Silabus Bahasa Inggris SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Untuk Kelas 7,8,9

by Shara Nurrahmi
0 comment 75 views
Silabus Bahasa Inggris SMP

Saat ini, untuk bisa mendapatkan silabus bahasa inggris SMP bisa melalui internet karena memang teknologi semakin canggih. Contohnya adalah silabus bahasa inggris SMP kelas 7, 8, dan 9 pada kurikulum 2013 dan telah direvisi pada tahun 2018.

Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas                   : 7

Kompetensi Inti silabus bahasa inggris SMP :

KI 1 : Menghargai dan menghayati agama yang dianut oleh masing-masing peserta didik.

KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dalam pergaulan. Baik dengan lingkungan sosial maupun alam.

KI 3 : Memahami segala bentuk pengetahuan dengan didasari rasa ingin tahu mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah yang konkret maupun abstrak sesuai dengan yang sedang dipelajari. Baik di sekolah atau sumber lain yang memiliki sudut pandang/teori sama.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1 . 1. Dapat mensyukuri atas kesempatan dalam mempelajari bahasa inggris.

2 . 1. Berperilaku santun dan peduli dalam berkomunikasi.

3 . 1. Paham tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam berbagai bentuk ungkapan yang sesuai dengan konteks penggunaan.

4 . 1. Mampu menyusun teks lisan sederhana yang cocok untuk merespon sebuah ungkapan dengan benar sesuai konteks.

Mempelajari teks lisan dan tulisan dalam bentuk sapaan, ucapan terima kasih, pamit, dan permohonan maaf.

Fungsi Sosial : Menjaga hubungan interpersonal.

Struktur Teks :

  1. Good morning
  2. Good bye
  3. Thank you
  4. I’am sorry

Unsur Kebahasaan :

Kosakata, tata bahasa, intonasi dan tekanan kata.

Topik :

Berbagai hal berbentuk komunikasi.

Mengamati

  • Mendengarkan/ menonton.
  • Mengikuti interaksi.
  • Menirukan model interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri interaksi.

Mempertanyakan

Diharapkan siswa mempertanyakan perbedaan antara berbagai bentuk ungkapan yang telah dipelajari.

Mengeksplorasi

Siswa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan dari sumber lain.
  • Membandingkan ungkapan dari antar bahasa.

Mengkomunikasikan

  • Menerapkan ungkapan baik di dalam maupun di luar kelas.
  • Menuliskan permasalahan dalam menggunakan ungkapan dengan bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks.
  • Unsur kebahasaan yang tepat.

Cara Penilaian :

Unjuk Kerja

  • Bermain peran.
  • Ketepatan dan Kesesuaian.

Pengamatan

  • Upaya menggunakan ungkapan dalam bahasa inggris.
  • Kesungguhan siswa dalam proses belajar.
  • Kesantunan dan kepedulian.
3 x 4 Jam pelajaran
  • Model ucapan dan tindakan guru dalam berkomunikasi.
  • Contoh peragaan dalam bentuk rekaman.
  • Contoh interaksi dalam bentuk tulisan.
  • uku teks bahasa inggris.
  • Buku non-teks.
  • Internet.
1 .1. Mensyukuri atas kesempatan dalam mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.

2 . 1. Berperilaku santun dan peduli dalam berkomunikasi.

2 .2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

3 .2. Paham fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

4 .2 Menyusun teks lisan dan tulis.

Teks lisan dan tertulis sederhana.

Fungsi sosial :

memperkenalkan diri.

Struktur teks :

My name is, . . .

Unsur kebahasaan :

Kosakata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi.

Topik :

Semua hal terkait dengan interaksi.

Mengamati

  • Mendengar/menonton.
  • Mengikuti interaksi.
  • Menirukan model interaksi.
  • Mengidentifikasi.

Mempertanyakan

Menanyakan perbedaan pada guru.

Mengeksplorasi

Memperkenalkan diri.

