Download PTK Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

by Juliana Lestari
0 comment 141 views
Download PTK Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

Contoh PTK SMP diperlukan agar lebih jelas dalam memahami maksud jenis penelitian tersebut. Artikel ini membahas penelitian tindakan kelas mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 jenjang SMP. Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 menganut pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Setiap guru tentunya menginginkan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk siswanya. Oleh sebab itulah diperlukan sebuah penelitian tindakan kelas untuk mengumpulkan data keberhasilan dan kendala yang dihadapi.

Memperbaiki Pembelajaran Bahasa Indonesia K13 dengan PTK

Penelitian ini dilakukan oleh tenaga pendidik bidang studi Bahasa Indonesia dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan mengenai pelaksanaan kegiatan, tingkat keberhasilan pembelajaran, hingga hambatan yang dialami.

Setelah mengetahui tingkat keberhasilan dan hambatannya, maka disusunlah rencana penyempurnaan. Kurikulum 2013 telah memperbarui kurikulum yang sebelumnya. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 mengedepankan pembelajaran berbasis teks dan sebagai ilmu pengetahuan. Tujuan akhirnya agar peserta didik dapat berkomunikasi secara lisan dan tulisan yang efektif dan efisien.

Baca :   Metode Efektif Pembelajaran Diskusi Kelompok

Pengilmplementasian pembelajaran terkadang belum efektif, sehingga tidak tercapainya tujuan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh sebab itulah, perlu dilakukan PTK yang kemudian menyusun kegiatan penyempurnaan dari kendala yang dialami.

Penyelesaian Masalah dalam PTK Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa dilakukan secara mandiri oleh guru yang bersangkutan. Bahkan, PTK ini bisa dijadikan sebagai bagian dari keseharian pembelajaran. Hal terpenting adalah memahami konsep dari PTK dan mengenali berbagai contoh PTK SMP agar lebih paham pelaksanaannya. Lokasi penelitian bisa dilakukan di kelas yang biasa dipegang.

Waktu dan tenaga dalam penelitian akan mendatangkan manfaat untuk keberhasilan peserta didik. Penelitian ini bisa dijadikan sebagai kegiatan keseharian demi mendapatkan penyempurnaan yang lebih baik lagi.

Kegiatannya berawal dari pengumpulan data, kemudian melakukan penyusunan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi. Memang pekerjaan ini bisa dilakukan seorang diri, namun hasil akan lebih profesional jika dibantu oleh rekan kerja untuk mendiskusikan rencana, evaluasi, dan masukan pada penyempurna selanjutnya.

Contoh PTK SMP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

Artikel ini juga akan mengulas contoh PTK SMP dalam pelaksanaannya. Masalah yang dipilih untuk diteliti merupakan masalah paling penting atau mendesak. Sebelum menentukan apa yang harus diteliti, mengetahui terlebih dahulu data permasalah yang ada ketika pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan topic yang dibahas.

Baca :   Kerja Part Time Ini Bisa Kamu Ambil Sambil Kuliah di Australia

1. Bab 1 – Penelitian Berdasarkan Temuan Masalah

Semua permasalahan sebaiknya dijadikan sebuah tabel dengan membandingkan harapan pencapaian dan kenyataannya. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, dipilihlah masalah terkini paling penting. Kemudian, berikanlah beberapa alasan memilih masalah tersebut dan temukan faktor penyebab timbulnya masalah.

2. Bab 2- Alternatif Pemecahan Masalah Berdasarkan Kajian Teori

Lalu, rumuskan alternatif pemecahan masalah menjadi beberapa poin. Proses tersebut masuk pada tahap kerangka berpikir.

3. Bab 3 – Metode Penelitian Berupa Siklus

Langkah selanjutnya adalah kerangka kerja. Pada prinsipnya kerangka kerja ini hingga tercapainya penyelesaian masalah melalui beberapa siklus. Misalkan saja melakukan penelitian pada sikus I dengan skenario penyelesaian masalah yang dibuat.

Apabila siklus I tidak menunjukkan keberhasilan, maka perlu didiskusikan dengan rekan untuk merencanakan kembali dengan menyempurnakan penyelesaian masalah. Setelah direncanakan kembali skenario, pelaksanaan siklus II dimulai. Pelaksanaan siklus II tersebut apabila belum ditemukan penyelesaian, maka dibuatlah scenario siklus selanjutnya.

4. Bab 4 dan 5 – Pemaparan Data dan Kesimpulan

Pelaksanaan siklus berhenti setelah ditemukannya penyelesaian masalah. Setelah itu, lakukan pemaparan data dan analisa hasil pengumpulan data dengan menggunakan rumus pakem yang valid. Kemudian, akan ditemukan kesimpulan yang mampu menjawab pertanyaan atas masalah tersebut.

Download Katalog Judul & Contoh PTK Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

Link DownloadNama FileFormat
DownloadKatalog judul PTK Bahasa Indonesia SMP Kurikulum.rar
DownloadPeningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak Melalui Teknik Demonstrasi Dengan Media Boneka Upin Dan Ipin Siswa Kelas VII-1 SMP N Tahun Pelajaran 2012/2013.rar
DownloadPeningkatan Kemampuan Reduplikasi dalam Karangan Narasi dengan Metode Tugas Individu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tahun Pelajaran 2015/2016..rar
DownloadPeningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Metode P2R dan Model Berpikir-Berpasangan-Berbagi Pada Siswa Kelas IX SMP N Tahun Pelajaran 2014/2015..rar
DownloadMeningkatan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Teknik Bercerita (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 9 SMP N Tahun Pelajaran 2016/2017).rar
Baca :   Contoh Soal & Pembahasan USBN SD IPA

Penelitian Tindakan Kelas ini cukup penting untuk keberhasilan pendidikan di masa depan. Termasuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang selalu membutuhkan perbaikan agar tercapainya hasil optimal sesuai tujuan Kurikulum 2013. Penelitian ini bisa dipahami lebih lanjut dengan memperbanyak contoh PTK SMP. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment