Pengertian Motivasi Belajar Siswa Serta Faktor yang Mempengaruhinya

by Shara Nurrahmi
0 comment 101 views
Pengertian Motivasi Belajar Siswa Serta Faktor yang Mempengaruhinya

Sebelum Anda mengetahui apa itu motivasi belajar, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa sih motivasi itu? Motivasi adalah suatu energi penggerak dan pengarah untuk tingkah laku seseorang dalam melakukan sesuatu. Tidak hanya belajar saja yang membutuhkan dorongan atau dukungan, melainkan bekerja, berubah, menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi. Tapi sebenarnya terdapat banyak pengertian motivasi menurut beberapa ahli. Anda bisa mendapatkannya di internet atau buku.

Motivasi belajar sendiri merupakan dukungan internal dan eksternal yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik agar giat dalam belajar. Biasanya dukungan tersebut dapat menambah gairah, merasa senang, dan semangat untuk belajar. Memberikan motivasi saat ini menjadi salah satu kewajiban bagi para pendidik agar semua peserta didiknya terus semangat dalam menuntut ilmu. Mungkin dampaknya kepada peserta didik tidak bisa langsung tapi bertahap.

Tidak semua peserta didik bisa cepat termotivasi, misalnya seperti kemampuan akademiknya yang lemah akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Itulah mengapa biasanya seorang pendidik dituntut untuk sabar dan mencari ide baru dalam proses mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Daftar Isi

Ketahui Apa Saja Jenis Motivasi Belajar

Meskipun terdapat banyak pendapat mengenai motivasi dalam belajar, tapi para ahli telah sepakat membagi dua jenis motivasi menjadi dua berdasar timbulnya. Kedua jenis tersebut adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik.

Motivasi Intrinsik

Motivasi ini merupakan suatu keadaan yang asalnya dari diri sendiri sehingga peserta didik dapat terdorong untuk belajar. Biasanya peserta didik memiliki motivasi atau mini ketika menyukai materi pelajarannya aau mata pelajaran memiliki kaitan dengan cita-citanya yang hendak dicapai.

Motivasi Ekstrinsik

Sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan keadaan yang berasal dari luar diri peserta didik yang mampu mendorongnya dalam belajar. Bentuk motivasi ini bisa berupa pujian, hadiah, peraturan, teladan seseorang seperti guru, dan masih banyak lagi. Seorang pendidik harus memahami bahwa motivasi yang mempengaruhi minat belajar ini akan efektif jika ada rangsangan dari luar sehingga peserta didik dapat langsung mengubah tingkah lakunya.

Bentuk-Bentuk dari Motivasi Belajar

Perlu Anda ketahui, ada banyak bentuk motivasi belajar yang bisa dicoba untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Kemungkinan besar peserta didik akan selalu bersemangat dalam menuntut ilmu.

Memberi Hadiah

Memberikan hadiah untuk proses belajar mengajar pasti akan membuat peserta didik semangat dalam belajar. Meskipun hal kecil pasti bisa berhasil membuat semuanya semangat untuk memperebutkannya.

Memberikan Pujian Jika Motivasi Belajar Siswa Bertambah

Memberikan pujian ketika peserta didik berhasil dalam melakukan sesuatu atau mendapatkan nilai sempurna, secara tidak langsung dirinya merasa bangga  dan lebih semangat dalam belajar.

Baca :   Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Membangitkan Hasrat untuk Belajar

Membangkitkan hasrat dalam belajar bisa didapatkan oleh peserta didik yang berasal dari pendidik masing-masing. Dengan  begitu, hasrat belajar terus meningkat sehingga anak tersebut berambisi untuk mencari tahu hal-hal baru.

Memberikan Angka

Maksud dari memberikan angka adalah nilai dalam kegiatan belajar sesuai kemampuan peserta didik. Tapi, dalam memberikan penilaian sebaiknya pendidik tidak hanya mengandalkan hasil kerja pada saat itu, Melainkan bagaimana dan seberapa jauh pemahaman peserta didik selama mengikuti pelajaran.

Mengadakan Kompetisi

Dengan adanya kompetisi, pasti semua peserta didik akan berebut kemenangan. Apapun itu hadiahnya mereka tidak mengutamakan hal itu, karena di dalam pikirannya hanya ingin meraih juara saja. Untuk bisa menang tentu membutuhkan belajar, pada saat itulah peserta didik semangat dalam belajar.

Memberitahukan Hasil Agar Mempengaruhi Motivasi Belajar

Bagus atau tidaknya hasil proses belajar, peserta didik harus tahu. Apabila hasil yang didapatkan bagus maka mereka akan berusaha untuk mempertahankan nilainya. Sedangkan jika hasilnya buruk maka mereka akan terus berpacu untuk memperbaikinya.

Memberikan Hukuman

Sebagai pendidik jangan pernah ragu untuk memberikan hukuman jika peserta didik melakukan kesalahan. Tujuannya agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali.

Apa Saja Sih Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar?

Selanjutnya, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi semangat dalam belajar. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

Kondisi Peserta Didik

Kondisi yang dimaksudkan disini adalah jasmani dan rohani. Ketika kondisinya baik-baik saja, maka proses belajar bisa berjalan dengan baik dan peserta didik dapat menerima pelajaran dengan mudah, Berbeda jika sedang sakit akan membuat peserta didik lemah dan tidak bisa fokus.

Baca :   Panduan Penulisan Nomor Surat Dinas

Motivasi Belajar yang Dipengaruhi Cita-Cita

Memiliki cita-cita artinya dirinya berani untuk menggapai apa yang diinginkan. Untuk bisa meraihnya itu peserta didik pasti akan semangat melalui semua prosesnya termasuk belajar.

Kondisi Lingkungan Peserta Didik

Lingkungan adalah hal yang tak kalah pentingnya dalam mempengaruhi semangat belajar peserta didik. Tempat tinggal yang kurang bagus seperti kumuh atau terdapat ancaman tidak akan membuat peserta didik bisa belajar dengan baik.

Kemampuan Peserta Didik

Tidak semua peserta didik memiliki kemampuan yang sama. Jadi, sebagai pendidik pun Anda tidak bisa memaksakan kehendaknya agar dirinya tetap semangat untuk belajar.

Upaya Pendidik dalam Mengelola Proses Belajar

Seorang pendidik harus berupaya dalam mengelola proses belajar agar bisa berjalan dengan baik. Dimana membangkitkan keaktifan peserta didik dan membiarkan mereka berpendapat atau melakukan semua hal asalkan baik untuk pembelajaran.

Fungsi \Motivasi Belajar

Setelah mengetahui banyak hal tentang motivasi belajar, selanjutnya perlu Anda ketahui apa saja fungsi dari dorongan belajar.

  • Mendorong peserta didik untuk terus belajar dan berbuat baik.
  • Menentukan arah perubahan menuju ke tujuan yang ingin dicapai.
  • Menyeleksi perbuatan mana yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dimana pastinya harus dipertimbangkan mana yang paling manfaat.

Dengan adanya motivasi dalam belajar pasti akan mempermudah pendidik dalam menjalankan proses mengajar.

You may also like

Leave a Comment