Mengasosiasi :

  • Membandingkan berdasarkan sumber lain.
  • Membandingkan berdasarkan antar bahasa.

Mengkomunikasikan

  • Memperkenalkan diri di dalam dan di luar kelas.
  • Menuliskan permasalahan dari proses belajar.
Kriteria Penilaian :

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks.
  • Unsur kebahasaan yang tepat.

Cara Penilaian :

Unjuk Kerja

  • Bermain peran.
  • Ketepatan dan Kesesuaian.

Pengamatan

Bukan penilaian formal.

1 x 4 Jam pelajaran
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi teks dan non-teks.
  • Buku bahasa inggris.
  • Buku non-teks.
  • Internet.
1 .1. Mensyukuri atas kesempatan dalam mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.

2 . 1. Berperilaku santun dan peduli dalam berkomunikasi.

2 .2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

3 .3 Paham fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

4 .3 Menyusun teks lisan dan non-lisan dalam menanyakan waktu.

Teks lisan dan tulis untuk menanyakan waktu.

Fungsi sosial :

Mengetahui pentingnya waktu untuk mengelola kehidupan manusia.

Struktur teks :

Hari, bulan, jam, tanggal, dan tahun.

Unsur kebahasaan :

  • Kata terkait waktu.
  • Kata kerja.
  • Kata tanya.
  • Kata ganti.

Topik :

jam, tanggal, hari, bulan, dan tahun.

Mengamati

  • Mendengarkan dan membaca kalimat.
  • Mengikuti interaksi.
  • Menirukan contoh kalimat.
  • Mengidentifikasi kalimat.

Mempertanyakan

Mempertanyakan kalimat dalam menyebutkan dan menanyakan.

Mengeksplorasi

  • Menyebutkan dan menanyakan waktu.
  • Menyebutkan dan menanyakan dalam proses belajar.

Mengasosiasi

Membandingkan antara menyebutkan dan menanyakan.

Mengkomunikasikan

  • Menyebutkan dan menanyakan waktu.
  • Menulis permasalahan.
Kriteria Penilaian :

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks.
  • Unsur kebahasaan yang tepat.

Cara Penilaian :

Unjuk Kerja

  • Bermain peran.
  • Ketepatan dan Kesesuaian.

Pengamatan

Bukan penilaian formal.

3 x 4 Jam pelajaran

Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 SMP Kelas 8

Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris

Kelas                     : 8

Kompetensi Inti silabus bahasa inggris SMP:

KI 1 : Menghargai dan menghayati agama yang dianut oleh masing-masing peserta didik.

KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dalam pergaulan. Baik dengan lingkungan sosial maupun alam.

KI 3 : Memahami segala bentuk pengetahuan dengan didasari rasa ingin tahu mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah yang konkret maupun abstrak sesuai dengan yang sedang dipelajari. Baik di sekolah atau sumber lain yang memiliki sudut pandang/teori sama.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1 . 1. Dapat mensyukuri atas kesempatan dalam mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.

2 . 1. Berperilaku santun dan peduli dalam berkomunikasi.

2 . 2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam komunikasi transaksional.

2 . 3. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam komunikasi fungsional.

3 . 1. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan beberapa ungkapan.

4 . 1. Menyusun teks lisan yang sederhana untuk mengungkapkan maupun merespon sesuai konteks.

 

Teks berupa tulisan maupun lisan untuk ungkapan meminta perhatian, memeriksa pemahaman, menghargai kinerja dan meminta pendapat.

 

Masing-masing memiliki prosedur yang sama.

Mengamati

  • memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Berusaha menggunakan bahasa inggris.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan berdasar sumber lain.
  • Membandingkan ungkapan berdasar antar bahasa.
  • Mendapat feedback dari guru.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.

 

Kriteria Penampilan

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

8 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan  guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.
3 . 2. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan.

4 . 2. Menyusun teks tulis dan lisan.

