Referensi Teks Pembawa Acara Singkat & Simple untuk Acara Ulang Tahun Anak-anak

by Shara Nurrahmi
0 comment 14 views
Referensi Teks Pembawa Acara Singkat dan Simple untuk Acara Ulang Tahun Anak-anak

Salah satu hal penting yang harus disiapkan dalam acara ulang tahun anak adalah teks pembawa acara yang sesuai dengan tata bahasa terbaik. Sebagai seorang MC, tentu harus dapat membawakan acara dengan penampilan menarik. Apalagi acara ulang tahun yang merupakan bentuk ungkapan cinta serta kasih sayang orang tua kepada anak tercinta.

Selain itu juga terdapat unsur edukasi pada anak. Selain dapat bermanfaat bagi si kecil yang tengah berulang tahun, perayaan ini juga dapat bermanfaat untuk pembelajaran bagi teman-temannya. Nah, berikut adalah contoh teks pembawa acara ulang tahun anak-anak.

Contoh Teks Pembawa Acara Singkat untuk Ulang Tahun Anak

Sesuai dengan sumber literatur yang ada, sama seperti ketika membawakan acara pada umumnya, teks pembawa acara ulang tahun anak dibagi menjadi beberapa bagian.

1. Pembukaan Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak

Selamat pagi, adik-adik semua.

Selamat pagi juga untuk ayah, bunda, nenek, kakek, dan para tamu undangan yang hadir di acara ulang tahun hari ini. Tentunya kalian semua sudah tahu, dong siapa yang sedang berulang tahun hari ini? Hayo, siapa?

Ya, betul banget. Sekarang kita sedang merayakan  ulang tahun ….. yang ke-6. Coba perlihatkan pada kakak jari tangannya dengan menunjukkan angka 6. Wah, betul!

Baca :   Instrumen Akreditasi SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK Tahun Pelajaran 2019/2020

2. Sesi Perkenalan Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak

Nah, tapi sebelum kita memulai acara, kakak ingin berkenalan dulu dengan kalian. Nama kakak kak …., sekarang gantian, ya. Kakak ingin berkenalan dengan kalian semua, nih.

Untuk itu, tolong perkenalkan nama adik-adik, ya. Yuk, dimulai dari sebelah sini. Ayo, adik yang duduk di sebelah situ, boleh berdiri sambil berkenalan di depan teman-temannya, ya.

Sekarang, setelah sudah tahu semua nama kalian, kakak akan mengajak adik-adik untuk bernyanyi. untuk berdiri semua. Eh, biar lebih seru, kita nyanyi sambil menari, yuk. Ayo adik-adik berdiri semua, kita bernyanyi lagu “Kalau Kau Suka Hati” bersama-sama.

Gimana, masih pada semangat, adik-adik? Kalau masih semangat, kita lanjut nyanyi bersama lagu “Disini Senang”.

3. Pembacaan Susunan Acara

Oke, selesai menyanyi dengan seru, sekarang adik-adik boleh duduk kembali. Nah, kakak ingin membacakan susunan acara ulang tahun adik …… pada hari ini, ya.

  • Pertama, pembukaan.
  • Kedua, sambutan dari orang tua adik …. atau tuan rumah.
  • Ketiga, berdoa bersama.
  • Keempat, sesi tiup lilin dan potong kue. Sambil menyanyikan lagu “Ulang Tahun”.
  • Kelima, bermain games.
  • Keenam, sesi foto bersama.
  • Dan yang terakhir, penutup.

4. Sambutan dan Doa

Langsung saja, kakak mulai acara ulang tahun adik ….. hari ini. Selanjutnya, kakak ingin memanggil ayah atau ibu dari adik …. yang sedang berulang tahun untuk memberi kata-kata sambutan. Beri tepuk tangan yang meriah untuk ayah dan bunda …..

