Daftar / List Website Resmi Kemendikbud

by Shara Nurrahmi
0 comment 97 views
Daftar/ List Website Kemendikbud Resmi

Di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia terdapat berbagai website Kemendikbud.  Situs-situs ini telah dirilis berbasis dalam jaringan (online).untuk memudahkan dunia pendidikan. Baik itu tenaga pendidik, siswa, orang tua, maupun masyarakat secara umum. Dengan situs ini, siapapun tanpa terbatas ruang bisa mengakses konten yang bermanfaat, mengetahui program apa saja yang sedang digalakkan oleh Kemendikbud, dan mengupdate berita terbaru dalam ranah pendidikan di Indonesia.

Akan tetapi, dewasa ini banyak website palsu yang serupa, tetapi tidak kredibel. Sudah seharusnya kewaspadaan ditingkatkan dalam menyikapi hal yang demikian. Sebab, informasi yang berada di dalam website tiruan atau palsu tersebut belum tentu valid. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri yang melekat dalam website Kemendikbud.

Ciri-Ciri Website Kemendikbud

Ciri yang paling menonjol sebagai pembeda antara website Kemendikbud dengan website yang tidak resmi adalah tidak adanya iklan yang bersifat komersil dalam website pemerintah. Website resmi lebih menyorot konten di dalamnya daripada mengutamakan keuntungan belaka.

Selanjutnya, yang tidak kalah pentingnya adalah bilah alamat. Situs resmi telah terverifikasi bahwa alamat dan kontennya aman. Di dalam website resmi Kemendikbud, terdapat informasi mengenai visi misi Kemendikbud, struktur organisasi, tugas dan fungsi, daftar pejabat di lingkungan pendidikan dan kebudayaan, serta berbagai informasi lain yang kredibel.

Baca :   Pengertian Literatur dan Jenis-jenisnya

Yang perlu diperhatikan pula, setiap situs resmi besutan Kemendikbud pasti memiliki domain dengan embel-embel .kemdikbud.go.id. Ketika tidak suatu website tidak mengandung domain alamat tersebut, maka bukan milik Kemendikbud.

Semua program yang disajikan di dalam website Kemendikbud sangat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila penggerak pendidikan, terutama tenaga pendidik, tidak menggunakannya.

Daftar Website Kemendikbud Resmi

Website utama yang diluncurkan oleh Kemendikbud adalah portal dengan domain kemdikbud.go.id. Di dalamnya, banyak sekali layanan dan informasi yang mengedukasi. Portal utama yang disediakan dalam website tersebut berisi mengenai informasi public, Government Public Relations (GPR), pengumuman terbaru terkait pendidikan, berita terkini dunia edukasi, siaran pers untuk publik, program menteri menyapa, program buku terbitan, infografis, foto serta video sebagai dokumentasi kegiatan yang dilakukan.

Selain website utama, kementerian ini juga menyediakan portal-portal website Kemendikbud lainnya dengan sub-sub dan tujuan tertentu. Berikut akan diuraikan secara lengkap mengenai website-website rancangan Kemendikbud Indonesia sebagai referensi, sehingga ketika Anda membutuhkan, tidak perlu bingung. Website ini juga dapat digunakan oleh siswa untuk mencari NISN ketika dibutuhkan.

http://paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Website ini merupakan portal resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas) sebagai unit pelaksana teknis dari Kemendikbud di bidang pengembangan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Baca :   Puisi Balada: Pengertian, Ciri-ciri, Cara Membuat dan Contoh

Lembaga ini bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan terkait PAUD dan Dikmas.

Di dalam portal website ini, tersedia pelayanan terpadu terkait Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), seperti informasi bantuan, artikel pendidikan, data statistic Dapodik Paud dan Dikmas, berita terkini, dan lainnya yang sangat menunjang pengembangan dua aspek yang menjadi fokusnya.

http://pgdikdas.kemdikbud.go.id

Sebagai portal resmi pendidikan dasar dan menengah, website ini merupakan pelaksanaan amanat undang-undang mengenai keterbukaan informasi public di bidang pendidikan dasar dan menengah.

Dengan diluncurkannya website resmi ini, diharapkan website ini dapat digunakan sebagai media informasi untuk masyarakat luas, khususnya guru sebagai tenaga pendidik, dalam mengakses berbagai informasi dan kebijakan terbaru mengenai pelaksanaan pengembangan pendidikan dalam ranah pendidikan dasar dan menengah.

http://cpns.kemdikbud.go.id

Website ini adalah portal resmi yang berfungsi untuk memberikan layanan pendaftaran CPNS Online dalam Kemendikbud.

Pengadaan website dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran calon pegawai negeri sipil dan memenuhi semua persyaratan yang ada. Misalnya lulusan

tertentu dengan syarat lainnya.

http://pddikti.kemdikbud.go.id

Portal resmi ini memudahkan pencarian informasi terkait perguruan tinggi di Indonesia. Tidak hanya data mengenai perguruan tinggi, website ini pun menampilkan layanan pencarian terkait data program studi, data dosen, dan data mahasiswa.

Dengan mengakses website ini, Anda juga bisa menemukan data statistis mengenai perguruan tinggi, seperti jajaran program studi dengan program studi terbanyak yang ada di Indonesia, provinsi dengan jumlah guru besar terbanyak, dan lain sebagainya.

Baca :   Pengertian Minat Belajar & Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar

Bagi calon mahasiswa, kehadiran PD-Dikti ini akan sangat memudahkan Anda dalam mencari data kampus impian di Indonesia.

http://gtk.data.kemdikbud.go.id

Website ini dapat digunakan untuk mencari status Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) untuk seorang GTK.

Dalam daftar tersebut, telah diuraikan mengenai daftar situs resmi Kemendikbud. Diharapkan, artikel ini dapat menambah literasi Anda. Selain itu, ciri-ciri yang telah diuraikan pun dapat digunakan sebagai patokan untuk menentukan platform resmi dari Kemendikbud. Sehingga tidak tertipu website yang abal-abal.

You may also like

Leave a Comment