Kerja Part Time Ini Bisa Kamu Ambil Sambil Kuliah di Australia

by Trianilus
0 comment 106 views
Kerja Part Time Ini Bisa Kamu Ambil Sambil Kuliah di Australia

Bolehkan kita kerja sambil kuliah di Australia? Boleh, asalkan kita harus memenuhi beberapa syarat. Apa saja? Yuk temukan jawabannya di sini.

Berbeda dengan di Indonesia, bekerja sambil kuliah adalah hal yang wajar dilakukan oleh mahasiswa asing di Australia. Ya, hidup di luar negeri memang gampang-gampang susah. Kamu dituntut mandiri dan memiliki mental sekuat baja untuk menaklukkan berbagai persoalan di sana.

Dengan bekerja, kamu bisa menambah pundi-pundi tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya kuliah. Pendapatan kerja per jam di Australia berkisaran 15 – 25 AUD atau setara Rp 160.515 – Rp 267.525. Cukup banyak, kan?

Memang, pendapatan kerja di Australia cukup banyak, namun biaya kuliah dan hidup di sana juga tidaklah sedikit. Biaya kuliah S1 mencapai 15.000 – 33.000 AUD (Dolar Australia) atau setara Rp 160.515.000 – Rp 353.133.000 per tahun. Sementara S2 dan S3 biayanya mencapai 14.000 – 37.000 AUD atau setara Rp 149.814.000 – Rp 395.937.000 per tahun.

Sementara untuk biaya hidup yang meliputi biaya tempat tinggal, makan, pakaian, transportasi hingga liburan, mahasiswa asing di Australia rata-rata mengeluarkan 1.300 – 1.900 AUD atau setara Rp 13.911.300 – Rp 20.331.900.

Syarat Kerja Sambil Kuliah di Australia

Negeri Kanguru membolehkan mahasiswa asingnya bekerja part time. Namun, mereka harus memenuhi 2 syarat utama, yakni memiliki visa pelajar dan bekerja 20 jam per minggu untuk mahasiswa asing S1 dan 40 jam per minggu untuk mahasiswa asing S2 dan S3. Namun, pada masa liburan, mahasiswa asing baik tingkat S1, S2 maupun S3 diperbolehkan bekerja tanpa batas.

Baca :   Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah

Jika mahasiswa asing tidak memegang visa pelajar, maka dia akan dianggap ilegal. Satu hal lagi yang tak kalah penting yakni mahasiswa asing yang bekerja part time harus meningkatkan atau minimal mempertahankan nilai yang bagus di universtias. Jika nilai akademis tidak memenuhi syarat, maka mahasiswa asing tidak akan mendapatkan izin bekerja part time.

Kerja Part Time yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah di Australia

Mungkin kamu masih bingung, kerja part time apa yang bisa dilakukan sambil kuliah di Australia. Tenang saja, tersedia bermacam-macam pekerjaan part time di Australia yang bisa kamu coba.

Kamu dapat mencari pekerjaan dengan melihat lowongan pekerjaan di papan pengumuman universitas. Ya, universitas-universitas di Australia hingga kini masih mengandalkan cara ini untuk memberikan kesempatan pada mahasiswanya bekerja part time.

Selain itu, kamu bisa mencari pekerjaan dengan bergabung bersama pencari pekerjaan di Australia, seperti seek, jobs, gumtree dan situs-situs penyedia lowongan pekerjaan di Australia lainnya. Situs-situs tersebut gratis dan mudah diakses bagi siapa saja dan di mana pun.

Untuk mengetahui pekerjaan part time apa saja yang bisa lakukan sambil kuliah di Australia, simak ulasan berikut ini.

1. Guru bahasa Indonesia

Perlu kamu ketahui, sekolah-sekolah di Australia mengajarkan bahasa Indonesia ke siswa-siswinya lho. Bahkan, ada beberapa sekolah yang juga mengajarkan bahasa Jawa.

Nah, Kedubes Indonesia di Australia biasanya membuka program volunter atau relawan untuk mengajar bahasa Indonesia di sekolah-sekolah umum. Walau menjadi volunteer, kamu biasanya juga akan mendapat upah dari sekolah atau tempat kamu mengajar. Tentunya, kamu juga mendapatkan pengalaman baru sebagai guru bahasa Indonesia di negeri orang.

