Download PTK IPA SMP Kurikulum 2013

by Juliana Lestari
0 comment 110 views
Download PTK IPA SMP Kurikulum 2013

PTK IPA SMP Kurikulum 2013 diperlukan untuk pengembangan pembelajaran yang efektif. Tak hanya siswa saja yang harus belajar. Tenaga pendidik juga harus terus belajar, terutama dalam merancang pembelajaran di kelas. Perkembangan zaman selalu menuntut perubahan.

Manusia seakan dituntut untuk menyediakan dan merancang kembali hal yang harus dipersiapkan untuk mencapai tujuan, seperti halnya perubahan kurikulum dalam pendidikan. Dalam kurikulum 2013 gurulah yang merancang proses pembelajaran yang akan dilakukan.

Ketercapaian PTK IPA SMP Kurikulum 2013

Proses pembelajaran yang dirancang guru menentukan keberhasilan peserta didik dalam mencapai prestasi.  Proses pembelajaran seringkali bervariasi menyesuaikan kebutuhan topik. Oleh karena itulah, Penelitian Tindakan Kelas yang akan berperan untuk mengetahui seberapa efektif ketercapaian pembelajaran.

Selain itu, dapat memberikan penyelesaian secara akurat mengenai pembelajaran yang berkualitas untuk kedepannya. Kurikulum 2013 mengharuskan siswa belajar secara mandiri karena memang dituntut untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa. Seringkali guru memfasilitasi gambar ataupun video untuk mendekatkan siswa dengan bahan materinya tersebut.

Siswa akan lebih memahami pembelajaran IPA jika bisa membayangkan apa yang sedang dipelajarinya. Model pembelajaran juga bervariasi mulai dari kooperatif learning, pembelajaran kontekstual, discovery learning, problem based learning, hingga project based learning.

Baca :   Download PTK Matematika SMP Kurikulum 2013

Semua model tersebut mungkin memiliki kekurangan saat diterapkan dalam kondisi tertentu pada mata pelajaran IPA. Keefektifan pembelajaran IPA ditentukan oleh berbagai faktor, jadi tidak bisa dipukul rata efektivitas suatu model antar mata pelajaran. Dengan PTK IPA SMP Kurikulum 2013, guru bisa mengetahui kekurangan model tersebut dan pada akhirnya mengetahui penyelesaian atas kekurangan dalam pembelajaran tersebut.  Jadi guru juga harus belajar mellaui penelitian untuk memecahkan suatu masalah.

Terdapat 4 hal yang membedakan mengenai siapa, dimana, bagaimana, dan mengapa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan oleh para pelaksana kegiatan yang bersangkutan. Penelitian ini dilaksanakan di lokasi lingkungan kerja sendiri. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif.

Hal yang diteliti dengan pendekatan kualitatif ini adalah seluruh proses kegiatan penelitian berlangsung. Prosesnya tersebut juga perlu digali lebih mendalam dengan wawancara ataupun angket. Dampak penerapan kegiatan tersebut juga bisa diketahui hasilnya dan bisa disimpulkan tingkat keberhasilannya.

Berbeda dengan penelitian jenis lainnya ada yang menggunakan pendekatan kualitatif beserta hubungan sebab akibat antar variable. Penelitian Tindakan Kelas tujuannya mendapatkan hasil yang positif dari penyempurnaan pembelajaran.

Berbeda pula dengan jenis penelitian lainnya yang bermaksud untuk menyimpulkan dan menggeneralisasikan. Pada prinsipnya Penelitian Tindakan Kelas ini menggabungkan konsep kegiatan penelitian dnegan hasil penelitian. Terbentuknya spiral antara rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang timbal balik.

Contoh Judul PTK IPA Terpadu Tingkat SMP Kurikulum 2013

Berikut adalah beberapa contoh judul  PTK IPA Terpadu tingkat SMP dengan kurikulum 2013:

  1. Penggunaan Media “Flat Mirror” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Melukis Bayangan Benda (Tinggi Dan Jarak) Pada Konsep Pemantulan Cahaya.
  2. Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Zoom Quantum Learning pada Materi Hukum Newton Peserta Didik Kelas VIII-Y Semester I SMP Nusa Indah 3 Tahun Pelajaran 2019/2020.
  3. Penggunaan “Smart Flash” Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerapkan Keterampilan Menghitung Gerak Lurus Beraturan (GLB) (Penelitian Tindakan Kelas  Terhadap Siswa Kelas IX-Z SMP Sambosa Tahun Pelajaran 2019/2020)
  4. Penggunaan Metoda “Jigsaw Berhadiah” Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Ekskresi Manusia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Dorowati Pajang.
  5. Penggunaan  Model Cirle Bright Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sistem Koordinasi Dan Alat Indera Manusia  Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Dorowati Pajang.
Baca :   Tata Krama Siswa: Pengertian, Perwujudan, Komunikasi dan Jenis-Jenis

Referensi Judul dan Contoh PTK IPA Terpadu Tingkat SMP Kurikulum 2013 Format Doc

Link DownloadJudul FileFormat
DownloadKatalog Judul PTK IPA Terpadu Tingkat SMP Kurikulum 2013.rar
DownloadPenggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Tekanan Siswa Kelas 8.3 Semester II SMP Tahun Ajaran 2015/2016.rar
DownloadUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas IK-A Semester 2 Smp Negeri Tahun Ajaran 2016/2017.rar
DownloadPemanfaatan Physics Courseware Sebagai Media Pembelajaran Fisika Guna Meningkakan Minat Belajar Siswa Kelas IX-1 Pada Materi Arus Listrik Di Smpn 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.rar
DownloadPenerapan Model Pembelajaran Tps (THINK Pa Ir Share) Menggunakan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas IX.2 Smpn 1 Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pokok Listrik Statis Tahun Pelajaran 2014/2015.rar

Konsep Penelitian Tindakan Kelas ini berkaitan dengan penyusunan rencana ulang apabila terdapat hasil yang tidak diharapkan. Jika hasil tak sesuai harapan berarti prosesnya terdapat kendala yang harus diperbaiki untuk lebih sempurna.

Letak perbedaan PTK IPA SMP Kurikulum 2013 ini pada proses penyempurnaan penyelesaian masalah. Masalah dianggap selesai apabila penelitian menunjukkan hasil sesuai harapan. Jika hasil telah sesuai dengan harapan, maka penelitian akan berhenti atau selesai.

Baca :   Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kepala Sekolah

You may also like

Leave a Comment