Instrumen Akreditasi SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK Tahun Pelajaran 2019/2020

by Juliana Lestari
0 comment 218 views
Instrumen Akreditasi SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2019

Untuk menjamin mutu dan kualitas pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan instrumen akreditasi 2019. Mengacu pada Permendikbud tahun 2012, akreditasi diselenggarakan demi memenuhi standar pendidikan nasional. Akreditasi ini berlaku bagi program pendidikan dasar hingga menengah yang ada di tanah air. Guna menjaga kualitas pendidikan, setidaknya ada 8 instrumen akreditasi yang diberlakukan.

I. Standar Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana menjadi instrumen akreditasi yang wajib dipenuhi oleh program pendidikan formal. Komponen penilaian meliputi kelengkapan sarana pendukung proses belajar dan mengajar. Sekolah mesti memfasilitasi dan menyediakan sarana berupa tempat ibadah, bengkel kerja, perpustakaan, laboratorium, maupun area rekreasi.

Semua sarana pendukung kegiatan harus mudah diakses oleh seluruh siswa dan siswi. Ketersediaan teknologi informasi maupun komunikasi akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Poin ini penting diperhatikan pihak sekolah dalam penyelenggaraan program pendidikan dasar maupun menengah.

II. Standar Penilaian Pendidikan

Pemerintah melalui Kemendikbud telah menetapkan instrumen penilaian yang menjadi acuan dan standar nasional. Di dalamnya terdapat instrumen penilaian untuk evaluasi hasil belajar peserta didik. Pada standar penilaian pendidikan diatur prosedur, mekanisme, maupun instrumen penilaian sesuai standar nasional. Ini berlaku pula bagi program pendidikan satu atap dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

III. Standar Tenaga Pendidik

Tenaga pendidikan menjadi salah satu instrumen standar dalam akreditasi. Kelayakan tenaga pendidik didasarkan pada latar belakang pendidikan linear dengan jabatan. Kesiapan mental dan fisik turut dinilai demi menunjang proses belajar dan mengajar yang mumpuni.

Baca :   Metode Demonstrasi : Pengertian, Kelebihan & Kekurangan

Kriteria pendidikan prajabatan pun menjadi standar kompetensi tersendiri bagi para tenaga pendidik. Dijelaskan lebih lanjut, guru atau tenaga pengajar akan dikelola sebagai aset bersama.

Adapun tenaga pengajar yang bukan bagian dari aset bersama hanya berperan dalam satuan pendidikan tertentu saja. Pada program pendidikan satu atap, asal pendidikan guru tidak diperhitungkan.

IV. Standar Isi

Materi pendidikan atau isi pembelajaran turut dinilai dalam instrumen akreditasi 2019. Sebagai bagian dari instrumen akreditas, standar isi meliputi kajian materi serta kompetensi yang dituangkan. Dalam hal ini, kompetensi tamatan pun menjadi penilaian penting.

Sejauh mana materi yang diberikan berimbas pada para lulusan. Setiap peserta didik pun harus menguasai materi yang disampaikan dan diajarkan pada jenjang pendidikan tertentu. Guna menunjang penyampaian materi, silabus pengajaran pun disusun dan disesuaikan dengan standar nasional. Di samping itu, ada pula kompetensi bahan ajar serta kajian materi untuk melihat perkembangan siswa dan siswi di sekolah.

V. Standar Pembiayaan

Dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengajar, sekolah tentu membutuhkan pembiayaan. Anggaran pembiayaan per tahun harus tertuang dalam laporan akreditas. Nominal yang dihabiskan mesti dilampirkan secara rinci, terutama menyangkut kegiatan belajar dan mengajar.

Dalam Permendikbud dijelaskan dan diatur komponen pembiayaan terkait operasional pendidikan. Bahkan sudah ditetapkan pula standar nasional terkait pembiayaan pendidikan pada tingkat sekolah dasar hingga menengah.

Sekolah formal wajib mencantumkan standar pembiayaan dalam pengajuan akreditasi. Ini berlaku bagi sekolah formal dibawah naungan pemerintah, terhitung mulai dari SD hingga SMA maupun madrasah dan kejuruan.