Baca :   Daftar / List Website Resmi Kemendikbud

2. Housekeeping

Pekerjaan part time selanjutnya yang bisa kamu coba adalah housekeeping. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah membersihkan kamar hotel. Namun, ada perbedaan housekeeping di Australia dengan di Indonesia.

Di Australia, kamu dituntut untuk kerja cepat dan cekatan. Kamu hanya diberi waktu singkat untuk membersihkan dan merapikan kamar yang akan ditempati, misalnya satu kamar kecil diberi waktu 15 menit. Nah, jika kamu membersihkan dan merapikan kamar lebih dari waktu yang ditetapkan, kamu tidak akan mendapatkan upah.

3. Mystery Shopper

Mystery shopper merupakan pekerjaan yang cukup menarik untuk kamu coba. Pekerjaan apa itu? Mystery shopper ialah pekerjaan mengamati atau melakukan survei kualitas suatu toko.

Sebagai seorang pengamat atau surveyor, kamu harus berpura-pura menjadi konsumen di suatu toko. Kamu kemudian mengecek kualitas produk yang ditawarkan toko tersebut, memerhatikan kebersihan dan kenyamanan toko, serta mengamati cara berkomunikasi si pelayan atau karyawan untuk mengetahui apakah dia memahami toko tempat ia bekerja dan produk yang dijual oleh toko tersebut.

4. Karyawan restoran

Jika kamu memiliki minat di bidang makanan, kamu dapat menjadi koki part time di restoran. Di samping itu, kamu juga bisa menjadi pelayan atau cleaning service di restoran.

Perlu kamu ketahui, ada banyak mahasiswa asing yang menyambi bekerja sebagai pelayan restoran. Jadi, kamu tidak usah malu menekuni pekerjaan ini. Selain upah, kamu biasanya akan mendapatkan makan gratis ketika sedang istirahat. Lumayan kan bisa menghemat biaya makan.

5. Merchandiser

Merchandiser merupakan pekerjaan part time yang cukup mudah dilakukan. Pekerjaan utamanya adalah menawarkan produk minuman ke berbagai restoran, hotel dan supermarket. Kamu biasanya tidak hanya mendapatkan upah dari pekerjaan ini, melainkan juga minuman gratis. Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran.

Baca :   Daftar Jurusan Kuliah di Australia yang Paling Diminati

6. Resepsionis

Resepsionis merupakan pekerjaan part time yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa asing di Australia. Jenis pekerjaan ini bisa ditemukan di hotel, kantor dan lainnya yang membutuhkan orang yang bertugas sebagai penerima tamu.

Perlu diingat, jika kamu ingin menjadi resepsionis, kamu harus mengetahui sistem booking dan juga bisa multitasking. Pelajari dua hal ini agar kamu mudah menjalani pekerjaan sebagai resepsionis.

7. Baby sitter

Berbeda dengan ibu di Indonesia yang rela melepas pekerjaan demi merawat anaknya yang baru lahir. Di Australia, kamu akan menemui masyarakat baik wanita maupun pria yang tetap mempertahankan kariernya dan sibuk bekerja sekalipun telah memiliki anak.

Nah, tidak heran jika masyarakat di Negeri Kanguru banyak yang membutuhkan baby sitter untuk menjaga anaknya selama ditinggal bekerja. Kamu dapat mencoba pekerjaan ini lho.

8. Auction attendee

Bagi kamu yang memiliki bakat di bidang marketing, kamu dapat mencoba bekerja sebagai auction attende. Pekerjaan apa itu? Pekerjaan ini memiliki tugas utama menawarkan barang lelang di berbagai event amal. Hasil jual dari barang lelang ini kemudian disumbangkan ke yayasan sosial.

Nah, dari pekerjaan ini, selain mendapat upah, kamu juga termasuk membantu menyukseskan kegiatan amal untuk yayasan yang membutuhkan. Asyik kan?

Itulah macam-macam kerja part time yang bisa kamu lakukan sambil kuliah di Australia. Ingat, tetap beri perhatian utama pada kuliahmu. Pertahankan atau bahkan tingkatkan nilai akademismu agar tetap bagus sekalipun kamu bekerja sambil kuliah.

Kerja sambil kuliah di Australia akan menjadi peluang bagi kamu untuk menambah pengalaman baru yang menarik. Namun, hal ini juga bisa menjadi tantangan bagi kamu yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

You may also like

Leave a Comment