 

Menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan maupun kemauan.

 

Mengamati

  • memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan berdasar sumber lain.
  • Membandingkan ungkapan berdasar antar bahasa.
  • Mendapat feedback dari guru.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

Tes Tertulis

Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman.

8 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.

 

3 . 3. Menerapkan struktur dan unsur kebahasaan dalam fungsi sosial.

4 . 3. Menyusun teks lisan dan tulis secara sederhana.

Membuat teks lisan maupun tulis untuk memberi instruksi, mengajak, melarang dan meminta izin serta responnya. Mengamati

  • Memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan berdasar sumber lain.
  • Membandingkan ungkapan berdasar
  • Antar bahasa.
  • Mendapat feedback dari guru.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

8 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.
3 . 4. Menerapkan struktur dan unsur kebahasaan dalam fungsi sosial.

4 . 4. Mengambil makna undangan pribadi dan ucapan selamat.

4 . 5. Membuat susunan teks tulisan undangan pribadi dan ucapan selamat.

Membuat teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat secara sederhana. Mengamati

  • Menemukan undangan pribadi dan ucapan selamat.
  • Mencari foto atau gambar undangan pribadi dan ucapan selamat.
  • Memberi komentar tentang undangan pribadi dan ucapan selamat.

Menanyakan

Menanyakan perbandingan antara keduanya kepada guru.

Kumpulkan Informasi

  • Memahami rujukan dari berbagai sumber.
  • Membaca dengan cermat undangan pribadi dan ucapan selamat.
  • Meniru contoh yang ada secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan berbagai unsur dari undangan pribadi dan ucapan selamat berdasarkan sumber lain.
  • Membandingkan berbagai unsur dari undangan pribadi dan ucapan selamat berdasarkan antar bahasa.
  • Siswa menerima feedback dari aktivitas belajarnya.

Mengkomunikasikan

  • Menciptakan lebih banyak undangan pribadi dan ucapan selamat.
  • Berupaya agar dapat berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan permasalahannya dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

Portofolio

  • Kumpulan karya.
  • Kumpulan hasil analisis.
8 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.
3 . 5. Menerapkan struktur serta unsur kebahasaannya dalam kehidupan sosial.

4 . 6. Membuat susunan teks lisan maupun tulisan untuk menanyakan suatu hal.

Bentuk tulisan atau teks lisan untuk menanyakan tentang keberadaan seseorang, benda maupun binatang. Mengamati

  • Memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan sumber.
  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan antar bahasa.
  • Siswa menerima feedback dari aktivitas belajarnya.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

Tes Tulis

Baca dan menulis teks sebagai bentuk upaya pemahaman.

8 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.
3 . 6. . Menerapkan struktur serta unsur kebahasaannya dalam kehidupan sosial.

4 . 7. Membuat susunan teks lisan maupun tulisan untuk menanyakan suatu hal.

Sebuah teks yang bertanya atau menyatakan suatu tindakan dimana sudah menjadi kebenaran umum. Mengamati

  • Memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan sumber.
  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan antar bahasa.
  • Siswa menerima feedback dari aktivitas belajarnya.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

8 Jam Pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.

Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 SMP Kelas 9

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas                     : 9

Kompetensi Inti :

KI 1 : Menghargai dan menghayati agama yang dianut oleh masing-masing peserta didik.

KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dalam pergaulan. Baik dengan lingkungan sosial maupun alam.

KI 3 : Memahami segala bentuk pengetahuan dengan didasari rasa ingin tahu mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah yang konkret maupun abstrak sesuai dengan yang sedang dipelajari. Baik di sekolah atau sumber lain yang memiliki sudut pandang/teori sama.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Belajar Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk belajar.
2 . 1. Berperilaku santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan bahasa yang baik.

2 .2. Jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab dalam komunikasi transaksional.

2 . 3. Jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab dalam komunikasi fungsional.

