Mengenal Material Paling Mahal di Dunia

by Shara Nurrahmi
0 comment 20 views
Mengenal Material Paling Mahal Di Dunia

Selama berabad-abad lamanya, banyak orang pasti mengenal material paling mahal di dunia ditempati batu dan logam mulia seperti berlian. Namun sebenarnya, masih banyak juga lho material langka lainnya yang memiliki harga fantastis. Penasaran? Yuk! Simak ulasan 16 material termahal di dunia berikut ini:

Antimatter seharga US$62,5 triliun (Rp831.250 triliun) per gram

Kehadiran antimatter yang tidak pernah dipublikasikan langsung membuat banyak orang tidak mengenal material paling mahal di dunia yang satu ini. Untuk bisa memproduksi 1 miligram antimatter, biaya yang harus dikeluarkan bisa mencapai US$25 juta.

Material ini memang sengaja tidak diperkenalkan secara langsung kepada dunia. Hal tersebut dikarenakan, material ini bersifat sangat berbahaya. Secara teori, pesawat luar angkasa di masa depan dapat menggunakan bahan bakar dari antimatter.

Baca :   Daftar 15 Penemuan Hebat yang Telah Mengubah Dunia

Californium seharga US$27 juta (Rp35,91 miliar) per gram

Material termahal kedua di dunia ini ditemukan pada tahun 1950 di California. Californium menjadi elemen kimia termahal dan umumnya digunakan sebagai pendeteksi emas, platinum dan minyak.

Berlian (Diamond) seharga US$55 ribu (Rp731,5 juta) per gram

Batu mulia berlian termasuk sebagai batu mulia termahal di dunia. Berlian memiliki harga yang sangat mahal karena menjadi batu mulia yang paling diminati wanita. Selain itu, diproduksi dengan proses yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi membuat berlian menjadi sangat mahal.

Tritium seharga US$30 ribu (Rp399 juta) per gram

Tritium merupakan gas yang biasa digunakan sebagai sumber pencahayaan, salah satu contohnya adalah cahaya pada rambu atau tanda keluar. Untuk bisa menghasilkan satu pon tritium, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai sekitar US$15 juta.

Taaffeite seharga US$20 ribu (Rp266 juta) per gram

Taaffeite memiliki warna yang sangat indah, yakni ungu, pink, merah atau putih. Banyak orang mengenal material paling mahal di dunia adalah berlian, namun sebenarnya tidak.

Taaffeite memiliki harga yang jutaan kali lebih mahal dari berlian. Tetapi karena tidak sepopuler berlian, batu mulia yang langka ini akhirnya memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

Painite seharga US$9 ribu (Rp199,7 juta) per gram

Bahan tambang painite termasuk batu mulia yang sangat mahal sehingga tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Painite adalah batu mulia berwarna cokelat kemerahan atau orange dan ditemukan pada 65 tahun yang lalu.

Plutonium seharga US$4 ribu (Rp53,2 juta) per gram

Namanya yang terdengar asing tentu membuat banyak orang belum mengenal material paling mahal di dunia yang berwarna putih keperakan ini. Plutonium merupakan bahan radioaktif kuat yang sering digunakan sebagai bahan bakar luar angkasa maupun bahan pembuat nuklir.

Baca :   Macam-macam Metode Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Asam Lisergat Dietilamida (LSD) seharga US$3 ribu (Rp39,9 juta) per gram

Banyak orang mengenal material termahal di dunia ditempati oleh batu mulia saja. Namun ternyata, material narkoba juga termasuk sebagai material termahal di dunia.

Material ini termasuk sebagai salah satu jenis narkoba yang berharga sangat mahal. Proses pembuatan yang sangat sulit membuat LSD memiliki harga yang sangat mahal.

Cocaine seharga US$236 (Rp3,14 juta) per gram

Di posisi kesembilan material termahal di dunia masih ditempati oleh salah satu jenis narkoba. Jenis narkoba yang satu ini dapat membuat penggunanya menjadi sangat candu, namun sayangnya serbuk kristal ini tergolong langka. Kelangkaannya inilah yang membuat cocaine menjadi sangat mahal.

Heroin seharga US$130 (Rp1,73 juta) per gram

Bahan heroin menjadi jenis narkoba ketiga termahal di dunia setelah LSD dan cocaine. Heroin tergolong sebagai jenis narkoba yang sangat langka sehingga memiliki harga yang fantastis.

 Tanduk Badak (Rhino Horn) seharga US$110 (Rp1,46 juta) per gram

Komoditas tanduk badak termasuk sebagai salah satu material termahal di dunia. Tanduk badak dikenal sangat bagus untuk dijadikan sebagai pegangan pisau serta obat tradisional. Namun karena perburuan liar, badak terancam punah dan akhirnya memiliki harga yang sangat mahal.

Methamphetamine seharga US$100 (Rp1,33 juta) per gram

Methamphetamine merupakan salah satu jenis narkoba atau zat terlarang paling berbahaya di dunia. Oleh karena itulah zat ini jarang beredar dan tidak diketahui banyak orang.

Baca :   Kelebihan dan Kekurangan Profesi PNS Beserta Daftar Gaji PNS Tahun 2020

Platinum seharga US$60 (Rp798 ribu) per gram

Sama seperti emas, logam mulia berwarna perak ini juga termasuk sebagai material termahal di dunia dan dapat digunakan sebagai perhiasan. Selain itu, platinum juga dapat digunakan sebagai bahan mesin, kabel dan implant gigi. Jadi, banyak sekali penemuan hebat dunia yang menggunakan bahan logam ini.

Rhodium seharga US$58 (Rp771.400) per gram

Namanya yang khas membuat banyak orang belum mengenal material paling mahal di dunia yang berwana seperti platinum ini. Rhodium dapat digunakan sebagai bahan perhiasan dan juga bahan pembuatan mesin pesawat.

Emas seharga US$56 (Rp744.800) per gram

Material emas merupakan logam mulia yang terkenal memiliki paling mahal di dunia. Emas menjadi sangat mahal karena sudah dikenal sebagai lambang kekayaan sejak zaman dahulu. Emas sering digunakan sebagai bahan perhiasan. Namun kini tidak sedikit juga orang yang menggunakan emas sebagai bahan implan gigi, dekorasi dan bahkan bahan makanan.

Saffron seharga US$11 (Rp146.300) per gram

Saffron merupakan bumbu dapur yang dihasilkan oleh bunga Crocus Sativus dan menjadi salah satu material termahal di dunia.

Bumbu dapur ini memiliki cita rasa yang unik dan menyehatkan bagi tubuh. Saffron menjadi sangat mahal karena membutuhkan proses produksi yang sangat lama dan mahal.

Tingkat kelangkaan dan kesulitan proses pembuatan tentu juga menjadi pengaruh mahalnya 16 material ini. Demikianlah ulasan tentang 16 material yang memiliki harga termahal di dunia. Semoga ulasan kali ini dapat membuat Anda menjadi lebih mengenal material paling mahal di dunia.

You may also like

Leave a Comment