Download PTK Matematika SMP Kurikulum 2013

by Juliana Lestari
0 comment 192 views
PTK Matematika SMP Kurikulum 2013

PTK Matematika SMP Kurikulum 2013 seringkali dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran yang lebih baik. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila tujuan Kurikulum 2013 telah tercapai. Berbagai model pembelajaran diterapkan pada mata pelajaran matematika. Dari sekian model pembelajaran mungkin memiliki kekurangan yang bisa membuat ketidakberhasilan dalam mencapai hasil optimal. Setiap model pembelajaran juga harus disesuaikan dengan topic pelajarannya.

Mengapa Mata Pelajaran Matematika Butuh PTK?

Pembelajaran matematika pada Kurikulum 2013 juga diterapkan belajar berpusat pada siswa. Dengan demikian, siswa bisa belajar secara mandiri. Entah itu dapat mencari materi sendiri atau belajar secara otodidak.

Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, mata pelajaran matematika juga membutuhkan model pembelajaran. Berbagai topic yang ada dengan tingkat kesulitan yang berbeda mungkin cara penerapan model pembelajarannya juga tak bisa disama ratakan.

Matematika bisa dipermudah dengan alat bantu atau peraga yang memudahkan siswa membayangkan apa yang dimaksud. Seperti halnya balok, kubus beserta sisi rusuk, dan lain sebagainya akan lebih mudah dipahami siswa ketika mengetahui secara nyata bentuknya.

Penerapan model pembelajaran matematika tak hanya satu macam, bahkan terdapat berbagai macam pilihan. Berbagai faktor penentu keberhasilan siswa dalam mencapai hasil optimal juga turut mempengaruhinya.

Baca :   Download PTK BK SMP Kurikulum 2013

Model pembelajaran matematika juga bisa dikembangkan secara kreatif demi keberhasilan siswa. Pengembangan model pembelajaran tersebut juga harus diketahui kelayakan atau keberhasilannya dalam mencapai tujuan.

Standar ketuntasan juga menjadi ukuran keberhasilan pembelajaran. Tercapainya keberhasilan pembelajaran perlu diketahui dengan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK matematika SMP Kurikulum 2013. Apabila belum bisa disimpulkan adanya keberhasilan pembelajaran, maka perlu dirancang penyelesaian baru yang bersifat menyempurnakan pembelajaran tersebut. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan hingga ditemukannya pembelajaran yang dinyatakan berhasil.

Bagaimana Penentuan Fokus PTK Matematika SMP Kurikulum 2013?

Pada prinsipnya, PTK matematika SMP Kurikulum 2013 ini menemukan mengidentifikasi fokus masalah terlebih dahulu dengan pengumpulan data, analisis interpretasi data, penyusunan rencana, dan pelaksanaan.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data terdiri dari beberapa 3 tahap yang bersifat primer yakni pengalaman, pengungkapan, dan pengujian. Pengalaman ini dilakukan oleh tenaga pendidik sendiri berupa observasi. Pelaksanaan observasi ini bisa dilakukan ketika pembelajaran berlangsung, jadi penelitiannya lebih bersifat luwes dan apa adanya.

Terdapat berbagai macam observasi diantaranya, observasi partisipatif, khusus, dan pasif. Observasi partisipatif ini dilakukan oleh pihak guru sendiri ketika berlangsungnya pembelajaran. Sedangkan, observasi pasif ini perannya hanya sebagai pengumpul data.

Selain pengumpulan data ini berdasarkan pengamatan, juga bisa dilakukan secara pengungkapan, seperti halnya wawancara, edaran angket, dan tes standar. Pembuktian secara documentary ini diantaranya dokumen arsip, peta, benda sejarah, audio, jurnal, dan catatan lapangan.

Baca :   Hal Penting yang Wajib Diketahui Jika Ingin Kuliah di Australia

Syarat Pengumpulan Data

Terdapat berbagai persyaratan pengumpulan data agar hasil kredibel diantaranya validasi, reliabilitas, kebergunaan, dan etika. Validasi pengumpulan data yang akan dilakukan ini terdiri dari keterpercayaan dan keterpahaman. Keterpercayaan tersebut bisa ditandai dengan beberapa karakteristik diantaranya, kredibilitas, transferabilitas, keabsahan, dan konfirmabilitas.

Kredibilitas ini berkaitan dengan pemahaman peneliti terhadap apa yang ditemukan. Transferabilitas ini berkaitan dengan sejauh makna diterapkannya. Keabsahannya ini menunjukkan kebenaran. Konfirmabilitas menggambarkan keadaan nyata. Sedangkan, keterpahaman ini meliputi validasi deskriptif, interpretative, teoritis, kebergunaan, dan evaluatif.

Download Katalog Judul & Contoh PTK Matematika SMP Kurikulum 2013

Link DownloadNama FileFormat
DownloadKatalog Judul & Contoh PTK Matematika SMP Kurikulum 2013.rar
DownloadEfektivitas Model Pembelajaran Interaktif Dengan Pertanyaan Pengarah (PROMPTING Question) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII E SMP Negeri dalam Materi Pokok Garis Dan Sudut.rar
DownloadEfektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (TEAMS Games Tournament) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.rar
DownloadImplementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX.7 SMP N dalam Materi Pokok Sifat-Sifat Tabung, Kerucut Dan Bola Serta Menentukan Ukurannya.rar
DownloadMeningkatkan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Pokok Perbandingan Bertingkat Kelas IX-F Semester Gasal SMP Negeri Tahun Pelajaran 2016/2017.rar
DownloadImplementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII-2 SMPN dalam Materi Pokok Penggunaan Keliling Dan Luas Segitiga Dan Segiempat Dalam Pemecahan Masalah Tahun Pelajaran 2015/2016.rar
Baca :   Download PTK Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

PTK matematika SMP Kurikulum 2013 telah dijelaskan dalam artikel ini. Pendidikan di Indonesia harus terus berkembang untuk mencerdaskan generasi penerus. Masa depan bangsa ada di tangan generasi penerus, sehingga penerapan pembelajaran juga harus berkualitas menghasilkan keberhasilan yang nyata.

You may also like

Leave a Comment