Peran Jantung pada Sistem Peredaran Darah Makhluk Hidup

by Trianilus
0 comment 117 views
Peran Jantung pada Sistem Peredaran Darah Makhluk Hidup

Tahukah Anda bagaimana peran jantung pada sistem peredaran darah manusia? Dan seperti apa peran jantung pada makhluk hidup lainnya seperti hewan mamalia dan burung?

Jantung memiliki peranan penting dalam sistem peredaran darah makhluk hidup. Mungkin Anda sudah tahu bahwa organ satu ini berfungsi sebagai pemompa darah. Selain itu, jantung juga bertugas mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh.

Tahukah Anda berapa liter darah yang dialirkan jantung pada tubuh manusia setiap harinya? Organ vital ini mengalirkan 14.000 liter darah pada orang dewasa per harinya.

Untuk mengetahui peranan jantung pada sistem peredaran darah makhluk hidup, mari kita simak pembahasan di bawah ini. Adapun makhluk hidup yang kita bahas ada tiga, antara lain manusia, hewan mamalia dan burung.

Peran Jantung pada Sistem Peredaran Darah Makhluk Hidup

Jantung Manusia

1. Peran Jantung pada Manusia

 

Ada tiga organ yang tersusun dalam sistem peredaran darah manusia, yaitu pembuluh darah, darah dan jantung. Ketiga organ ini sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Pembuluh darah berfungsi membawa darah daru jantung ke bagian tubuh lainnya, dan sebaliknya. Darah berfungsi membawa oksigen, nutrisi, antibodi dan zat-zat lainnya dari dan ke seluruh tubuh. Lalu apa fungsi jantung?

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, jantung berperan sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia terletak di antara paru-paru, di bagian belakang sisi kiri tulang dada. Ukuran jantung manusia sedikit lebih besar daripada kepalan tangan.

Jantung manusia yang sehat dan normal di memiliki jaringan otot yang kuat sehingga dapat menjalankan tugasnya (memompa darah) dengan baik. Organ vital ini berdetak terus-menerus selama manusia hidup. Dengan kata lain, jantung bekerja terus-menerus tanpa henti memompa darah ke seluruh tubuh.

Baca :   Organ Pencernaan Manusia Beserta Fungsinya

Pada tubuh manusia yang sehat, jantung berdetak berkisar antara 60 hingga 100 kali per menit. Salah satu organ pada sistem peredaran darah ini mampu mengalirkan darah 14.000 liter per hari.

Jantung manusia memiliki empat ruangan yang terdiri atas serambi (atrium) kanan dan kiri dan bilik (ventrikel) kanan dan kiri. Serambi dan bilik kanan berisi darah kotor, sementara serambi dan bilik kiri berisi darah bersih yang penuh oksigen.

Di samping itu, jantung manusia juga memiliki empat katup yang dapat membuka dan menutup. Semua katup itu bertugas menjaga darah mengalir ke arah yang tepat. Adapun katup yang dimaksud di antaranya katup mitral, katup aorta, katup trikuspid dan katup pulmonis.

2. Peran Jantung pada Hewan Mamalia

Hewan mamalia adalah hewan yang selalu menyusui anaknya. Hewan yang termasuk dalam kelompok mamalia di antaranya kucing, kuda, kuda nil, paus, sapi, kampung, unta, monyet dan lainnya. Hewan mamalia ini memiliki sistem peredaran darah tertutup.

Sistem peredaran pada hewan mamalia dapat dikatakan mirip dengan manusia. Dengan kata lain, hewan mamalia memiliki sistem peredaran darah yang kompleks dan sempurna daripada jenis hewan-hewan lainnnya.

Jantung dan pembuluh darah merupakan alat peredaran darah hewan mamalia. Adapun fungsi dari jantung hewan mamalia adalah memompa darah menuju ke seluruh jaringan tubuh, lalu balik menuju ke jantung.

Darah yang dipompa oleh jantung tersebut diangkut melewati pembuluh aorta (pembuluh darah yang memiliki ukuran besar). Pembuluh aorta memiliki dua percabangan pendek yang memiliki peranan berbeda. Cabang satu berperan mengangkut darah yang mengandung oksigen menuju ke lengan dan kepala. Sementara cabang dua mengangkut darah ke seluruh bagian tubuh hewan mamalia.