Baca :   Teks Fabel: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri dan Contohnya

Terima kasih untuk ayah dan bunda ….. yang telah menyampaikan sambutan. Tentunya di hari ulang tahun …… yang ke-6 ini, ada banyak sekali harapan-harapan yang dipanjatkan. Untuk itu, mari kita memanjatkan doa bersama-sama. Kepada Ustadz …. saya persilakan maju untuk memimpin doa bersama adik-adik serta seluruh tamu undangan.

Terima kasih kepada Ustadz ….. yang telah berkenan memimpin doa untuk …… di ulang tahunnya yang ke-6 ini.

5. Acara Inti: Potong Kue

Acara selanjutnya adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh kita semua. Ada yang bisa tebak, kira-kira acara apa, ya?

Betul sekali! Potong kue. Kakak persilakan adik ….. yang sedang ulang tahun, bersama ayah dan bunda untuk maju.

Sekarang, kita nyanyikan bersama lagu “Ulang Tahun” sambil potong kue, yuk. Satu, dua, tiga.

“Selamat ulang tahun, kami ucapkan….”

Selanjutnya, kita nyalakan lilinnya, ya. Agar semakin seru, ayo adik-adik kita nyanyi bareng lagu “Tiup Lilinnya”.

Ayo, ayah, bunda, nenek dan kakek ikut berdiri dan bernyanyi sambil tepuk tangan bersama, ya. Yang tepuk tangannya paling kencang akan diberi hadiah oleh adik … yang sedang berulang tahun. Ayo, mulai nyanyi bersama, ya. Satu, dua, tiga.

“Tiup lilinnya, tiup lilinnya…”

Pada hitungan ketiga, adik ….. boleh meniup lilinnya, ya. Kita hitung bersama yuk. Satu, dua, tiga.

Yee tepuk tangan untuk adik …… Di ulang tahun yang ke-6 ini, adik ….. berhak mendapatkan ciuman dari ayah dan bunda sebagai tanda ucapan selamat berulang tahun.

Baca :   Puisi Balada: Pengertian, Ciri-ciri, Cara Membuat dan Contoh

Tak ketinggalan pula mendapat ciuman dari nenek serta kakek. Gimana perasaannya adik ….. setelah tiup lilin? Pasti senang sekali, ya. Untuk adik …. apakah ada keinginan atau cita-cita di ulang tahun ke-6 ini?

Amin, kita doakan ya, semoga semua keinginan adik …. terkabul.

Kasih tepuk tangan meriah untuk adik …… ! Setelah tiup lilin, selanjutnya acara apa lagi, ya?

Iya, betul sekali, potong kue! Untuk adik ….. bisa membagikan potongan kue untuk kakek dan nenek terlebih dahulu. Kemudian, beri kue pada ayah dan bunda, ya.

6. Sesi Games dan Penutup Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak

Sambil makan kue, kakak punya beberapa games menarik yang pastinya seru, nih untuk adik-adik semua. Penasaran tidak, games-nya apa? Nah, nama permainannya adalah tebak gambar. Kalau adik-adik di sini ada yang berani menjawab dan jawabannya tepat, akan kakak beri hadiah.

Selamat untuk adik yang berhasil mendapatkan hadiah. Adik-adik yang saya cintai, tidak terasa kita telah memasuki acara terakhir.

Semoga teman kita ….. yang hari ini berulang tahun ke-6 merasa bahagia dengan acara hari ini. Semoga panjang umur, dilimpahkan rezeki, serta makin pintar tentunya.

Akhirnya, kakak sebagai pembawa acara mohon pamit. Maafkan jika ada kata-kata yang kurang enak selama kakak memandu acara. Terima kasih dan sampai bertemu lagi!

Nah, itu tadi contoh teks pembawa acara untuk ulang tahun anak. Anda dapat melakukan beberapa improvisasi dan menyesuaikan dengan acara yang diinginkan keluarga terkait.

You may also like

Leave a Comment