Baca :   Program Kerja Wakasek / Bidang Kesiswaan SMP dan SMA/SMK

VI. Standar Kompetensi Lulusan

Sekolah perlu mencantumkan kompetensi lulusan sebagai penilaian. Penilaian terhadap lulusan menunjukkan kecakapan terkait pembelajaran. Adapun komponen penilaian meliputi keterampilan, sikap, maupun pengetahuan.

Instrumen akreditasi 2019 ini sebenarnya telah berlaku surut dan berlaku di tahun sebelumnya. Semua sekolah yang terakreditasi menunjukkan adanya kemajuan pada standar lulusan. Ini tentunya didasarkan pada jenjang pendidikan yang ditempuh. Kualifikasi kemampuan lulusan setidaknya menjadi tolak ukur bagi masyarakat maupun pihak sekolah untuk berbenah.

VII. Standar Pengelolaan

Upaya pemerintah untuk memajukan pendidikan nasional memang tak mudah. Demi mencapai tujuan tersebut, pemerintah menetapkan standar pengelolaan. Standar tersebut dijalankan dan dikawal bersama oleh pemerintah daerah maupun nasional.

Dimulai dari tingkat sekolah sampai nasional saling bahu-membahu melakukan perencanaan, pengawasan, hingga pelaksanaan. Semua elemen pemerintahan daerah, seperti kabupaten atau kota dan provinsi pun turut andil.

Langkah ini dimaksudkan untuk mempercepat program pendidikan nasional yang berlaku adil dan merata. Walaupun pada kenyataannya sangat sulit mencapai pemerataan pendidikan. Ini dikarenakan demografis Indonesia yang sangat beragam dan luas.

VIII. Standar Proses

Proses belajar dan mengajar pada satuan pendidikan tertentu dinilai pula berdasarkan pelaksanaan pembelajaran. Komponen ini dikenal sebagai standar proses dalam instrumen akreditasi 2019. Tujuan standar proses sendiri untuk mengetahui keberhasilan standar kompetensi pendidikan tercapai.

Tentu saja nantinya dijadikan evaluasi guna memperbaiki pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif. Sekolah harus terbuka dan transparan dalam hal satu ini. Pasalnya, pemerintah harus mengetahui sejauh mana standar pendidikan nasional yang ditetapkan berhasil di lapangan.

Baca :   Download PTK IPA SMP Kurikulum 2013

Kedelapan instrumen diatas telah dijabarkan secara rinci dan jelas dalam BANSM Kemendikbud. Setiap sekolah formal dari dasar hingga menengah wajib memenuhi kompetensi yang berlaku. Hal tersebut dimaksudkan agar terjadi pemerataan pendidikan yang menjadi hak setiap warga negara. Untuk penjelasan lebih lanjut, pihak sekolah bisa mengakses instrumen akreditas 2019 melalui situs resmi.

Download Instrumen Akreditasi SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK Tahun Pelajaran 2019/2020

Link DownloadNama FileFormat
DownloadKriteria dan Perangkat (Intsrumen) Akreditasi Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadKriteria dan Perangkat (Intsrumen) Akreditasi Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadKriteria dan Perangkat (Intsrumen) Akreditasi Sekolah Menengah
Atas/Madrasah Aliyah (SMA MA) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadKriteria dan Perangkat (Intsrumen) Akreditasi Sekolah Menengah
Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadKriteria dan Perangkat (Intsrumen) Akreditasi Satuan Pendidikan
Kerja Sama Sekolah Dasar (SPK SD) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadKriteria dan Perangkat (Intsrumen) Akreditasi Satuan Pendidikan
Kerja Sama Sekolah Menengah Pertama (SPK SMP) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadKriteria dan Perangkat (Intsrumen) Akreditasi Satuan Pendidikan
Kerja Sama Sekolah Menengah Atas (SPK SMA) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadInstrumen Penilaian (Intsrumen) Akreditasi Satuan Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2019/2020
.PDF
DownloadInstrumen Penilaian (Intsrumen) Akreditasi Satuan Lembaga
Kursus dan Pelatihan (LKP) Tahun 2019/2020
.PDF
Download Instrumen Penilaian (Intsrumen) Akreditasi Satuan Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM) Tahun 2019/2020
.PDF

You may also like

Leave a Comment