Pengertian & Metode Penelitian Tindakan Sekolah

by Shara Nurrahmi
0 comment 116 views
Pengertian dan Metode Penelitian Tindakan Sekolah

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan definisi dari Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang kerap dilakukan kepala sekolah. Jika Anda termasuk orang yang belum pernah mendengar maka perlu diketahui bahwa PTS adalah penelitian yang diakukan seorang praktisi di sekolah. Gunanya untuk membuat peneliti lebih profesional dalam bekerja.

Selain itu, dengan adanya penelitian ini juga membuat si peneliti melakukan inovasi baru bagi sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang diterapkan. Berdasarkan definisi singkatnya, maka bisa dilihat bahwa tujuan utama diadakannya penelitian seperti ini adalah untuk mencari solusi jika ada masalah. Solusi tersebut berbentuk tindakan nyata guna memperbaiki situasi agar lebih baik dari sebelumnya.

Karena, tanpa disadari masih banyak lembaga pendidikan yang berjalan tak berstruktur. Hal ini tentu akan sangat merugikan peserta didik dan pendidik dimana tidak bisa menjalankan proses belajar mengajar dengan baik.

Inilah Tujuan Dilakukannya Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Agar Anda tahu betapa pentingnya penelitian atas tindakan sekolah, maka ketahui terlebih dahulu apa saja tujuannya.

  1. Memperbaiki masalah yang ada di lembaga pendidikan.
  2. mengembangkan inovasi mulai dari input, proses, hingga output lembaga pendidikan.
  3. Meningkatkan kinerja sekolah seperti inovasi, mutu, efisiensi, keefektifan, serta produktivitas lembaga pendidikan.
  4. Mnegembangkan budaya akademik pada lingkungan sekolah.
  5. Meningkatkan profesionalitas kepala sekolah di lembaga pendidikan tersebut.
  6. Meningkatkan kinerja para tenaga pendidik.
Baca :   Contoh Soal UN/USBN SMP/MTS 2019-2020 dan Pembahasan

Etika yang Harus Dijaga Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Meskipun tujuannya untuk memperbaiki situasi yang kurang baik, tapi penelitian ini harus dilakukan dengan beretika. Beberapa etika tersebut antara lain :

  1. Tidak mengganggu tugas pokok dan fungsi jabatan (Kepala Sekolah).
  2. Bersikap jujur, dimana semua yang disampaikan bebas plagiat, tidak memasukkan penjelasan atau data palsu, serta menyebutkan sumber yang ada.
  3. Tidak boleh mengganggu proses pembelajaran seperti umumnya.
  4. Tidak menyita waktu pokok dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas utama.
  5. Memohon izin terlebih dahulu jika hendak dijadikan bahan penelitian.
  6. Menjaga kerahasiaan responden yang telah diteliti.

Etika ini benar-benar harus diterapkan karena berhubungan dengan orang banyak yang ada di sebuah lembaga pendidikan. Terutama dalam penelitian yang terbilang resmi untuk digunakan pada lembaga pendidikan.

Langkah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Dalam membuat Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), terdapat langkah-langkah yang harus dilalui, yaitu :

Perencanaan

Tahap awal ini memang sangat penting sebelum memulai penelitian, karena nantinya akan berpengaruh besar terhadap hasil. Dalam perencanaan ini Anda memang diminta untuk membuat sedetail mungkin sehingga tidak sampai ada yang terlewat.

Maksud dari mendetail itu sendiri adalah buatlah pembahasan dimana Anda bisa menimbulkan suatu masalah tapi juga menyiapkan solusi. Dengan begitu, penelitian Anda tidak akan berjalan sia-sia dan justru membuahkan hasil.

Pelaksanaan/Tindakan

Di tahap inilah apa yang sudah Anda rencanakan dengan matang bisa dimulai. Dalam tahap pelaksanaan ini, peneliti harus menyesuaikan dengan rencana yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan begitu nanti Anda akan mendapatkan analisis hasil penelitian yang memang tidak sepenuhnya tepat dengan rencana. Berbeda dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang hanya di beberapa sample, PTS sifatnya lebih menyeluruh.

Baca :   Puisi Balada: Pengertian, Ciri-ciri, Cara Membuat dan Contoh

Pengamatan dan Evaluasi

Tahap akhir setelah melalui rencana dan pelaksanaan, selanjutnya Anda sudah bisa melihat bagaimana hasil pengamatannya. Dari hasil tersebut, Anda hanya perlu melakukan evaluasi bersama beberapa pihak. Tujuannya agar tidak sampai salah mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah yang ada di lembaga pendidikan.

Perbedaan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan Bukan PTS

Beberapa orang ada yang berpikir bahwa melakukan Penelitian Tindakan Sekolah akan sia-sia. Karena, jarang benar-benar ada perbaikan dimana yang paling sering adalah membiarkan lembaga pendidikan berada pada situasi baik atau tidak baik. Nah, agar Anda bisa mempertimbangkannya lagi, lebih baik pahami tabel perbandingan antara PTS dengan non-PTS ini.

No Aspek PTS Non-PTS
1. Pelaksana Kepala sekolah serta pengawas sekolah Teoritis ilmuwan dari luar sekolah
2. Tujuan
  • Untuk memecahkan masalah
  • Memperbaiki kondisi sekolah
  • Siap menghadapi tantangan
  • Tanpa hipotesis
  • Melakukan uji teori menggunakan hipotesis
  • Mengembangkan pengetahuan baru

 

3. Jenis Data Kualitatif dan kuantitatif Kualitatif dan Kuantitatif
4. Pengumpulan dan Analisis Data Mengarahkan rencana tindakan untuk kedepannya dan menyelesaikan masalah secara tidak praktis Berusaha mendapatkan pemahaman gejala dan bisa menggunakan hasil uji hipotesis untuk finish analisa
5. Mutu penelitian Terjadi perubahan kondisi, situasi dan kinerja lembaga pendidikan sendiri Hasil akhir dari penelitian dapat membuat si peneliti memverifikasi teori
6. Pengguna Utama Seluruh warga sekolah Praktisi, cerdas, usahawan, dan ilmuwan.

Dari perbandingan diatas, diharapkan Anda sudah bisa mengetahui betapa pentingnya Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Terutama jika Anda adalah orang yang berkarir di bidang pendidikan. Sebagai pengawas sekolah atau kepala sekolah memang harus terus mengawasi apa saja yang terjadi pada lembaga pendidikan.

Baik yang berkaitan dengan peserta didik, pendidik, atau bahkan tentang kondisi sekolah harus segera ada evaluasi jika memang benar-benar dibutuhkan. Selamat mencoba.

You may also like

Leave a Comment