Baca :   Apa Itu Evaporasi & Perannya Dalam Siklus Hidrologi

Seperti manusia, jantung hewan mamalia memiliki empat ruangan, yakni serambi kanan dan kiri dan bilik kanan dan kiri.

3. Peran Jantung pada Burung

Sistem peredaran darah pada burung hampir mirip dengan sistem peredaran darah hewan mamalia. Burung memiliki dua alat peredaran darah, yakni jantung dan pembuluh darah. Hewan yang bisa terbang ini memiliki sistem peredaran darah tertutup.

Adapun fungsi dari jantung burung adalah memompa darah menuju ke seluruh jaringan tubuh, lalu balik menuju ke jantung. Sama seperti manusia dan hewan mamalia, jantung burung memiliki empat ruangan, yaitu serambi kanan dan kiri dan bilik kanan dan kiri. Keempat ruangan dalam jantung burung ini bertugas memisahkan darah yang mengandung oksigen dan darah yang mengandung karbondioksida.

Lebiih lanjut di antara serambi dan bilik kanan kiri ini terdapat sekat yang sempurna. Sekat ini mengakibatkan tidak terjadinya percampuran darah di dalam jantung.

Mengenal Sistem Peredaran Darah Tertutup dan Fungsi 4 Ruangan Jantung

4 Ruangan Jantung

Disebutkan di atas bahwa hewan mamalia dan burung memiliki sistem peredaran darah tertutup. Apa itu sistem peredaran darah tertutup?

Sistem peredaran darah pada hewan secara umum dibagi menjadi dua, yakni peredaran darah terbuka dan tertutup. Pada hewan yang memiliki sistem peredaran darah terbuka, kontraksi jantung menghasilkan tekanan darah yang cukup rendah. Oleh karenanya, sari makanan yang terdorong akan mengalir lambat. Contoh hewan dengan sistem peredaran darah terbuka adalah cacing dan belalang.

Sementara itu, hewan yang memiliki sistem peredaran darah tertutup, jantung memompa darah terus-menerus tanpa henti. Sehingga, tekanan darah yang dihasilkan tetap stabil. Dengan kata lain, darah terdorong keluar dengan kuat melalui pembuluh darah dan kembali memasuki organ jantung dengan kecepatan yang baik dan stabil. Contoh hewan dengan sistem peredaran darah tertutup adalah hewan mamalia dan burung. Selain itu, hewan reptil, ikan dan katak juga memiliki sistem peredarah darah tertutup.

Baca :   Memahami Cara Kerja Kromatografi

Selain sistem peredaran darah tertutup, disebutkan juga di atas bahwa baik jantung manusia, hewan mamalia dan burung memiliki empat ruangan, yaitu serambi kanan dan kiri dan bilik kanan dan kiri. Apa fungsi keempat ruangan tersebut?

  • Serambi kanan bertugas menerima darah kotor yang mengandung karbondioksida dari seluruh bagian tubuh. Dengan kata lain, serambi kanan memiliki kandungan minim oksigen. Darah kotor ini kemudian dipompa menuju bilik kanan;
  • Bilik kanan berfungsi memompa darah kotor ke arah paru-paru supaya karbondioksida yang terkandung diganti menjadi oksigen untuk proses pernapasan. Darah kotor ini diterima dari serambi kanan;
  • Serambi kiri bertugas menerima darah bersih dari paru-paru. Darah bersih masuk ke jantung melalui vena pulmonalis (pembuluh balik). Darah bersih kemudian dipompa menuju ke bilik kiri. Perlu diketahui, darah bersih adalah darah yang kaya akan oksigen;
  • Bilik kiri bertugas memompa darah bersih kaya oksigen yang diterima dari paru-paru ke seluruh tubuh. Bilik kiri merupakan bagian jantung yang paling tebal dibandingkan bagian-bagian jantung lainnya.

Demikian pembahasan tentang peran jantung pada sistem peredaran darah manusia, hewan mamalia dan burung. Dari sini, kita mengetahui bahwa jantung memiliki peranan yang penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Kita sebagai manusia alangkah baiknya untuk menyayangi jantung kita setiap waktu, dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, memerhatikan pola makan yang sehat, rajin berolahraga dan tidak merokok.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda.

You may also like

Leave a Comment