Penyusunan Rencana Kerja Sekolah / RKS dan Contohnya

by Shara Nurrahmi
0 comment 240 views
Rencana Kerja Sekolah

Rencana Kerja Sekolah (RKS) merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang rencana jangka menengah di setiap jenjang sekolah. Adapun jangka waktunya adalah sampai empat tahun setelah rancangan ini ditetapkan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan. Jadi, RKS dibuat oleh sekolah sebagai pedoman pengembangan mutu, acuan dalam mengawasi dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang dijalankan, juga sebagai dasar dalam pengajuan sumber daya pendidikan yang diperlukan sekolah.

Dalam penyusunan RKS, harus melalui berbagai tahapan agar hasilnya baik dan tertata. Seperti apa tahapan yang harus dilewati dan bagaimana contoh penyusunan RKS akan diuraikan dengan rinci dalam artikel ini.

Tahapan Menyusun RKS

Rencana Kerja Sekolah bukanlah dokumen sembarangan, tetapi sangat krusial dan mempengaruhi perjalanan sekolah selama empat tahun. Dalam pembentukannya, tidak boleh keliru sedikitpun. Kesalahan sedikit saja menyebabkan dampak yang signifikan terhadap kinerja sekolah, yang pada akhirnya berimbas pada akreditasi sekolah yang bersangkutan.

Ketika akreditasi mengalami penurunan, misal dari yang awalnya A menjadi B, yang akan merasakan akibatnya adalah siswa. Sebab, berhubungan dengan pencarian sekolah lanjutan dan pekerjaan kelak. Oleh karena itu, agar kemungkinan terburuk ini tidak terjadi, maka sebaiknya ikuti tahapan pembuatan RKS berikut:

1. Membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)

TPS merupakan tim bentukan dewan pendidik dan komite sekolah, yang bertugas untuk menyusun Rencana Kerja Sekolah. Pembentukan tim ini harus dilakukan secara musyawarah untuk menghasilkan mufakat, sebagai pengamalan sila ke-4 Pancasila, sesuai dengan pedoman yang ada.

Baca :   Mengenal Pangkat dan Jabatan Guru PNS

Perlu adanya kualifikasi khusus yang harus dipenuhi oleh tim pengembang sekolah ini, seperti pemahaman yang cukup mengenai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai standar nasional pendidikan, cakap dalam menetapkan metode pembelajaran efektif, kemampuan membuat kebijakan peningkatan mutu yang benar, dan kualifikasi lain yang terkait.

Pada dasarnya, TPS harus diisi oleh orang-orang yang sangat mumpuni, karena tugasnya yang berat. Mereka yang berkompeten mampu merumuskan RKS dengan baik dan benar.

2. Meneliti Serinci Mungkin Mengenai Kondisi Sekolah Saat Ini

Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mendetail tentang keadaan saat ini, sehingga kebijakan dalam kerangka RKS tepat sasaran. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi terhadap sekolah, membandingkan hasil dari evaluasi tersebut dengan yang ada pada acuan standar sekolah, dan menetapkan tantangan utama yang dihadapi sekolah.

3. Menetapkan Kondisi Masa Depan yang Diharapkan Untuk Sekolah

Kondisi yang diharapkan dapat menjadi dasar dalam kebijakan yang akan dibuat. Selain itu, juga bisa menjadi tujuan yang akan dicapai di masa mendatang. Hal ini tercermin dalam visi, misi, tujuan yang dimiliki sekolah, dan indikator kinerja. Oleh karena itu, aspek-aspek tersebut harus dirumuskan sebelum membuat Rencana Kerja Sekolah.

4. Merangkai Program dan Kegiatan yang Tepat

Program dan kegiatan yang dirangkai, menjadi acuan di masa yang akan datang. Penentuan program-program harus sesuai dengan kondisi yang ada, juga harus disusun secara terstruktur. Alangkah baiknya membuat berbagai kegiatan positif yang bersifat realistis, sehingga dapat terlaksana tanpa kendala-kendala yang besar.

Setelah selesai disusun, maka harus ditentukan pula penanggung jawab dari setiap kegiatan yang akan digalakkan. Penanggung jawab akan bertanggung jawab penuh terhadap program yang di bawahinya, serta menjamin keberhasilan program dan kegiatan tersebut. Bisa juga, di dalamnya ada agenda Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).

Baca :   Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

5. Menyusun Rencana Anggaran Sekolah

Rencana anggaran sekolah dapat disusun melalui pembuatan rencana program, rencana pendanaan, dan perhitungan sumber pendanaan. Hal ini dimaksudkan agar pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban mudah dilakukan, tidak ada penyelewengan dana. Yang terpenting, setelah menyusun rencana program dan rencana pendanaan, maka harus disesuaikan dengan sumber pendanaan. Dengan kata lain, harus menentukan dari mana sumber yang akan mendanai kegiatan agar alokasi dana berjalan tepat sasaran dan kegiatan tidak kekurangan dana.

