, pembelajaran dan pengajarannya. Tidak heran jika universitas yang bertengger di peringkat ke-38 universitas terbaik dunia ini termasuk dalam ‘Group of Eight’, koalisi universitas peneliti di Australia.

Ketiga, University of Sydney. Universitas tertua di Australia ini termasuk dalam 5 universitas teratas di dunia yang lulusannya mudah mendapatkan pekerjaan.

University of Sydney pernah mendidik tujuh orang perdana menteri Australia. Universitas terbaik ke-42 dunia ini tidak hanya terkenal dengan kualitas akademiknya, melainkan juga keindahan kampusnya yang dibalut dengan gaya arsitektur kuno dan taman hijau yang luas.

Demikian ulasan tentang daftar jurusan kuliah yang paling diminati di Australia beserta universitas unggulan di negara tersebut. Bagaimana menurut kamu? Semakin tertarik untuk kulian di Negeri Kanguru? Ingat, pilih jurusan yang sesuai dengan minat kamu ya agar kuliahnya lancar dan lulus tepat waktu.

You may also like

Leave a Comment