Download PTK BK SMP Kurikulum 2013

by Juliana Lestari
0 comment 204 views
Download PTK BK SMP Kurikulum 2013

PTK BK SMP Kurikulim 2013 adalah salah satu karya ilmiah yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang muncul di kelas. Dalam rincian kegiatan guru Bimbingan Konseling (BK), membuat karya inovatif, publikasi ilmiah dan  juga melaksanakan pengembangan diri.

Sifat PTK BK SMP Kurikulum 2013

Berbeda dengan karya ilmiah lainnya, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkaitan dengan BK harus mengacu pada beberapa sifat dan karakteristik. Berikut adalah beberapa sifat dan karakteristik dari PTK BK yang terintegrasi materi K13.

1. Masalah Penelitian Dari Guru (Aktual)

BK adalah sebuah mata pelajaran yang berbeda dari lainnya. Di mana fokus utamanya adalah menemukan permasalahan yang dihadapi siswa, serta mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan jenjangnya. Jadi, masalah penelitian harus berasal dari pengamatan guru dan harus aktual, agar bisa selaras dengan penyelesaiannya.

2. Peneliti Utama Adalah Guru BK

Karena merupakan penelitian yang diselenggarakan di kelas, maka guru bukan hanya pendamping tetapi juga berperan sebagai peneliti langsung. Adapun fenomena yang diteliti merupakan hasil pengamatan permasalahan dan hipotesis terhadap siklus penyelesaian berdasarkan landasan teori psikologi dan pengelolaan kelas jenjang menengah.

Baca :   Download PTK PKN SMP Kurikulum 2013

3. Desain Penelitian Fleksibel Menyesuaikan Peserta Didik

Berbeda dengan penelitian yang bersifat kaku, PTK untuk mata pelajaran BK memang sangat fleksibel dan bisa dilakukan dalam beberapa siklus. Tujuan utamanya adalah menyesuaikan kebutuhan peserta didik.

4. Bersifat Segera

Tidak bisa ditunda adalah salah satu karakteristik lain dari sebuah PTK untuk mata pelajaran BK. Mengapa demikian? Karena masalah yang dialami di kelas harus segera diselesaikan agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Bukan hanya soal pemahaman siswa, tetapi urgensi PTK BK yang terintegrasi kurikulum 2013 adalah untuk ketercapaian aktualisasi diri siswa.

5. Dibuat Sesuai Kebutuhan

Salah satu masalah yang kerap muncul saat pembuatan PTK BK adalah merencanakan solusi dulu baru mencari masalahnya. Padahal, seharusnya masalah ditemukan terlebih dahulu, kemudian dianalisis sesuai dengan teori yang ada baru dilanjutkan dengan perencanaan PTK. Jadi, karakteristik ideal dari PTK BK untuk jenjang SMP adalah membuatnya sesuai kebutuhan dan masalah yang terjadi.

6. Analisis Jelas dan Bersifat Langsung

Penelitian di kelas sangat erat kaitannya dengan analisis yang bersifat langsung. Pengaplikasian metode, teknik dan media pembelajaran akan langsung tampak hasilnya dalam paparan data siklus. Oleh karena itulah, analisis juga harus mendalam untuk segera ditindak lanjuti apakah perlu diadakan siklus lanjutan maupun tidak. Apalagi, mata pelajaran BK hanya berlangsung dalam durasi pendek setiap pekannya. Jadi, optimalisasi waktu sangat penting untuk dilakukan.

Baca :   Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kontekstual

Referensi dan Contoh Judul PTK BK SMP Kurikulum 2013

Berdasarkan karakteristik dan sifat di atas, berikut ini adalah beberapa contoh judul PTK BK SMP Kurikulum 2013 yang bisa dijadikan acuan:

  1. Peningkatan Trust Melalui Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas IX SMP Nusa  Indah
  2. Peningkatan Motivasi Belajar Meggunakan Layanan Group Councelling Teknik Modeling Pada Siswa Kelas VIII SMP
  3. Peningkatan Antusiasme Belajar Siswa Kelas VIII Melalui “Smart Board” Kelompok Siswa Kelas IX SMP
  4. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Konseling Trait  And Factor Bagi Siswa Kelas Akselerasi SMP Nusantara
  5. Pengoptimalkan Bimbingan Konseling untuk Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas VII SMP Nagari

Download Katalog Judul & Contoh PTK BK Kurikulum 2013 Doc

File DownloadJudul FileFormat
DownloadKatalog judul PTK BK Kurikulum 2013 SMP.rar
DownloadMeningkatkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas 7f SMP Negeri 3 Tahun Ajaran 2014/2015.rar
DownloadUpaya Meningkatkan Nilai Kemandirian Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas 8 b Smp Negeri 3 Tahun Pelajaran 2015/2016.rar
DownloadMeningkatkan Perilaku Asertif Kelas IX.4 Smp Negeri 2 Melalui Layanan Bimbingan Kelompok.rar
DownloadMeningkatkan Self Eficacy Melalui Konseling Kelompok Realita Pada Siswa Kelas IX.3 Smp Negeri 2 Tahun Pelajaran 2014/2015.rar

Itulah beberapa hal penting tentang PTK BK SMP Kurikulum 2013. Pastikan untuk membuat karya ilmiah yang sesuai dengan masalah siswa agar penyelesaiannya pun dapat berguna bagi aktualisasi diri sesuai dengan komponen Kurikulum 2013.

Baca :   Isi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015

You may also like

Leave a Comment