6. Menentukan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) serta Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)

Langkah pertama, merumuskan RKTS beserta jadwalnya. Rencana kerja tahunan tersebut harus mendorong kemajuan sekolah. Setelah itu, menetapkan berbagai program dan kegiatan yang telah dirangkai pada tahap sebelumnya, sekaligus kegiatan rutin yang akan dilaksanakan.  Yang terakhir, menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dilengkapi indikator keberhasilan.

7. Pengesahan RKS yang Telah Dibuat dan Penyosialisasian

Sebelum disahkan, Rencana Kerja Sekolah harus disetujui oleh Dewan Pendidik dengan memperhatikan pertimbangan yang diberikan Komite Sekolah. Kemudian, RKS yang telah disetujui tersebut akan disahkan. Pada sekolah negeri, pengesahan dilakukan oleh Dinas Pendidikan, sedangkan pada sekolah swasta pengesahan dilakukan oleh penyelenggara sekolah. Setelah disahkan, bukan berarti semua tahapan telah selesai. Akan tetapi, RKS yang telah disahkan itu harus disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan di sekolah yang bersangkutan.

Contoh Rencana Kerja Sekolah

Pada bagian ini akan disajikan contoh dari aspek dan indikator dalam Rencana Kerja Sekolah yang dapat digunakan pada semua jenjang, baik SD, SMP, maupun SMA. Contoh yang akan dipaparkan ini dapat digunakan sebagai referensi yang tepat.

1. Indikator Keberhasilan Sekolah

  • Sekolah yang bersih, rapi, indah dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.
  • Mampu membina dengan baik karakter siswa dalam hubungannya dengan Tuhan, sesama makhluk hidup, dan manusia lain.
  • Cakap dalam meningkatkan penguasaan pengetahuan serta mengembangkan keterampilan siswa.
  • Menjadi pusat dalam pengembangan komponen kecakapan hidup seluruh siswa.
  • Berhasil mengembangkan minat dan bakat siswa untuk meraih berbagai prestasi akademik dan non akademik.
Baca :   Pengertian dan Metode Pemecahan Masalah atau Problem Solving

2. Indikator Keberhasilan Untuk Siswa

  • Peningkatan karakter ke arah yang lebih baik.
  • Meraih prestasi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.
  • Kemampuan berpikir kritis, logis, mandiri, dan kreatif.
  • Mampu menyelesaikan masalah dengan baik.
  • Tidak pernah melakukan pelanggaran berat terhadap tata tertib sekolah.

3. Standar Kompetensi Lulusan

  • Seluruh mata pelajaran dalam hasil pelajaran telah melewati Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
  • Aktif mengikuti pembelajaran di kelas dibuktikan dengan presensi minimal 75% hadir.
  • Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan sekolah.
  • Tidak pernah melakukan pelanggaran berat terhadap tata tertib.
  • Mengikuti program-program yang diselenggarakan.
  • Hasil ujian bisa dinyatakan lulus, nilainya memenuhi batas minimal.
  • Telah menuntaskan seluruh materi hingga penghujung tahun kelulusan dan dinyatakan berhasil.

Penyusunan Rencana Kerja Sekolah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, karena berhubungan dengan pengembangan dari sekolah yang bersangkutan. Tanpa adanya pedoman yang tepat yang bisa dipegang, maka program kerja sekolah tidak berjalan secara terencana dan sistematis.

RKS harus sesuai dengan garis lintasannya, sama sekali tidak boleh menyeleweng sedikitpun. Keberadaan RKS menjadi sangat penting karena menjadi acuan kinerja sekolah dalam empat tahun. RPS yang dibuat harus mendorong kemajuan sekolah yang bersangkutan. Dalam artikel ini, telah diuraikan mengenai RPS beserta contohnya, yang dapat digunakan sebagai kerangka pemberi gambaran mengenai Rencana Kerja Sekolah.

Download Rencana Kerja Sekolah / RKS – SD/SMP/SMPA

Link DownloadFile Rencana Kerja Sekolah / RKSFormat
DownloadRENCANA KERJA SEKOLAH RKS - SD KANISIUS NGAWENPDF
DownloadRENCANA KERJA SEKOLAH RKS - SMPN 1 MojokertoPDF
DownloadRENCANA KERJA SEKOLAH RKS - SMA Negeri 21 JakartaPDF
DownloadRKS - RKTS (TAHUNAN ) SMPN 3 SAKETIDocx
DownloadRKS - RKJM (EMPAT TAHUNAN) SMPN 3 SAKETIDocx
DownloadPROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAHDocx

You may also like

Leave a Comment