3. 1. Menerapkan struktur serta unsur kebahasaannya dalam kehidupan sosial.

4 . 1. Membuat susunan teks lisan maupun tulisan untuk menanyakan suatu hal.

Membuat teks berupa tulisan maupun yang akan disampaikan secara lisan untuk mengungkapkan harapan dan doa serta ucapan selamat. Mengamati

  • Memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan sumber.
  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan antar bahasa.
  • Siswa menerima feedback dari aktivitas belajarnya.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

4 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.
3. 2. Menerapkan struktur serta unsur kebahasaannya dalam kehidupan sosial.

4 . 2. Membuat susunan teks lisan maupun tulisan untuk menanyakan suatu hal.

Ungkapan teks maupun lisan untuk menyampaikan persetujuan serta responnya. Mengamati

  • Memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan sumber.
  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan antar bahasa.
  • Siswa menerima feedback dari aktivitas belajarnya.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.

 

Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

4 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.
3. 3. Menerapkan struktur serta unsur kebahasaannya dalam kehidupan sosial.

4 . 3. Membuat susunan teks lisan maupun tulisan untuk menanyakan suatu hal.

Menanyakan tentang keharusan atau himbauan dalam melakukan sesuatu. Mengamati

  • Memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan sumber.
  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan antar bahasa.
  • Siswa menerima feedback dari aktivitas belajarnya.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

Tes Tertulis

Tes baca dan tulis serta menuntut pemahaman.

8 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.
3. 4. Menerapkan struktur serta unsur kebahasaannya dalam kehidupan sosial.

4 . 4. Membuat susunan teks lisan maupun tulisan untuk menanyakan suatu hal.

Menanyakan maksud dan tujuan dalam melakukan sesuatu. Mengamati

  • Memperhatikan guru.
  • Mencontoh teladan guru.

Menanyakan

Menanyakan perbedaan masing-masing ungkapan.

Kumpulkan Informasi

  • Memperhatikan banyak contoh.
  • Menirukan contoh interaksi.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan.
  • Menyebutkan dan menanyakan tentang topik pelajaran secara kolaboratif.

Mengasosiasi

  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan sumber.
  • Membandingkan ungkapan penyebutan dan pertanyaan berdasarkan antar bahasa.
  • Siswa menerima feedback dari aktivitas belajarnya.

Mengkomunikasikan

  • Harus menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
  • Berbicara dengan lancar.
  • Membicarakan masalah dalam bahasa inggris.
Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian.
  • Tingkat kelengkapan.
  • Tingkat ketepatan.
  • Bersikap santun.

Cara Penilaian

Kinerja :

Simulasi atau bermain peran.

Observasi

  • Tindakan siswa.
  • Kesungguhan siswa.
  • Kesantunan dan kepedulian.

Penilaian Diri

Pernyataan secara tulisan yang sederhana.

Tes Tertulis

Tes baca dan tulis serta menuntut pemahaman.

8 Jam pelajaran
  • Buku wajib.
  • Keteladanan guru.
  • Contoh peragaan.
  • Contoh interaksi tertulis.
  • Contoh teks.
  • Internet.

Semua silabus bahasa inggris SMP ini dapat dijadikan acuan karena sudah direvisi menurut kurikulum 2013. Semua materi yang disampaikan harus sesuai dengan alokasi waktu yang tepat agar anak dapat menerima pengetahuan sesuai dengan apa yang seharusnya diterima. Sebagai pendidik, Anda bisa melakukan penelitian tindakan sekolah di mata pelajaran ini.

Download Silabus Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 7,8,9

Link DownloadFile Silabus Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 7,8,9Formatnya
DownloadSilabus Bahasa Inggris SMP-MTS Kelas 7Docx
DownloadSilabus Bahasa Inggris SMP-MTS Kelas 8Docx
DownloadSilabus Bahasa Inggris SMP-MTS Kelas 9Docx

You may also like

Leave a Comment