Materi Dan Contoh Soal Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013

by Storie Navy
0 comment 89 views

Pada pembahasan kali ini mengenai materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8, kurikulum 2013 dan juga terdapat beberapa contoh soal mata pelajarannya. Berbagai materi yang diajarkan di kelas 8 ini meliputi sastra, gaya bahasa, mendongeng, membaca biografi, membaca cerpen, dan juga novel. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ringkasan materi yang berikut ini:

Sastra

  • Sastra merupakan suatu ungkapan atau ekspresi manusia yang berupa karya tulisan ataupun lisan yang berdasarkan dari pendapat, pemikiran, pengalaman dan bahkan perasaan dengan bentuk yang lebih imajinatif bisa juga data asli yang dibalut dalam kemasan yang estetis dengan melalui media bahasa.
  • Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, sastra lebih merujuk pada jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu atau bisa disebut dengan kesusastraan.
  • Pada karya sastra pasti terdapat unsur intrinsik dan ekstrinsik.
  • Fungsi sastra yaitu: Fungsi rekreatif, didaktif, estetis, moralitas dan juga fungsi religius.
  • Dilihat dari sejarahnya, sastra terdiri atas 3 bagian: kesusastraan lama, kesusastraan pengalihan, kesusastraan baru.

Gaya Bahasa

  • Yang dimaksud dengan gaya bahasa adalah penggunaan kata-kata baik dalam berbicara ataupun menulis yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar. Gaya bahasa juga sangat berkaitan dengan situasi perasaan tertentu misalnya sedih, senang, sangat senang, sangat sedih, biasa saja dan lain sebagainya.
  • Terdapat tiga macam gaya bahasa berdasarkan dari tingginya nada, yaitu: gaya bahasa bernada rendah, gaya bahasa bernada menengah dan gaya bahasa bernada tinggi.
Baca :   Tutorial Penggunaan Aplikasi ALPEKA BOS 2020

Mendongeng

  • Mendongeng adalah salah satu sarana untuk berkomunikasi. Mendongeng juga merekam berbagai peristiwa kehidupan yang ada di masa lalu. Mendongeng ini sudah ada sejak lama bahkan dijadikan sebagai tradisi. Selain itu juga sebagai sarana komunikasi pengantar tidur untuk anak-anak, dongeng yang dibawakan bisa legenda ataupun fiksi. Sayangnya, semakin berkembangnya zaman dan teknologi, tradisi mendongeng ini sudah semakin terlupakan.
  • Beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh seorang pendongeng, antara lain: harus ekspresif, enerjik, banyak membaca cerita untuk didongeng, memilih cerita yang mempunyai pesan dan dongeng yang disampaikan harus seseuai dengan usia anak.

Membaca Biografi

  • Biografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu “bios” yang artinya “hidup” dan “graphien” yang berarti “tulis”. Jadi bisa disimpulkan bahwa biografi adalah sebuah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang.
  • Jenis-jenis biorgrafi: berdasarkan izin penulisan, berdasarkan isinya, berdasarkan dengan masalah yang dibahas, berdasarkan penerbit.
  • Struktur biografi: orientasi, peristiwa dan masalah, dan reorientasi.

Membaca Cerpen

  • Cerpen bisa juga disebut dengan cerita pendek adalah bentuk prosa naratif fiktif. Sesuai dengan namanya, cerpen memang cenderung singkat, padat dan langsung menuju tujuan yang akan dibahas. Cerpen pastinya lebih pendek dibandingkan dengan karya fiksi lain seperti novel ataupun novella.
  • Struktur cerpen: abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda.
  • Unsur-unsur cerpen: unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.
  • Yang termasuk unsur intrinsik cerpen: tema, alur atau plot, latar atau setting, tokoh, penokohan, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat atau bisa disebut dengan pesan yang terkandung pada cerpen tersebut.
  • Unsur ekstrinsik dari cerpen antara lain: latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang dan nilai-nilai yang terkandung pada cerpen itu sendiri.
  • Cerpen memiliki ciri-ciri yaitu: cerita lebih pendek dari novel, jumlah kata tidak lebih dari 10.000, biasanya cerita bersumber dari kehidupan sehari-hari, banyak menggunakan kata-kata sederhana, alur ceritanya lurus,¬†biasanya hanya menjelaskan mengenai satu peristiwa, dan lainnya.
Baca :   Subsumptive Sequence: Teori Belajar Kognitif

Novel

  • Novel merupakan salah satu karya sastra yang berbentuk prosa naratif panjang. Di dalam novel menjelaskan mengenai suatu cerita, menonjolkan watak si tokoh dan orang-orang yang berada disekitarnya.
  • Novel memiliki ciri-ciri sebagai berikut: jumlah kata lebih dari 35.000, novel di tulis dengan narasi juga deskripsi, alur ceritanya kompleks, terdapat banyak kalimat pengulangan dan umumnya seseorang perlu menghabiskan waktu selama 120 menit untuk membaca satu bua novel sampai habis.
  • Unsur intrinsik novel meliputi: tema, alur, latar, tokoh, penokohan, gaya bahasa dan amanat.
  • Unsur ekstrinsik novel: latar belakang pengarang, latar belakang masyarakat dan nilai-nilai yang terkandung pda novel tersebut.
  • Secara umum, novel terbagi atas beberapa jenis yaitu: berdasarkan kejadian yang nyata atau tidak, berdasarkan dengan genre, berdasarkan isi dan tokoh.

Contoh Soal

Setelah mengetahui apa saja materi yang diajarkan di kelas 8 dengan kurikulum 2013, mari kita lihat bagaimana contoh soal pelajarannya.

  1. Apakah yang dimaksud dengan sastra?
  2. Sebutkan ciri-ciri sastra!
  3. Apa saja yang membedakan karya sastra lama dan karya sastra baru?
  4. Ada 5 fungsi sastra, sebutkan dan jelaskan!
  5. Mengapa saat mendongeng perlu memperhatikan berbagai hal penting?
  6. Hal penting apa saja yang perlu diperhatikan saat mendongeng?
  7. Apa yang dimaksud dengan cerpen?
  8. Sebutkan apa saja perbedaan cerpen dan novel!
  9. Ada dua unsur cerpen, sebutkan!
  10. Apa yang dimaksud dengan novel? dan sebuktan ciri-cirinya!
Baca :   Contoh Soal UN/USBN SMP/MTS 2019-2020 dan Pembahasan

Download Contoh Soal Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 8

Link DownloadFile Contoh Soal Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 8Format
DownloadContoh Soal Bahasa Indonesia SMP & MTS Kelas 8 dan Kunci JawabanDocx
DownloadContoh Soal UTS Bahasa Indonesia SMP & MTS Kelas 8 dan Kunci JawabanDocx
DownloadContoh Soal UAS Bahasa Indonesia SMP & MTS Kelas 8 dan Kunci JawabanDocx
DownloadContoh Soal UKK Bahasa Indonesia SMP & MTS Kelas 8 dan Kunci Jawaban V.1Docx
DownloadContoh Soal UKK Bahasa Indonesia SMP & MTS Kelas 8 dan Kunci Jawaban V.2Docx

You may also like

Leave a Comment